Melakoni profesi idol K-pop, harus siap dengan aktivitas super padat di dunia hiburan. Tak jarang, waktu istirahat yang dimiliki oleh idol K-pop ini terbatas. Mereka juga dihadapkan dengan diet ketat selama masa promosi. 

Kurangnya waktu tidur dan asupan makanan membuat para idol K-pop ini kerap kehabisan tenaga saat tampil di atas panggung. Salah satunya, Shuhua (G)I-DLE yang pingsan di atas panggung ketika manggung bersama grupnya di Meksiko. 

Tak hanya Shuhua, namun beberapa idol K-pop juga pernah tertangkap kamera tumbang saat menjalani aktivitas. Penggemar mengabadikan momen saat idol K-pop yang kolaps di acara. Siapa saja mereka? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftarnya. 

1. Jungkook 'BTS'

https://www.youtube.com/embed/Fg1BM46Hupk

Sebelum mencapai puncak kesuksesan, BTS memiliki sejumlah aktivitas yang padat di masa lalu dari merilis album, pemotretan, tur dunia, hingga menghadirkan ragam acara menarik di kanal YouTube resmi mereka untuk para ARMY (sebutan penggemar BTS). 

Padatnya jadwal membuat kondisi tubuh maknae BTS ini menurun. Di salah satu episode Burn the Stage, Jungkook terlihat kelelahan saat konser di Chili. Ia juga harus dibantu alat pernapasan saat menyelesaikan penampilan di hari kedua. Kamera penggemar beberapa kali menangkap momen Jungkook hampir terjatuh ketika tampil, namun masih berusaha ia tahan. 

2. Krystal 'f(x)'

https://www.youtube.com/embed/DzxdkMOQtb8

Tahun 2010 silam, f(x) tampil di atas panggung dan menyanyikan lagu "Mr.Boogie". Tidak ada yang aneh dengan penampilan grup K-pop perempuan besutan SM Entertainment ini, hingga di menit 40-an, Krystal tampak tidak enak badan. 

Adik dari Jessica Jung ini mencoba bertahan dan melanjutkan penampilan sampai menit ke-56. Pada menit ke-57, Krystal pingsan di samping mendiang Sulli. Para staf di belakang panggung bergegas membopong anggota f(x) tersebut dan penampilan dihentikan. 

3. Hyeri 'Girl's Day'

https://www.youtube.com/embed/DPZwFm35HHs

Bintang My Roommate is a Gumiho (2021) juga pernah kehilangan keseimbangan di atas panggung saat masih aktif tampil bersama Girl's Day di tahun 2014. Hyeri membawakan lagu "Something" di acara musik, Mnet Countdown. 

Keempat anggota Girl's Day berhasil menyelesaikan penampilan. Namun tepat setelah pertunjukkan selesai, Hyeri tak kuat menahan tubuhnya dan pingsan di panggung. Staf pun membopong Hyeri dan melarikannya ke rumah sakit. Ia didiagnosis flu dan kelelahan. 

4. SinB 'VIVIZ'

https://www.youtube.com/embed/7ZerbfuFLUE

Sebelum re-debut dengan VIVIZ, SinB memiliki jadwal super padat bersama G-Friend. Dari awal penampilan, ia terekam kamera penggemar dalam kondisi tidak fit dan tidak berdiri tegak seperti anggota. 

Sowon dan Yuju yang mengetahui hal itu terlihat khawatir dan menanyakan kondisi SinB. Namun, SinB berusaha memberikan yang terbaik saat menyanyikan lagu "Mermaid". Di pertengahan acara, tubuhnya tidak mampu menahan dan kolaps.

5. Taemin 'SHINee'

https://www.youtube.com/embed/nmoCr5rEcro

SHINee dikenal sebagai grup K-pop laki-laki generasi kedua yang memiliki tarian energik di setiap lagu. Gerakan tari tersebut cukup menguras energi dan memerlukan stamina yang fit untuk bisa menyelesaikan penampilan.  

Taemin yang memiliki segudang aktivitas di luar grup, tampaknya kelelahan saat tampil di acara Inkigayo. Ia terekam kamera penggemar, terjatuh di lengan Key usai merampungkan penampilannya membawakan lagu "Sherlock".

6. N 'VIXX'

https://www.youtube.com/embed/PV4F60P-rK4

Saat tampil di Gyeongju pada 2017 lalu, VIXX mengalami kejadian kurang menyenangkan terkait kondisi salah anggota, yaitu N. Ia tiba-tiba terjatuh dan tak sadarkan diri ketika mereka menyanyikan lagu "Love Me Do".

Penggemar pun merasa khawatir. Anggota VIXX yang melihat N segera membantu dan menghentikan penampilan sejenak. N 'VIXX' dievakuasi ke belakang panggung. Keesokan harinya, N meminta maaf kepada penonton karena tidak bisa menyelesaikan penampilan.

7. Joy 'Red Velvet'

https://www.youtube.com/embed/PfnK3KcqrLM

Tahun 2016 silam, Red Velvet tampil di sebuah panggung festival yang digelar oleh salah satu Universita Korea Selatan. Mereka menyanyikan lagu "Happiness" dan semua anggota menari dengan energik. 

Kondisi panggung dan tubuh tidak fit membuat Joy terjatuh dan nyari pingsan di tempat. Namun, ia berhasil bangkit dan melanjutkan penampilan bersama grupnya hingga akhir lagu. 

8. Shuhua '(G)I-DLE'

https://www.youtube.com/embed/V9_lqpFq7eg

(G)I-DLE yang tengah sibuk melakukan tur dunia. Saat menyambangi Meksiko di konser Just Me, Shuhua pingsan di atas panggung ketika menyanyikan lagu "My Bag". Dari video yang beredar di kalangan penggemar, Shuhua terjatuh dan Yuqi segera menghampirinya. 

Ia membantu Shuhua berjalan keluar panggung. Penggemar menduga Shuhua tumbang karena altitude sickness, yaitu penyakit ketinggian yang bisa menyebabkan seseorang sulit tidur, kekurangan energi, hingga sakit kepala. 

Setelah beristirahat sejenak, Shuhua kembali ke panggung dan menenangkan penggemar yang merasa khawatir dengan kondisi dirinya. 

Duh, semoga para idol K-pop ini bisa menjaga kondisi mereka, ya, Bela. Soalnya banyak konser dan tur dunia yang dipersiapkan hingga tahun depan.  

Baca Juga: 6 Kebiasaan Dianggap Sepele Ini Ternyata Bisa Membuatmu Mudah Pingsan

Baca Juga: Ada Perlakuan Tak Adil, 5 Fakta di Balik Keluarnya Soojin (G)I-DLE

Baca Juga: Tambah Banyak, Deretan Grup K-Pop Ini Gelar Konser di Indonesia