Super Junior tengah disibukkan dengan jadwal konser Super Show 9: Road di berbagai negara. Mereka seharusnya bertemu penggemar di Manila, Filipina pada 6 Agustus 2022, namun konser ditunda karena ayahanda Eunhyuk meninggal dunia. 

Kabar duka tersebut datang saat mereka hendak berangkat dari Korea ke Filipina.  Beberapa anggota tetap berangkat ke Manila, Filipina di tengah situasi berduka. Mereka memberikan penampilan terbaik di lokasi konser dan menuai decak kagum dari warganet.

Mereka menilai perhatian dan profesionalisme Super Junior sungguh luar biasa. Hal ini yang menjadi alasan Super Junior mampu eksis di dunia hiburan Korea Selatan dan memiliki penggemar setia di sisinya.

Kira-kira, perlakuan apa yang diberikan Super Junior ke penggemar saat Super Show 9: Road in Manila ditunda? Melansir Koreaboo, berikut faktanya. 

Super Junior tetap menyapa di lokasi konser

'Super Show 9 Manila' Ditunda, Super Junior Lakukan Ini ke PenggemarKoreaboo.com

Beberapa jam sebelum Super Show 9: Road in Manila, Label SJ membuat keputusan resmi bahwa mereka akan menunda dan menjadwal ulang konser. Keputusan ini diambil setelah adanya diskusi internal pihak promotor dan para anggota Super Junior. 

Dalam pernyataan resmi, Super Junior tidak hanya menunda konser tetapi, mereka masih ingin menyapa penggemar di lokasi konser. Beberapa anggota Super Junior tetap terbang ke Filipina dan meminta penggemar yang mempunyai tiket konser untuk memasuki venue.

Leeteuk menyampaikan pidato yang menyentuh

'Super Show 9 Manila' Ditunda, Super Junior Lakukan Ini ke PenggemarTwitter.com/happeehour

Rupanya, Super Junior ingin memberikan penampilan terbaik ke penggemar yang sudah menantikan konser mereka. Di lokasi konser, mereka mengungkapkan rasa terima kasih atas pengertian E.L.F (sebutan penggemar Super Junior) dan Leeteuk menyampaikan pidato menyentuh di atas panggung. 

"Saya berharap, kabar ini tidak membuat kalian bersedih terlalu lama. Di Korea, kami berdiskusi apakah kami tetap pergi ke Manila atau tidak. Namun akhirnya, kami sepakat untuk tetap hadir di lokasi dan menyapa kalian semua. Setiba di Filipina, kami terus mendiskusikan apa yang harus dilakukan dan disampaikan ke penggemar hingga jam 3 sampai 4 pagi. Saya percaya Super Junior adalah tempat kebahagian, kesenangan, dan harapan bagi semua pihak," ucap Leeteuk. 

Leeteuk menekankan bahwa Super Show 9: Road Manila tidak dibatalkan, melainkan ditunda sampai waktu yang tepat tiba. Selain itu, konser yang semula dijadwalkan hanya satu hari di Manila akan ditambahkan menjadi dua hari setelah mereka berdiskusi intens dengan pihak promotor. 

'Super Show 9 Manila' Ditunda, Super Junior Lakukan Ini ke PenggemarTwitter.com/happeehour

Ia juga menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan terkait penundaan konser. Namun, Leeteuk memastikan Super Junior akan kembali secepatnya menyapa penggemar Filipina. 

Penggemar Super Junior secara dewasa memberikan waktu untuk para anggota bersedih dan meneriakkan 'gwenchana' yang artinya tidak apa-apa saat Shindong meminta maaf. Bahkan, E.L.F Filipina memasang pita hitam sebagai bentuk berduka kepada keluarga Eunhyuk di Sujubong (lightstick Super Junior). 

Super Junior menyanyikan beberapa lagu ballad

'Super Show 9 Manila' Ditunda, Super Junior Lakukan Ini ke PenggemarTwitter.com/shfly3424

Tak hanya menyampaikan pidato dan permintaan maaf yang membuat E.L.F banjir air mata, Super Junior juga membawakan beberapa lagu ballad di antaranya "My Wish" dan "More Days With You". 

Super Junior menyanyikan lagu "My Wish" sebagai bentuk terima kasih ke E.L.F Filipina yang sudah menunggu dan memahami kondisi yang terjadi. Tak henti-hentinya, Leeteuk mengucapkan rasa terima kasih mendalam ke penggemar yang setia bersama mereka lebih dari 15 tahun.

Warganet terharu dengan perhatian tulus Super Junior

Perhatian tulus dan profesionalisme Super Junior membuat warganet terharu. Mereka meninggalkan pujian di kolom komentar setelah perlakuan grup K-pop legendaris tersebut ke penggemar. 

"Ini sangat menyentuh," ucap salah satu warganet. 

"Mereka bahkan berganti pakaian dan menyanyikan lagu balada. Mereka benar-benar yang terbaik dalam memperlakukan penggemar," imbuh warganet lain. 

"Mereka bisa saja membatalkan semuanya, tetapi sebaliknya, mereka masih menyempatkan waktu untuk bernyanyi dan tidak membatalkan pertunjukkan. Jika saya adalah penggemar Super Junior, saya akan menangis," ujar warganet seolah mengiyakan pendapat sesama warganet yang kagum dengan sikap Super Junior di tengah masa duka. 

Rasanya, nyes banget melihat perhatian tulus Super Junior ke penggemar Filipina, ya. Semoga mereka bisa kembali tampil dalam kondisi yang lebih baik. Rest in peace untuk ayahanda Eunhyuk 'Super Junior'.   

Baca Juga: Super Junior Resmi Umumkan Konser di Indonesia, Ini Detailnya!

Baca Juga: Tampilkan Visual Tak Menua, Super Junior Comeback dengan “House Party"

Baca Juga: Menelan Korban Jiwa, 5 Fakta Insiden di Konser PSY 'Summer Swag'