Wajib militer di Korea Selatan merupakan sebuah kewajiban yang dilakukan sebagai bentuk pengabdian terhadap negara tercinta. Meski sedang berada di puncak popularitas, tak ada alasan untuk mereka mangkir dari panggilan tugas tersebut kecuali karena alasan kesehatan. 

Tak hanya meninggalkan dunia hiburan, tapi para artis pria Korea ini juga harus meninggalkan penggemar selama 2 tahun lamanya demi mengemban tugas negara. Bukan hal yang mudah untuk menanti oppa kembali dari tugasnya. Demi menjaga perasaan penggemar, mereka yang pergi wajib militer biasanya mengirimkan salam perpisahan. 

Di tahun ini, ada sederet artis pria Korea yang harus menjalani wajib militer karena usia mereka yang telah mencukupi. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Yang Se Jong

Wajib Militer Memanggil, 5 Artis Korea Ini Vakum dari Dunia Hiburanwww.forums.soompi.com

Meroket berkat drama Temperature of Love, Yang Se Jong memberikan kabar mengejutkan buat penggemar setianya. Tepat pada tanggal 12 Mei 2020 nanti, aktor muda nan tampan ini akan menjalani wajib militer sebagai tentara aktif.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak agensi, Good People yang menanganinya. Yang Se Jong telah menerima surat panggilan tugas dari pihak militer Korea Selatan. Sayangnya, waktu dan tempat pelepasan aktor yang sempat membintangi drama Dr. Romantic itu tidak diumumkan ke publik. Jadi, penggemar tidak bisa berkerumun untuk mengucapkan selamat tinggal. 

Wah, bakal rindu banget sama aktor yang satu ini. Namun, kamu bisa memutar kembali drama yang pernah dibintangi oleh Yang Se Jong dari Dual sampai yang terakhir Dr. Romantic 2. Di drama tersebut, Yang Se Jong hadir sebagai kameo, lho

2. Suho "EXO"

Wajib Militer Memanggil, 5 Artis Korea Ini Vakum dari Dunia Hiburanwww.twitter.com/weareoneexo

Terkenal sebagai leader yang berkarisma di EXO, Suho juga harus mengucapkan selamat tinggal kepada EXO-L. Pada tanggal 4 Mei 2020, Suho mengonfirmasi kepergiannya melalui laman sosial media. Ia berbagi tanggal dan pesan menyentuh untuk penggemar beratnya. 

Tertulis "Pada tanggal 14 Mei 2020, aku akan masuk wajib militer untuk menjalani tugasku. Aku rasa, aku bakal merindukan EXO-L selama diriku berada di tempat militer. Aku berharap kalian turut memikirkan dan terus mendukungku setiap hari. EXO-L sehatlah selalu. Secara tulus, aku mengucapkan terima kasih dan aku mencintai EXO-L. Kami adalah satu, EXO. Mari saling mencintai".  

Pihak agensi pun mengakui bahwa Suho segera melaksanakan wajib militernya. Sebelum pergi, Suho telah merilis solo debut yang bertajuk Self Potrait, agar penggemar dapat mendengar suara indahnya selama ia tak aktif di dunia hiburan. 

Buat kamu yang akan kangen dengan leader EXO ini bisa mengingatnya dengan mendengarkan lagu EXO, atau menonton ulang drama yang dibintangi oleh Suho sambil menanti kepulangannya dari wajib militer. 

3. Yook Sungjae "BTOB"

Wajib Militer Memanggil, 5 Artis Korea Ini Vakum dari Dunia Hiburanwww.pinterest.com

Baru saja didapuk membintangi serial drama Mystic Pop-up Bar, Yook Sungjae membuat pengumuman bahwa ia akan pergi melaksanakan wajib militer. Hal penting itu, ia ungkap dalam akun Instagram miliknya pada tanggal 3 Mei 2020. 

Sungjae menuliskan pesan cintanya kepada Melody (sebutan penggemar BTOB), "Aku akan pergi ke suatu tempat yang agak jauh. Mungkin dari kalian terkejut dengan berita ini, tapi memang benar, aku telah memutuskan masuk wajib militer pada 11 Mei 2020. Meski berpisah jarak dan waktu, aku tahu, aku akan menerima banyak cinta dari kalian. Aku akan menjalani hidup dengan berani. Aku tidak khawatir sama sekali!. Teruntuk Melody yang sedang menungguku dan BTOB, bersabarlah sejenak. Akan ada saatnya, kita (BTOB dan Melody) bertemu kembali".  

Berbeda dengan wamil anggota BTOB lain, Sungjae mendapat tugas sebagai band militer setelah menyelesaikan pelatihan di bootcamp militer. Selagi menahan rindu dengan Sungjae, kamu dapat menyetel ulang lagu-lagu terbaik dari BTOB seperti "Only One for Me", "For You" (OST Cinderella & Four Knights), "Love Song" ft Park Hye Soo. Atau melihat variety show Sungjae yang mendapat banyak cinta karena berpasangan Joy Red Velvet di We Got Married.

4. Kim Jin Woo "WINNER"

Wajib Militer Memanggil, 5 Artis Korea Ini Vakum dari Dunia Hiburanwww.inikpop.com

Tak lama setelah merilis mini album ketiganya, Jin Woo atau biasa disapa dengan Jinu ini juga resmi berpisah sementara dari penggemar untuk memulai masa pelatihan wajib militernya.  

Sebelum meninggalkan penggemar dan anggota WINNER lainnya, Jin Woo turut menulis surat kepada penggemarnya. "Teruntuk saudara laki-lakiku, kalian sudah seperti saudara kandung buatku. Aku selalu berterima kasih atas hal itu. Aku mencintai kalian. Kepada Inner Circle (sebutan fandom WINNER) yang selalu setia. Aku akan berusaha baik-baik saja. Tolong jaga saudara laki-lakiki. Mari kita bertemu lagi setelah saya selesai. Mohon sehat selalu untuk kalian. Aku mencintai kalian, Inner Circle". 

Pada tanggal 2 April 2020, Jin Woo terlihat diantar oleh Mino WINNER ke tempat wajib militernya. Ia akan bertugas di Pusat Pelatihan Tentara Nonsan, Provinsi Chungcheong Selatan. Untuk terakhir kalinya, Jin Woo bertemu dengan penggemar dan awak media yang melepas kepergian wamilnya dengan hangat. 

Menunggu itu memang melelahkan tapi kamu bisa mengusir rasa rindu itu dengan mengenang kembali lagu-lagu WINNER yang hits seperti "Ah Yeah", "Hold", "Remember", "Really Really", "Everyday", "Call", dan "Millions". 

5. Lee Seung Hoon "WINNER"

Wajib Militer Memanggil, 5 Artis Korea Ini Vakum dari Dunia Hiburanwww.thejakartapost.com

Mengikuti jejak Jin Woo, Seung Hoon menjadi anggota kedua WINNER yang menjalani tugas negara pada tanggal 16 April 2020. Sepekan setelah perpisahan Jin Woo, Seung Hoon menuliskan surat cinta kepada penggemar. 

Dalam surat tersebut, ia berbagi pikiran dan perasaannya. "Sudah saatnya diriku menyusul Jin Woo hyung. Aku yakin, kalian ingin aku kembali dengan selamat. Karena itu, jaga kesehatan kalian untukku. Aku tidak suka kalian menangis karena perpisahan sementara ini. Sebaliknya, aku ingin membuat kenangan bahagia dengan kalian. Mari saling mengucapkan perpisahan dengan senang dan indah. Inner Circle, terima kasih untuk semuanya. Mohon menulis suratlah untukku". 

Tak rela ditinggal sementara oleh kedua anggota WINNER, penggemar yang tak bisa mengantar Seung Hoon mempopularkan tagar #WeGotYourBackSeunghoon, untuk melepas dirinya ke pusat pelatihan militer Nonsan, Provinsi Chungcheong Selatan sebagai pekerja layanan publik. 

Dengan masuknya Seung Hoon ke militer, menandakan vakumnya WINNER sebagai grup di dunia musik. Meski tak dapat bertemu, kamu masih bisa melepas rindu dengan lagu-lagu dari WINNER atau menonton ulang aksi kocak Seung Hoon dari layar ponselmu. 

Itulah sederet artis pria Korea yang harus menjalani wajib militer. Semoga mereka cepat kembali dengan sehat ya, Bela.

Baca Juga: Bertabur Oppa, 9 Drama Korea Ini Cocok Menemanimu di Akhir Pekan

Baca Juga: Penyayang Anak-Anak, Sehun EXO Berikan Beasiswa Berjumlah Fantastis

Baca Juga: Kompak Bak Saudara, Intip 10 Bukti Persahabatan Suho & Baekhyun 'EXO'