Menjadi artis Korea Selatan bukan hal yang mudah untuk dijalani. Hampir sebagian besar publik mengetahui hal umum ini. Mulai dari pelatihan yang panjang untuk debut, memiliki banyak bakat, hingga mempertahankan citra baik di hadapan publik. 

Namun layaknya manusia biasa, para artis Korea Selatan juga tidak sepenuhnya bersih dari perilaku buruk di masa lalu. Beberapa di antaranya baru terungkap setelah mereka meraih popularitas yang cukup tinggi di dunia hiburan Korea Selatan. 

Alih-alih naik pamor saat kontroversi masa lalu terungkap, artis Korea Selatan justru menerima sanksi sosial dengan karier mereka dipertaruhkan. Tak banyak artis Korea Selatan yang mendapatkan kesempatan kedua untuk bisa berkarier lagi di dunia hiburan. 

Meski belum tentu, semua kontroversi berdasarkan fakta. Tetapi, sanksi sosial sudah dirasakan sejak nama sang artis diungkap. Lalu, sanksi sosial apa yang harus diterima oleh para artis Korea Selatan ketika terseret kontroversi? Berikut daftarnya. 

1. Menerima kritikan tajam dari warganet

Terlibat Kontroversi, Ini 7 Sanksi Sosial yang Diterima Artis KoreaTwitter.com/seoyejipics

Saat seorang artis Korea Selatan terlibat kontroversi, mereka harus siap menerima kritikan tajam, celaan, hingga makian dari warganet yang geram dengan perilaku mereka di masa lalu. Bahkan, laman media sosial mereka akan dipenuhi kata-kata kasar dari berbagai pihak. 

Seperti halnya, kasus yang dialami oleh Seo Ye Ji ketika dirinya dituduh berperilaku posesif terhadap Kim Jung Hyun dan memiliki kepribadian yang kasar. Sejak kontroversi tersebut mencuat ke permukaan, laman media sosial sang aktris dipenuhi dengan ucapan tak pantas dari warganet. 

2. Tingkat kepercayaan publik menurun

Terlibat Kontroversi, Ini 7 Sanksi Sosial yang Diterima Artis KoreaSoompi.com

Tak hanya menerima kritikan tajam dari publik, tetapi para artis Korea Selatan yang terseret kontoversi harus siap menerima kenyataan jika tingkat kepercayaan publik akan menurun terhadap diri mereka. 

Seperti, solois Jung Joon Young yang divonis bersalah dan menjalani hukuman penjara dalam kasus pelecehan seksual. Saat kontroversi besar ini terungkap, banyak publik yang tak percaya dan berharap jika salah satu idola mereka tak terjerat kasus ini.

Namun kenyatannya, ada sejumlah artis Korea yang ikut terlibat, termasuk Choi Jung Hoon eks 'FT.Island', salah satu band Kpop dari generasi kedua. 

3. Vakum dari dunia hiburan

Terlibat Kontroversi, Ini 7 Sanksi Sosial yang Diterima Artis KoreaSeoulbeats.com

Jika kontroversi terus membesar, biasanya pihak agensi akan meminta artis Korea Selatan untuk menulis permintaan maaf demi meredam kemarahan warganet atas perilaku mereka di masa lalu. 

Saat seorang artis Korea Selatan mengunggah surat permintaan maaf ke media sosial, maka bersamaan dengan vakumnya sang artis dari dunia hiburan untuk sementara waktu. Butuh waktu beberapa bulan hingga tahunan agar bisa kembali berkarier di dunia hiburan Korea. 

Tak banyak artis Korea Selatan yang bisa mendapatkan kembali kepercayaan publik. Namun, Lee Byung Hun, salah satu pemain drama Korea Squid Game ini berhasil mendapatkan kepercayaan publik setelah ketahuan terlibat kontroversi di tahun 2014 bersama model cantik, Lee Ji Yeon. 

4. Melaksanakan wajib militer

Terlibat Kontroversi, Ini 7 Sanksi Sosial yang Diterima Artis KoreaBerbagai sumber

Selain menjadi kewajiban bagi warga laki-laki Korea Selatan, wajib militer juga sering identik sebagai pelarian dari artis Korea Selatan yang terlibat kontroversi. Banyak warganet Korea Selatan yang kecewa dan marah atas tindakan agensi yang mengirim para artisnya ke pusat pelatihan militer setelah terseret kontroversi. 

Seperti, kasus mantan leader dari AB6IX, Lim Youngmin dan aktor Jisoo ketika mereka masuk wajib militer tidak lama setelah keduanya melakukan kesalahan. Namun, agensi menyangkal jika pelaksanaan wajib militer artisnya berhubungan dengan kontroversi yang terjadi. 

Kendati demikian, banyak juga warganet yang berharap dengan masuknya para artis Korea Selatan ke wajib militer bisa membuat mereka menjadi pribadi yang lebih baik dan melakukan intropeksi mendalam atas perilakunya tersebut. 

5. Diasingkan dari dunia hiburan

Terlibat Kontroversi, Ini 7 Sanksi Sosial yang Diterima Artis KoreaPinterest.com

Ketika kontroversi yang terungkap menjadi fakta bahwa sang artis melakukan kesalahan atau perilaku buruk di masa lalu, maka diasingkan dan pensiun dini dari dunia hiburan harus siap mereka jalani. 

Sanksi sosial ini dirasakan oleh mantan leader AOA, Jimin yang mengaku bahwa dirinya pernah melakukan tindakan perundungan terhadap Kwon Mina selama kurang lebih sepuluh tahun. Kini, Jimin eks 'AOA' diketahui tinggal di daerah terpencil seorang diri.

6. Didepak dari program acara televisi

Terlibat Kontroversi, Ini 7 Sanksi Sosial yang Diterima Artis KoreaBerbagai sumber

Saat artis Korea Selatan tengah naik daun, biasanya mereka menerima banyak tawaran iklan, akting, hingga tampil di beberapa acara variety show. Hal ini pula yang dirasakan Kim Seon Ho yang menjadi pusat perhatian pasca postingan anonim muncul di laman media sosial. 

Setelah menunggu cukup lama, Kim Seon Ho akhirnya buka suara dan mengakui perihal tuduhan aborsi yang dibongkar oleh mantan pacarnya. Kini, tim produksi film 2 O’Clock Date yang menggaet Kim Seon Ho sebagai pemeran utama bersama Yoona ‘SNSD’ memilih untuk mengganti pemeran utama setelah sang aktor terbukti bersalah. 

Sebelumnya, warga Korea Selatan juga sudah bereaksi keras atas kontroversi yang menimpa aktor muda ini, pihak KBS yang menayangkan1 Night 2 Days diminta untuk mengeluarkan Kim Seon Ho.

Tak hanya Kim Seon Ho, tetapi aktor muda lainnya, yakni Kim Min Gwi juga mengalami sanksi sosial dari warganet setelah ketahuan berselingkuh. Adegannya dalam drama Korea, Nevertheless diedit dan dikurangi oleh tim produksi. 

7. Menghilang dari dunia hiburan

Terlibat Kontroversi, Ini 7 Sanksi Sosial yang Diterima Artis KoreaSoompi.com

Terakhir, menghilang dari dunia hiburan Korea menjadi sanksi sosial paling berat yang dirasakan oleh artis Korea Selatan jika sudah atau terbukti terseret kontroversi. Tak ada yang bisa dilakukan oleh artis Korea Selatan apabila tindakannya sulit dimaafkan oleh warganet. 

Warganet bisa saja mencekal, bahkan mengecam jika artis Korea Selatan yang tersangkut kontroversi masih berani tampil di acara televisi atau membintangi sebuah iklan komersial. Dan tentu saja, pihak penyelenggara atau stasiun televisi tidak berani mengambil resiko untuk merekrut artis Korea Selatan yang tengah tersandung sebuah kasus. 

Ada beberapa artis Korea Selatan yang belum kembali ke dunia hiburan, salah satunya solois G.NA yang terlibat kontroversi prostitusi di tahun 2016. Hampir empat tahun, tak  G.NA tidak memberikan kabar apapun usai kasus prostitusi mencuat. Baru tahun 2020, G.NA memberanikan diri untuk memposting foto terbarunya di laman media sosial. 

Tidak hanya karier yang meredup, tapi kehidupan pribadi mereka juga terganggu karena tidak berani muncul di hadapan publik. Betapa beratnya menjadi artis Korea Selatan, ya, Bela. 

Baca Juga: 10 Artis Korea Ini Sepi Job & Meredup Karena Terlibat Kontroversi

Baca Juga: Kim Seon Ho Akui Rumor Aborsi, Film & Acara Ini Melepas Kontraknya

Baca Juga: Rentetan Imbas yang Diterima Kim Seon Ho Akibat Skandal "Aktor K"