Berbicara mengenai stasiun televisi Korea Selatan, mereka memiliki aturan tersendiri saat menayangkan lagu K-pop yang baru dirilis oleh grup K-pop. Mereka menyeleksi lirik lagu atau video musik yang dinilai kurang pantas untuk diputar ke publik.

Jika menemukan hal tersebut, pihak stasiun televisi tidak segan untuk melarang lagu-lagu tersebut disiarkan sesuai dengan aturan yang berlaku. Meski lagu tersebut, booming atau disukai oleh banyak orang.

Tak terkecuali, lagu comeback BLACKPINK saat ini berjudul "Shut Down" juga dicekal dari stasiun televisi KBS. Nggak percaya? Cari tahu deretan lagu K-pop yang pernah dilarang untuk ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi Korea di sini.

1. "Pink Venom" - BLACKPINK

https://www.youtube.com/embed/gQlMMD8auMs

Dirilis pada 19 Agustus lalu, lagu "Pink Venom" berhasil mencuri perhatian dengan prestasi yang membanggakan. Lagu tersebut sukses merajai sejumlah tangga lagu dunia seperti Global Billboard dan Global Excl. AS Billboard.

Namun di balik prestasi yang ditorehkan, "Pink Venom" justru dilarang tayang di salah satu stasiun televisi Korea, yaitu KBS. Lagu itu dianggap melanggar salah satu kebijakan terkait penyebutan nama merek di dalam liriknya seperti Coco (Chanel) dan Celine.

Melansir Kbizoom, KBS mengungkapkan bahwa "Pink Venom" melanggar pasal 46 tentang Pembatasan Efek Iklan di bawah Undang-Undang Penyiaran Korea Selatan.

2. "Shut Down" - BLACKPINK

https://www.youtube.com/embed/POe9SOEKotk

Mengikuti jejak "Pink Venom", lagu "Shut Down" milik BLACKPINK juga tidak lulus sensor dari KBS. Berdasarkan hasil kualifikasi konten KBS yang dirilis pada 21 September 2022, lagu tersebut juga dinilai tidak memenuhi standar siaran.

Melansir Kbizoom, lagu "Shut Down" didiskualifikasi karena melanggar pasal 46 Undang-Undang Penyiaran Korea mengenai penyebutan merek. Di lirik lagu "Shut Down", terdapat nama merek sebuah mobil mewah, yakini Lamborghini.

3. "Tally" - BLACKPINK

https://www.youtube.com/embed/VQo4hyWfBQ4

Tak hanya "Pink Venom" dan "Shut Down" yang menjadi 'korban' pencekalan dari stasiun televisi KBS. Namun, lagu b-side BLACKPINK di album terbaru mereka, yakni "Tally" juga mengalami hal serupa.

Pasalnya, lagu "Tally" secara keseluruhan tidak lulus sensor dari stasiun televisi KBS. Hal ini ditenggarai karena adanya penggunaan frasa atau kata tidak pantas dalam lirik lagu. 

4. "Kill This Love" - BLACKPINK

https://www.youtube.com/embed/2S24-y0Ij3Y

Kilas balik di tahun 2019, BLACKPINK comeback dengan mini album kedua bersama title track berjudul "Kill This Love". Lagu itu booming di pasaran karena mengusung konsep yang lebih bold dari lagu sebelumnya. 

Video musik "Kill This Love" pun menyentuh viewers dan likes yang fantastis. Sayang, KBS tampaknya kurang menyukai lagu tersebut. Bukan persoalan lirik lagu, melainkan adegan di video musik BLACKPINK.

Salah satu adegan yang dipermasalahkan oleh KBS adalah adegan menyetir Rose yang tak mengenakkan sabuk pengaman. KBS merasa adegan itu telah melanggar aturan lalu lintas dan tidak cocok ditayangkan di stasiun televisi.

5. "BOOMBAYAH" - BLACKPINK

https://www.youtube.com/embed/bwmSjveL3Lc

Menjadi lagu debut BLACKPINK, "BOOMBAYAH" telah mencapai lebih dari 1 miliar viewers di kanal YouTube resmi mereka. Kendati meraih popularitas tinggi, lagu ini tampaknya tak bisa menghindari pencekalan dari stasiun televisi Korea Selatan.

Lagu "BOOMBAYAH" dilarang untuk ditayangkan karena terdapat lirik yang tidak pantas seperti 'jari tengah ke atas' dan penyebutan salah satu merek alkohol. Alhasil, BLACKPINK menambah koleksi deretan lagu yang tidak bisa diputar di stasiun televisi.

6. "Cherry Bomb" - NCT 127

https://www.youtube.com/embed/WkuHLzMMTZM

Grup K-Pop laki-laki besutan SM Entertaiment, NCT 127 pernah tersandung isu pencekalan untuk lagu hit mereka berjudul "Cherry Bomb". Alasannya, lirik dari lagu tersebut dianggap menggambarkan unsur kekerasan dan kenakalan masa remaja.

Sebelum diputar, lagu ini dengan cepat masuk dalam daftar terlarang pihak KBS. Setelah menerima pemberitahuan, pihak agensi memilih untuk tidak mempromosikan lagu "Cherry Bomb" di KBS dan menggantinya dengan lagu lain.

7. "Dope" - BTS

https://www.youtube.com/embed/BVwAVbKYYeM

Selain lagu "Go Go", lagu BTS lain yang juga dilarang untuk disiarkan adalah "Dope". Lirik lagu yang dirilis pada 2015 silam dinilai mengandung kata-kata yang terlalu kasar.

Namun, pencekalan tersebut tidak membuat lagu "Dope" gagal mendominasi tangga lagu dunia sekelas Billboard. Bahkan, "Dope" menjadi salah satu video musik BTS yang sukses melampaui 700 juta penayangan di YouTube.

8. "Fxxk It" - BIG BANG

https://www.youtube.com/embed/iIPH8LFYFRk

Grup K-Pop generasi kedua, BIG BANG juga merasakan lagunya dilarang tayang. Salah satu lagu BIG BANG yang bermasalah adalah "Fxxk It". Tentu saja, alasan pencekalan ini karena judul lagu dan lirik lagu.

Pihak KBS menemukan kata "yangachi" yang memiliki arti gangster. Tim review lagu KBS menilai jika kata ini tidak pantas didengar oleh anak bawah umur dan disiarkan ke publik. Akhirnya, BIG BANG harus membuat dua versi lagu ini, yaitu versi rated dan unrated.

Kendati menerima pencekalan, prestasi tetap menghampiri lagu "Fxxk It". Lagu tersebut memuncaki beberapa tangga lagu Korea dan meraih lebih dari 100 juta penayangan di YouTube.

9. "Mirotic" - TVXQ

https://www.youtube.com/embed/HtJS32n6LNQ

Pelarangan tayang juga dirasakan oleh grup senior SM Entertaiment, yaitu TVXQ. Kala itu, mereka baru merilis lagu berjudul "Mirotic" di tahun 2008. Tetapi, penggunaan lirik yang provokatif dan tidak pantas didengarkan oleh anak di bawah umur membuat lagu tersebut dicekal.

Mau tidak mau, lagu "Mirotic" yang berada di mini album ke-4 TVXQ harus dilabeli khusus untuk usia di atas 19 tahun. Meski begitu, lagu ini tetap dianggap sebagai salah satu lagu terbaik sepanjang masa dan masih sering di-cover oleh grup-grup K-Pop pendatang baru.

10. "Lotto" - EXO

https://www.youtube.com/embed/tbe3pe2BtwA

Pernah viral di zamannya, lagu "Lotto" juga dilarang tayang oleh pihak stasiun televisi KBS. Kata "Lotto" dalam judul dan lirik lagu dinilai merepresentasikan salah satu merek tertentu, dan mengandung singkatan dari kata lotre.

Dengan pelarangan ini, SM Entertaiment memutuskan untuk mengganti "Lotto" menjadi "Louder" saat EXO melakukan promosi atau tampil di stasiun televisi, KBS dan MBC. Walau dilarang tayang, album Lotto EXO justru masuk ke dalam daftar 10 album teratas dunia di tangga lagu Billboard, lho.

11. "Everyday" - WINNER

https://www.youtube.com/embed/d1D1SJ-KqaQ

Kejadian yang dialami EXO kembali terulang di grup besutan YG Entertainment, WINNER. Saluran televisi dan radio milik KBS memutuskan untuk tidak menayangkan dan memutar lagu WINNER yang berjudul "Everyday".

Permasalahannya terletak di lirik lagu, tepatnya bagian rap Mino yang menyebutkan kata "Lotto". Kata itu memiliki unsur merek dan lotre. Saat dicekal, Kang Seung Yoon mengaku kecewa dengan hal ini. Pasalnya, lagu "Everyday" lolos sensor di saluran televisi lain.

Banyak juga lagu K-Pop yang terkena pencekalan dari KBS, nih. Selain lagu di atas, apakah ada lagu K-Pop lain yang juga dilarang tayang oleh stasiun televisi Korea, Bela? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar.

Baca Juga: BLACKPINK Rilis "Shut Down", 7 Hal Ini Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: Anniversary Ke-6, BLACKPINK Membocorkan Jadwal Rilis "Pink Venom"

Baca Juga: Dinyanyikan Grup Lain, 10 Lagu K-Pop Ini Sukses Besar di Pasaran