Mendapat posisi sebagai seorang leader di sebuah grup bukan perkara mudah. Walau masih berusia muda, tapi mereka sudah diberikan beban yang cukup besar. Nggak hanya dituntut soal kepemimpinan, tapi seorang leader juga bertanggung jawab untuk menjaga nama baik sebuah grup serta mengatur semua anggota. 

Tapi, layaknya manusia, seorang leader  grup Kpop pasti tak luput dari kesalahan. Sayangnya, jika sebuah grup terlibat skandal maka sorotan tajam netter langsung mengarah ke mereka. Daripada, harus mengorbankan kehancuran anggota dan grup, beberapa di antara leader grup yang tersandung kasus memilih keluar dari grup demi kebaikan semua anggota dan nama baik grup. Nah, siapa saja leader Kpop yang keluar dari grup agar grupnya bisa tetap eksis di dunia hiburan? Ikuti selengkapnya di sini. 

1. Jay Park eks '2PM'

Terlibat Skandal, 5 Leader Kpop Keluar demi Nama Baik GrupTwitter.com/littlemimijp

Baru setahun debut bersama 2PM saat itu, sang leader yang punya ciri khas b-boying ini harus tersandung kasus akibat postingan lamanya di akun Myspace. Postingan berbau SARA yang diunggahnya tahun 2009 silam membuat Jay Park dituntut keluar dari grup karena menyebabkan kegaduhan dan ledakan kemarahan dari netter. Nggak hanya itu, Jay Park juga diminta untuk bunuh diri oleh sebuah petisi yang ditandatangani sebanyak 3.000 orang. 

Walau sempat dipertahankan oleh JYP, tapi kemarahan publik Korea tak bisa dihindari. Akibatnya, beberapa variety show yang dibintangi oleh 2PM ditunda. Para anggota 2PM pun ditarik dari semua penampilan di stasiun televisi. Hal yang sangat berdampak kuat buat 2PM kala itu. Hingga akhirnya, Jay Park memilih mundur dari posisinya sebagai leader dan grup pada tanggal 8 September 2009. Ia juga meminta maaf kepada anggota 2PM karena tak bisa menjadi pemimpin yang baik. 

2. B.I eks 'iKON'

Terlibat Skandal, 5 Leader Kpop Keluar demi Nama Baik GrupSoompi.com

Mengalami masa sulit saat trainee dan mengikuti berbagai ajang kompetisi membuat Kim Hanbin atau yang biasa dikenal sebagai B.I dilanda stres berkepanjangan. Apalagi saat itu, peran B.I di grup sangat penting. Seluruh anggota mengandalkan dirinya, B.I termasuk sosok leader yang inspiratif dan multitalenta di mana ia sangat bekerja keras untuk memproduksi, menulis lirik, mengarasemen musik, hingga memikirkan konsep grup. 

Sayang, kebersamaan B.I dengan keenam anggota lain tak berlangsung selamanya. Kabar buruk menimpa dirinya di tahun 2019 lalu. B.I eks iKON dituduh membeli dan mengonsumsi obat terlarang. Kabar ini pertama kali tersebar di dunia maya oleh salah satu media Korea Selatan pada Juni 2019. Media tersebut mengungkap hasil chat B.I dengan seorang kenalan.  

Padahal kala itu, nama iKON tengah bersinar. Bersamaan dengan itu, B.I yang paham akan nasib keenam anggota lainnya jika ia terus bertahan di sana memutuskan hengkang dari grup dengan mengunggah sebuah surat pendek, mewakili permohonan maaf atas tindakannya di masa lalu yang kurang dewasa. 

Setelah melewati serangkaian pemeriksaan, B.I pun dinyatakan negatif dan dibebaskan dari tuduhan tersebut. Kini, B.I lebih banyak melakukan aktivitas sosial dengan mendatangi beberapa organisasi anak. Tak jarang pula, ia mengunggah hasil karya terbaru di Soundcloud miliknya. 

3. Youngmin eks 'AB6IX'

Terlibat Skandal, 5 Leader Kpop Keluar demi Nama Baik GrupChannel-Korea.com

Pamor grup 'AB6IX' di kancah musik Korea sedang mendapat sorotan. Terlebih, lagu debutnya berjudul "Breathe" meraih perhatian publik Korea dan Internasional. Grup ini juga tengah mempersiapkan comeback terbarunya di bulan Juni. 

Selang beberapa hari sebelum comeback, leader kelahiran 1995 ini tertangkap oleh polisi dan SIM-nya dicabut pada tanggal 31 Mei 2020 karena kepergok mengemudi dalam kondisi mabuk. Sebagai seorang leader di grup, Youngmin diharapkan dapat menjadi sosok panutan untuk anggota atau penggemar. Oleh karena itu, tindakan ceroboh yang dilakukan Youngmin eks 'AB6IX' sulit dimaafkan dan mendapat reaksi keras dari netter

Awalnya, pihak agensi akan menunda proses comeback dan promosi sampai kasus ini mereda. Namun, reaksi publik yang terpecah belah membuat Youngmin dengan berat hati harus meninggalkan grup demi kepentingan anggota lainnya, agar mereka tetap bisa berkarya di dunia musik Korea. 

4. Choi Jong Hoon eks 'FT.Island'

Terlibat Skandal, 5 Leader Kpop Keluar demi Nama Baik GrupWikipedia.com

Masih ingat tentang kasus grup obrolan seksual yang menyeret nama Jung Joon Young? Kasus yang membuat publik terpana, bahwa idol Kpop yang selama ini diidolakan ternyata menyimpan sisi kelam yang tak diketahui. Beberapa di antaranya menyeret nama leader dari band kawakan Kpop yaitu FT.Island.

Yup, sang leader yaitu Choi Jong Hoon ternyata masuk ke dalam grup obrolan tersebut. Selain itu, ia bersama Jung Joon Young juga melakukan tindak pemerkosaan terhadap seorang perempuan yang sedang mabuk. 

Usai namanya dirilis ke publik, Choi Jong Hoon yang merusak nama baik grup resmi mengundurkan diri dari FT. Island dan meninggalkan industri hiburan Korea per tanggal 14 Maret 2020. Kini, Choi Jong Hoon harus menanggung akibat dari perilakunya tersebut dengan mendekam di penjara selama lima tahun. 

5. Kris Wu eks 'EXO'

Terlibat Skandal, 5 Leader Kpop Keluar demi Nama Baik GrupKanal247.com

Jauh sebelum disatukan dalam nama EXO, grup yang dulunya beranggotakan 12 orang anggota ini berasal dari dua negara berbeda yaitu Korea dan Tiongkok. SM Entertainment yang mendebutkan EXO membagi grup menjadi dua kelompok, EXO-K dan EXO-M.

EXO-K mempunyai leader bernama Suho yang sampai sekarang bertahan di grup yang sudah hampir 9 tahun berkarya di dunia musik Korea. Sementara, EXO-M dulunya punya leader bernama Wu Yifan atau dikenal dengan nama Kris Wu. 

Selang dua tahun debut bersama EXO-M, Kris Wu terlibat skandal dengan agensinya sendiri. Skandal tersebut berlangsung cukup pelik hingga beberapa anggota dari EXO-M meninggalkan grup besar itu, termasuk Kris Wu. Keluarnya Kris Wu, mantan leader EXO-M itu tak lain dan tak bukan karena ketidakadilan yang ia rasakan. Mulai dari kontrak, pembagian hasil kerja, sampai kebebasannya dalam berkarya. 

Keluar dari EXO, Kris Wu memilih pulang ke kampung halamannya di Tiongkok dan membangun karier di sana. Bukan sebagai idol, tapi Kris Wu memulai hidup baru sebagai seorang aktor dan model.  

Itulah beberapa leader Kpop yang terlibat skandal dan akhirnya keluar demi nama baik grup. Semoga bisa jadi pembelajaran buat kita, ya, Bela. 

Baca Juga: 7 Kpop Idol Ini Punya Saudara Kembar, Siapa yang Paling Mirip?

Baca Juga: Nggak Pakai Oplas, Ini Potret Dulu dan Kini Para Kpop Idol 

Baca Juga: Mengemudi Sambil Mabuk, Ini Dampaknya Terhadap Karier 5 Idol Kpop