Selain alur cerita menarik dan didukung visual dari artis Korea Selatan, kehadiran efek CGI (Computer-Generated Imagery) juga sangat penunjang kebutuhan sinematografi dari drama Korea, lho. 

Berkat CGI ini, beberapa adegan drama Korea yang terbilang mustahil bisa ditampilkan dengan apik dan terasa nyata. Bahkan, tidak perlu terbang ke luar negeri untuk mendapatkan kualitas yang super keren. Kamu sendiri tidak akan menyangka jika deretan drama Korea ini memakai efek CGI dalam proses pembuatannya. 

Kira-kira, drama Korea apa saja yang punya efek CGI terbaik dan meninggalkan kesan mendalam buat penontonnya? Yuk, simak ulasannya di sini, Bela.

1. Vincenzo

Super Keren, 8 Rekomendasi Drama Korea dengan Efek CGI Terbaik Giaallana.com

Drama dengan bintang utama, Song Joong Ki tidak perlu diragukan lagi. Selama penayangan, ratingnya selalu memuaskan. Semula, penonton mengira jika drama ini melakukan proses syuting di Italia, karena alur cerita dari Vincenzo memang tentang seorang pengacara Italia berdarah Korea bernama Vincenzo Cassano.

Di episode awal, ditampilkan pula kehidupan Vincenzo di Italia. Namun, penonton dibuat terperangah saat tim produksi drama merilis behind the scene adegan Vincenzo yang terlihat seperti di Italia. 

Nyatanya, adegan itu tidak pernah terjadi di Italia, namun tim produksi hanya mengandalkan efek CGI untuk menampilkan negara Italia di layar kaca. Saking apiknya, penonton sampai terkecoh. Keren banget, ya

2. Arthdal Chronicles

Super Keren, 8 Rekomendasi Drama Korea dengan Efek CGI Terbaik Kpopmap.com

Masih dibintangi oleh Song Joong Ki, drama yang memadukan serial televisi Game of Thrones dengan Neverland a la Peterpan ini juga memberikan sinematografi yang sangat indah. 

Menariknya, proses syuting drama ini tidak dilakukan di hutan belantara atau negara eksotis lainnya, lho. Namun, tim produksi dari drama ini hanya memainkan efek CGI agar bisa menghasilkan kualitas terbaik. 

Nggak heran, kalau drama ini tergolong drama dengan biaya produksi termahal sekitar 54 miliar won. Drama Arthdal Chronicles berkisah tentang kehidupan manusia yang terbaik dalam berbagai suku, kepercayaan, hingga karakter yang mampu membentuk sebuah bangsa baru.

3. Memories of the Alhambra

Super Keren, 8 Rekomendasi Drama Korea dengan Efek CGI Terbaik Dramabeans.com

Terinspirasi dari permainan Pokemo Go, drama yang dibintangi oleh Hyun Bin dan Park Shin Hye ini mengusung tema dunia AR (augmented reality). Berkisah tentang  Yoo Jin Woo, seorang CEO perusahaan investasi yang melakukan petualangan di Granada, Spanyol. 

Ada banyak adegan dalam drama ini yang menghadirkan efek CGI (computer-generated imagery), seperti saat Yoo Jin Woo (Hyun Bin) harus memainkan tingkatan 1 dari games di drama ini dan berhadapan dengan tentang Spanyol zaman dahulu. Berkat proses edit yang mulus, drama ini sukses membuat penonton terkesan dan seperti berada dalam dunia games

4. Legend The Blue Sea

Super Keren, 8 Rekomendasi Drama Korea dengan Efek CGI Terbaik Salamkorea.com

Menceritakan makhluk mitologi putri duyung, drama dengan pemeran utama Lee Min Ho dan Jun Ji Hyun ini juga menggunakan efek CGI untuk mendapatkan hasil terbaik tentang kehidupan bawah laut yang penuh fantasi. 

Beberapa adegan Jun Ji Hyun yang berenang sebagai putri duyung, ditambah dengan penggambaran istana bawah laut tidak terlepas dari peran CGI yang butuhkan, sehingga efek visual yang ditampilkan dalam drama tampak memesona. Bahkan, karena CGI, drama ini sanggup menunjukan kehidupan dua dunia berbeda, dunia manusia dan dunia bawah laut dengan sangat halus. 

5. Hwayugi

Super Keren, 8 Rekomendasi Drama Korea dengan Efek CGI Terbaik Dramabeans.com

Diadaptasi ulang dari kisah Journey to the West, drama yang diperankan oleh Lee Seung Gi ini dikemas dengan gaya cerita lebih modern. Mengusung tema fantasi, drama Hwayugi turut menyajikan efek visual yang tidak membosan sepanjang episode. 

Dalam drama ini, kamu akan melihat jurus andalan dari Lee Seung Gi yang tentunya dibantu oleh efek CGI. Meski menggunakan banyak efek CGI, drama ini tergolong sukses memperlihatkan hasil drama dengan memukau.

6. Goblin

Super Keren, 8 Rekomendasi Drama Korea dengan Efek CGI Terbaik Wowkeren.com

Menceritakan kisah cinta antara Kim Shin (Gong Yoo) dengan Ji Eun Tak (Kim Go Eun), drama produksi TvN ini sukses membuat penonton baper, sekaligus kagum dengan proses pengambilan gambar yang apik, terutama saat adegan yang membutuhkan efek CGI. 

Seperti, salah satu adegan di mana Kim Shin berusaha melarikan diri dari Goryeo dengan menaiki kapal, namun karam karena dihadang badai buatannya sendiri di laut. Saat adegan tersebut, mereka tidak syuting langsung di lautan lepas, lho. Tetapi, adegan tersebut dibantu dengan efek CGI yang canggih dan super halus. Sehingga, terasa begitu nyata. 

Tim produksi drama sendiri yang membocorkan jika mereka hanya menggunakan badan kapal kayu sungguhan yang besar dan memakai kolam untuk adegan saat kapal karam. Syuting dilakukan di sebuah studio dengan latar khusus buat pengolahan efek CGI. 

Selain itu, ada beberapa adegan drama ini yang juga memakai efek CGI, seperti adegan Kim Shin terhunus pedang atau adegan Wang Yeo (Lee Dong Wook) yang menghilang bak kabut hitam usai menjalankan tugas sebagai malaikat maut.

7. W: Two Worlds

Super Keren, 8 Rekomendasi Drama Korea dengan Efek CGI Terbaik Hancinema.net

Dibintangi oleh Lee Jong Suk dan Han Hyo Joo, drama yang tayang pada 2016 silam ini juga masuk ke dalam jejeran drama fantasi dengan efek CGI terbaik. Mengambil tema cerita antara kehidupan manusia dengan kehidupan komik tentu bukan hal mudah untuk diwujudkan dalam bentuk visualisasi yang cukup realistis. 

Namun, adanya efek CGI, tim produksi dari drama ini berhasil menampilkan adegan yang terkesan tidak masuk akal menjadi terlihat nyata. Misalnya, saat karakter Kang Chul (Lee Jong Suk) menemukan jendela yang membawanya dari dunia manga ke dunia manusia. 

Di drama ini, penonton benar-benar dimanjakan dengan efek CGI yang apik dan tidak membosankan. Terutama, saat adegan di mana jalanan terbelah, runtuhnya gedung-gedung, sampai patahnya Namsan Tower. Penyajian efek CGI di setiap adegan dramatisir tersebut turut menuai pujian dari netter.

8. It's Okay to Not Be Okay

Super Keren, 8 Rekomendasi Drama Korea dengan Efek CGI Terbaik Kpopmap.com

Drama bertema psikologis yang dibintangi oleh Seo Ye Ji, Kim Soo Hyun, dan Oh Jung Se sebagai pemeran utama, tidak hanya menuai pujian dari segi cerita, tetapi drama ini juga panen pujian dari segi visualnya yang memikat dan tidak terduga. 

Masih ingat dengan adegan rumah dari Kang Moon Young (Seo Ye Ji) yang digambarkan sebagai sebuah kastil tua dan berdiri megah di tengah pedalaman hutan? Ternyata, kastil megah tersebut tidak benar-benar ada, tetapi kastil itu hanya sebuah kafe tua dengan penambahan efek CGI yang luar biasa di beberapa titik. 

Sebelum dibocorkan oleh tim produksi mengenai proses syuting, banyak penonton mengira bahwa kastil, tempat Kang Moon Young tinggal benar-benar ada. Pantas saja jika drama ini disebut sebagai drama dengan efek CGI terbaik, apalagi adegan masa kecil Kang Moon Young yang digambarkan dalam tokoh kartun seperti membuat penonton masuk ke dalam dunia dongeng buatan sang penulis. 

Wah, sungguh tidak disangka efek CGI yang diberikan dalam drama ini, ya

Nah, itulah deretan drama Korea dengan efek CGI terbaik. Ada yang sudah kamu tonton, Bela?

Baca Juga: Keren! Tampilan 15 Film Populer Sebelum & Sesudah Diedit Efek CGI

Baca Juga: Bukan Efek CGI, 7 Kualitas Lokasi Syuting BTS "Stay Gold" Menakjubkan

Baca Juga: 5 Momen Paling Mengejutkan dari Drama Korea 'Vincenzo'