Dikenal dengan citra yang bersih dan menjadi panutan publik, kebanyakan idol Kpop memilih untuk menyembunyikan sesuatu yang bisa menimbulkan pro kontra netizen Korea, termasuk soal tato, lantaran masih dianggap tabu dan dinilai dengan konotasi negatif. 

Hal yang sama juga sering dilakukan oleh Jungkook 'BTS', anggota yang memang dikenal mempunyai beberapa tato di tubuhnya. Namun, kali ini, Jungkook 'BTS' menarik perhatian netizen Korea hingga menuai berbagai pro kontra dari mereka. 

Lantas, apa masalah yang disebabkan oleh tato Jungkook 'BTS'? Seperti apa reaksi netizen Korea terhadap tato baru Jungkook 'BTS' . 

Muncul pertama kali di acara BTS

Punya Tato Baru, Jungkook BTS Malah Kena Kritikan, Ada Apa?Allkpop.com

Di sebuah episode terbaru, Run BTS!, ketujuh anggota melakukan kegiatan memasak bersama seorang koki profesional bernama Baek Jong Won. Saat acara berlangsung, keahlian memasak Jungkook menerima pujian dari sang koki. 

Namun, ketika Jungkook harus memotong bahan makan, Jungkook tanpa sadar langsung menggulung lengan bajunya. Saat itu juga, tato baru milik Jungkook 'BTS' terkuak. Menariknya, tato tersebut terpampang jelas sehingga penggemar bisa melihat sejumlah tato di lengan kekar Jungkook.  

Tato artistik Jungkook menarik perhatian netizen

Punya Tato Baru, Jungkook BTS Malah Kena Kritikan, Ada Apa?Allkpop.com

Jungkook memang senang menato tubuhnya dengan berbagai gambar baru, tapi yang paling menarik perhatian ARMY (sebutan penggemar BTS) adalah tato bergambar mata satu yang ada ujung lengan Jungkook. 

Dari teori yang dikumpulkan oleh ARMY, tato tersebut mengingatkan mereka akan karya yang pernah dibuat oleh Jungkook, nih. Salah satu pemilik akun Twitter, @kingshadowtae mengungkapkan tato tersebut, ada hubungannya dengan hobi dari Jungkook. 

Tato bergambar satu itu menandakan ketertarikan Jungkook pada dunia fotografi. Dalam dunia fotografi sendiri, ada istilah yang dikenal sebutan red eye, yakni pantulan cahaya merah saat memotret ketika memakai flash atau lampu kilat. Itulah kenapa ada tato bergambar mata satu di lengan Jungkook saat ini. 

Nggak disensor malah kena reaksi 'panas'

Punya Tato Baru, Jungkook BTS Malah Kena Kritikan, Ada Apa?Allkpop.com

Meski penggemar dibuat terkagum-kagum dengan pilihan tato Jungkook 'BTS' yang artistik dan punya nilai seni tersendiri, namun lain halnya dengan netizen Korea, nih. Saat tato baru milik Jungkook beredar luas, tanpa adanya sensor dari komisi penyiaran Korea, respon yang diberikan netizen Korea sungguh luar biasa. 

"Aku sangat terkejut, ia memiliki begitu banyak tato. Ini sangat buruk" tulis salah satu netizen

"Aku berharap, ia mempunyai tato yang lebih baik, itu tidak terlalu cantik." imbuh yang lain.

"Tidak, Jungkook harusnya kamu tidak merusak tubuhmu sendiri dengan cara seperti ini" timpal lainnya. 

Namun, di antara kritikan yang diterima dari netizen Korea. Ada pula yang masih memberi dukungan dan mendukung Jungkook 'BTS'.

"Itu adalah tubuhnya, jadi dia bebas melakukan apapun yang ia inginkan dengan tubuhnya." 

"Ini pertama kalinya, aku melihat jenis kebencian baru terhadapnya? Setiap orang mempunyai selera yang berbeda, jadi aku rasa kalian tidak berada dalam posisi untuk bisa mengatakan apapun soal dirinya. Biarkan saja, ia melakukan apa yang disuka."

"Semakin kamu tidak bahagia, semakin besar minat kamu berurusan dengan hidup orang lain. Lol"

Terjadinya pro kontra dari netizen Korea, memang tato di Korea Selatan masih dipandang negatif dan terkesan sebagai anak 'nakal'. Kendati demikian, Jungkook sendiri merupakan idol Kpop yang sangat mencintai karya seni dalam bentuk apapun. Bagaimana pendapat kamu terhadap tato baru Jungkook 'BTS', Bela?

Baca Juga: Sosok Sensitif, Ini Arti di Balik 10 Tato Jungkook BTS

Baca Juga: 10 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Jungkook adalah 'Bayi' BTS

Baca Juga: 6 Fakta Tato Tulisan Arab DJ Joana yang Bikin Warganet Meradang