Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi masyarakat Korea Selatan dan Internasional, ketika BTS kembali berpidato dan tampil dalam Sidang Umum PBB ke-76, sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Generasi Masa Depan dan Budaya. 

Bersama Presiden Moon Jae In, BTS menyampaikan pesan inspiratif bagi generasi muda yang hidup di era pandemi COVID-19. Alih-alih menjuluki anak muda sebagai Lost Generation, BTS memilih menyebut para anak muda masa kini sebagai Welcome Generation, yang bisa menerima setiap perubahan dan hidup lebih sehat. 

Tak hanya itu, BTS juga tampil keren dengan membawakan lagu teranyar mereka, Permission to Dance. Namun selain BTS, sebenarnya ada sederet artis Hollywood yang pernah berpidato dan turut memeriahkan panggung di Sidang Umum PBB. 

Lantas, siapa saja artis Hollywood yang pernah tampil di Sidang Umum PBB sebelum BTS? Intip daftar lengkapnya di bawah ini, ya. 

1. Emma Watson

https://www.youtube.com/embed/gkjW9PZBRfk

Sebagai aktris multitalenta dan terpelajar, Emma Watson terpilih oleh PBB sebagai UN Goodwill Ambassador pada 2014. Bersama PBB, Watson mengampanyekan isu kesetaraan gender lewat aksi sosial bertajuk HerForShe

Dalam pidatonya, bintang film Harry Potter tersebut mengungkapkan pandangannya tentang perjuangan hak perempuan yang masih dicap untuk membenci laki-laki. Padahal, asumsi yang selama ini berkembang di masyarakat merupakan pandangan yang salah.

Emma Watson mengatakan, "Saya berpikir sebagai seorang aktris dan perempuan, saya berhak untuk menerima bayaran setara dengan aktor laki-laki. Saya juga berpikir jika saya berhak membuat keputusan untuk diri saya sendiri. Saya turut menghormati setiap perempuan yang terlibat dalam pengambilan keputusan penting di hidupnya. Saya berpikir jika sebaiknya perempuan diberikan rasa hormat yang setara dengan laki-laki."

2. Leonardo DiCaprio

https://www.youtube.com/embed/vTyLSr_VCcg

Tak hanya Emma Watson, tetapi aktor yang peduli tentang isu sosial ini juga pernah menyampaikan pidato singkat dalam sidang umum PPB pada tahun 2014 silam. Saat itu, Leonardo DiCaprio terpilih sebagai Duta Iklim. 

Ia menyampaikan keresahannya sebagai masyakat dunia mengenai pemanasan global yang membuat perubahan iklim dunia menjadi begitu cepat dan tidak menentu. Leo menegaskan satu buah poin penting bahwa perubahan iklim itu nyata terjadi. 

"Saya berdiri di sini bukan sebagai ahli atau peneliti, tetapi saya berdiri di sini sebagai salah satu bagian dari miliaran orang di muka bumi yang merasakan krisis iklim. Saya yakin jika umat manusia turut merasakan hal serupa, namun sering kali menganggap kampanye mengenai pemanasan global itu fiktif. Padahal, semua perubahan iklim yang terjadi akhir-akhir ini nyata."

Sebagai Duta Iklim, Leo juga melakukan banyak perjalanan keliling dunia untuk menyuarakan pentingnya menjaga bumi dari perubahan iklim dari benua Afrika hingga benua Asia, termasuk Indonesia. 

3. David Beckham

https://www.youtube.com/embed/lpQd2CLtCfI

Suami dari Victoria Beckham, sekaligus mantan bintang sepak bola ternyata pernah ditunjuk menjadi Duta Besar PBB untuk anak-anak, UNICEF sejak tahun 2004 silam. Ia hadir dan memberikan pidato di Sidang Umum PBB pada 2019 lalu dalam rangka Hari Anak Sedunia. 

Dalam pidato singkatnya, David Beckham menyinggung perihal hak, mimpi, dan aspirasi anak-anak yang selama ini terabaikan.  

"Anak-anak di seluruh dunia memimpikan masa depan yang lebih baik. Saya telah bekerja sama dengan UNICEF hampir 20 tahun dan bertemu dengan berbagai anak di seluruh dunia. Bagi saya, semua anak pantas untuk mendapat kesempatan dalam menggali potensi mereka. Saya sangat bangga terhadap anak muda yang berbicara untuk perubahan hari ini."

David berharap kisah anak-anak dari seluruh dunia, hasil perjalanannya selama ini dengan UNICEF dapat menyadarkan siapa saja tentang pentingnya melindungi kebebasan anak-anak dalam bermimpi dan memenuhi kebutuhan pendidikan mereka.

4. Beyoncé

https://www.youtube.com/embed/i41qWJ6QjPI

Musisi berparas eksotis yang terkenal dengan sejumlah lagu hitsnya pernah memeriahkan panggung di Sidang Umum PBB pada tahun 2012. Saat itu, kehadiran Beyoncé dalam rangka proses syuting video musik guna memperingkati Hari Kemanusiaan Dunia. 

Ia tampil dengan lagu yang dirilis tahun 2011 silam berjudul "I Was Here". Lagu tersebut ditulis oleh Dianne Warren dan berkisah tentang meninggalkan kenangan baik di dunia. 

"Hari Kemanusiaan Dunia merupakan kesempatan baik bagi kita semua untuk bekerja sama membuat perbedaan. Ini waktu yang tepat untuk meninggalkan jejak kita di dunia."

Pihak sekretariat PBB sendiri telah mengizinkan ruangan majelis umum digunakan oleh Beyonce sebagai tempat syuting video musik. Video musik tersebut merupakan salah satu aksi sosial yang dilakukan oleh Beyoncé. Ia juga terus memberikan dukungan kepada orang-orang yang melakukan tindakan baik untuk orang lain yang membutuhkan. 

5. Shakira

https://www.youtube.com/embed/8-3wIW1Rpiw

Pada tahun 2015, Shakira tampil anggun memakai gaun putih seraya mempersembahkan lagu "Imagine" karya John Lennon untuk Aylan dan Ghalib Kurdi, dua anak asal Suriah yang tenggelam saat melarikan diri dari kekerasan di negara asal. 

"Kita hidup di dunia di mana banyak dari kita terlahir miskin, bahkan mati karena kemiskinan. Anak-anak memiliki hak untuk berkembang, bahagia, sehat, dan aman. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mewujudkannya, kita bisa menjadi masyarakat yang turut andil memberantas kemiskinan dan memberikan kesetaraan bagi orang-orang yang kehilangan haknya di muka bumi."

Keberadaan Shakira di Sidang Umum juga untuk memohon bantuan kepada PBB agar membantu mewujudkan perdamaian untuk anak-anak di seluruh dunia. 

Nah, itulah deretan artis Hollywood yang pernah tampil di Sidang Umum PBB. Setiap artis memiliki perannya tersendiri, tapi mereka selalu menyuarakan pesan positif demi keberlangsungan hidup generasi mendatang. Keren banget, ya, Bela!

Baca Juga: Tak Ingin Eksploitasi Tubuh Perempuan, PBB Cabut Predikat Kehormatan Wonder Woman

Baca Juga: Perjalanan Emma Watson sebagai Duta Besar PBB untuk Kesetaraan Gender

Baca Juga: Bangga! 11 Potret BTS di UNGA & Kunjungan ke Museum of Art, New York