Balik Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di Tiongkok

Pulang Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di Tiongkok

Ada idol favoritmu?

Pulang Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di Tiongkok

Di industri hiburan Korea, posisi idol K-Pop tidak selalu diisi oleh orang asli Korea Selatan. Para agensi hiburan merekrut kerap orang-orang dari berbagai negara, yang bermimpi menjadi superstar di negara tersebut. Tiongkok, salah satunya. 

Tidak sulit menemukan orang Tiongkok yang menjadi idol K-Pop. Ada sejumlah nama yang cukup bersinar di dunia hiburan Korea Selatan. Namun, berbagai masalah internal hingga polemik antar negara membuat mereka harus balik ke negara asalnya, Tiongkok. 

Selama pulang kampung, para idol K-Pop ini membangun kariernya di Tiongkok. Mereka tetap menjadi superstar di negaranya sendiri. Lantas, siapa saja Idol K-Pop yang sukses berkarier di Tiongkok? Melansir dari Kbizoom, berikut daftarnya. 

1. Song Qian

Pulang Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di TiongkokTwitter.com/vicsonggalery

Debut bersama f(x) di bawah naungan SM Entertainment, Song Qian atau dikenal dengan nama Victoria Song, kembali ke negaranya, Tiongkok, sejak beberapa tahun silam. Ia mulai menata karier barunya sebagai aktris, dengan bermain di film berjudul Wished (2017). 

Sejak saat itu, kariernya melesat tajam di Tiongkok. Beberapa tawaran akting datang silih berganti. Ada lebih dari 20 drama dan film Tiongkok pernah dibintangi oleh Song Qian. Ia termasuk aktris yang aktif menjadi juri di berbagai ajang pencarian bakat di Tiongkok. 

Song Qian membuktikan dirinya sebagai aktris terpopuler di negaranya sendiri. Bayaran aktingnya mencapai Rp1,19 miliar di tahun 2015 lalu, belum termasuk dari endorsement, brand ambassador dan pemotretan majalah. 

2. Lu Han

Pulang Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di TiongkokTwitter.com/luking0420

Dirumorkan akan menikah dengan Guan Xiaotong, Lu Han kembali ke Tiongkok tak lama setelah hengkang dari EXO. Kontroversi tersebut tidak menyurutkan langkah kaki Lu Han menggapai kesuksesan lebih besar di negaranya. 

Tahun 2015, Lu Han debut sebagai solois, sekaligus aktor di Tiongkok. Di tahun yang sama, Lu Han membintangi film berjudul 20 Once Again, remake dari film Korea Selatan, Miss Granny.

Di tahun-tahun berikutnya, Lu Han laris manis membintangi berbagai drama dan film. Ia bermain di drama romansa Tiongkok berjudul Fighter of The Destiny sebagai pemeran utama dan menjadi drama dengan penayangan tertinggi.

Tahun 2017, total kekayaan Lu Han mencapai 108 Yuan atau setara Rp220 triliun. Bahkan, kekayaannya tersebut mengalahkan aktor sekelas Jay Chou dan Jackie Chan. Ia juga menjadi solois Tiongkok pertama yang meraih double platinum

3. Huang Zitao

Pulang Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di TiongkokHallyuplus.net

Mengikuti jejak Lu Han, Huang Zitao atau dikenal dengan nama panggung Tao, juga memilih hengkang dari EXO dan SM Entertainment. Ia kembali ke Tiongkok pada 2015 silam dan berkarier di kampung halamannya. 

Ia mulai banjir tawaran iklan komersil dan akting, sejak dirinya mengkukuhkan diri menjadi artis Tiongkok. Ia juga sempat menjadi brand ambassador dari sebuah games ponsel pada Juni 2015. 

Tahun 2022, Tao tengah disibukkan dengan drama Tiongkok terbaru berjudul Loving You bersama Wang Herun. Ia berperan sebagai Ke Mi, seorang presiden perusahaan obat dari Luchuan Grup. 

Meski kariernya di Tiongkok cukup mengesankan, tetapi kehidupannya juga diwarnai beberapa skandal dari memamerkan harta warisan sang ayah hingga dirumorkan berpacaran dengan Xu Yiyang.

4. Zhang Yixing

Pulang Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di TiongkokDailyexo.tumblr.com

Tidak seperti rekan terdahulunya, Zhang Yixing atau Lay masih menjadi anggota EXO hingga saat ini. Namun, ia lebih fokus pada kegiatan individunya di Tiongkok. Deretan prestasi gemilang diraih Lay sebagai seorang solois. 

Tahun 2016 menjadi penanda karier Lay sebagai aktor. Ia membintangi serial Tiongkok berjudul Mystic Nine sebagai Er Yuehong. Setahun kemudian, kiprah Lay di dunia akting berkembang pesat.

Ia didapuk bermain bersama aktor veteran Tiongkok, Jackie Chan di film Kung Fu Yoga (2017). Lay juga membagikan pengalamannya di dunia hiburan sebagai pelatih di ajang pencarian bakat, Idol Producer (2018) bersama Jackson Wang dan Cheng Xiao. 

Berdasarkan data Celebs-Now, kekayaan bersih Lay ditaksir mencapai US$10 juta atau setara Rp144 miliar. Ia pernah dinobatkan sebagai Top 10 Most Popular Celebrities di urutan ke-5 tahun 2014 oleh Baidu. 

5. Wang Yibo

Pulang Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di TiongkokCpophome.com

Di industri Korea Selatan, nama Wang Yibo masih asing di telinga penggemar. Namun, ia pernah menjadi idol K-Pop di grup Korea-Tiongkok bernama UNIQ pada 2014 dan bubar di tahun 2020, setelah kontrak eksklusif mereka berakhir. 

Wang Yibo memilih pulang ke kampung halamannya, di Tiongkok, demi mengejar karier sebagai artis serba bisa. Mulai dari pembawa acara, menari, pembalap motor profesional, penyanyi, hingga aktor. 

Anonymous menjadi film Tiongkok terbaru Wang Yibo bersama Wang Chuanjun di tahun 2022. Film tersebut berkisah tentang kehidupan para pekerja yang mempertaruhkan nyawa demi membela Tanah Air. Anonymous mengambil latar waktu antara November 1937 hingga Agustus 1945, satu hari setelah serangan Jepang di Pearl Harbour.

Tahun 2021, Wang Yibo berhasil mengumpulkan pundi-pundi keuangan hingga Rp576 miliar setahun. Ia berterima kasih kepada fans, serta Wang Han yang membantunya dalam berkarier di dunia hiburan Tiongkok.

6. Meng Meiqi

Pulang Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di TiongkokChinaentertainmentnews.com

Idol K-Pop kelahiran 1998 ini memulai kariernya bersama grup WJSN di bawah naungan Starship Entertaiment dan Yuehua Entertaiment. Ia dikenal sebagai salah satu artis perempuan muda tercantik di dunia hiburan Tiongkok. 

Sejak tahun 2018, Meng Meiqi bergabung di acara Rocket Girls 101 yang dibentuk oleh Tencent. Setahun kemudian, ia melebarkan sayapnya di dunia seni peran dan membintangi film Jake Dynasty bersama Xiao Zhan di tahun 2019.

7. Cheng Xiao

Pulang Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di TiongkokKpopping.com

Bersama Meng Meiqi, Cheng Xiao juga bergabung di grup Korea-Tiongkok bernama WJSN. Semasa menjadi idol di Korea Selatan, nama Cheng Xiao kurang bersinar di dunia hiburan. Ia memutuskan kembali ke Tiongkok, dan secara bertahap kariernya meroket di negara tersebut.

Tahun 2018, ia menjadi pelatih bersama Zhang Xiying dan Jackson Wang di Idol Producer. Dua tahun kemudian, Cheng Xiao terjun ke dunia seni peran. Detective Chinatown menjadi drama debut Cheng Xiao di Tiongkok dan beradu akting bersama Liu Haoran sebagai Lu Qingqing. 

Terakhir. Cheng Xiao membintang drama romansa Tiongkok berjudul Falling Into Your Smile (2021) bersama Xu Kai dan Zhang Xiao When. Di drama tersebut, ia memerankan karakter utama perempuan bernama Tong Yao. 

8. Lai Guan Lin

Pulang Kampung, 8 Idol K-Pop Ini Sukses Berkarier di TiongkokSoompi.com

Terakhir, ada mantan idol K-Pop dari grup Wanna One. Ia sempat bersiteru dengan Cube Entertainment dan memenangkan gugatan hukum pada pertengahan Juni 2021. Kini, Lai Guan Lin fokus berkarier di dunia hiburan Tiongkok sebagai aktor. 

Ia memulai debut aktingnya di A Little Thing Called First Love versi Tiongkok pada 2019 silam berjumlah 36 episode. Lai Guan Lin beradu akting bersama Zhao Jinmai, Wang Runze dan Chai Wei. Setelah itu, ia membintangi drama Don’t Think of Interrupting My Studies berjumlah 24 episode, yang tayang pada 10 Maret 2021 lalu.

Itulah deretan idol K-Pop yang sukses membangun karier di dunia hiburan Tiongkok. Selain mereka, adakah idol K-Pop lain yang juga sukses di Tiongkok, Bela?

Baca Juga: Ramai Dibincangkan, Ini Perbedaan Cancel Culture di Korea dan Tiongkok

Baca Juga: Mantan Bintang Cilik, 6 Aktor-Aktris Tiongkok Ini Semakin Populer

Baca Juga: Romantis hingga Horor, 5 Drama Tiongkok yang Tayang Februari 2022

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Sudah Tahu? Kalau 7 Musisi Indonesia Ini Punya Riders Nggak Ngerepotin

Sudah Tahu? Kalau 7 Musisi Indonesia Ini Punya Riders Nggak Ngerepotin

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Working Life

J-Hope BTS Kejutkan Penggemar dengan Rambut Bak Pangeran

J-Hope BTS Kejutkan Penggemar dengan Rambut Bak Pangeran