Baru saja debut dengan lagu andalannya berjudul "Black Mamba", nama grup Aespa besutan dari agensi SM Entertainment ini telah mencuri perhatian berbagai kalangan dengan konsep debut mereka yang unik. Pasalnya, mereka menggabungkan dua dunia, yakni dunia virtual dengan dunia nyata. 

Tidak hanya itu, kemampuan menari Aespa juga dinilah oleh warganet sangat mumpuni dan berkarisma. Bahkan, grup ini dijuluki bakal menjadi The Next Monster Rookie. Apakah kamu juga sependapat dengan julukan tersebut, Bela? Lalu, prestasi apa saja yang telah di dicapai Aespa di debut pertamanya ini? Ini dia daftar lengkapnya, check this out!

1. Masuk tangga musik di lebih dari 80 negara

Baru Debut, 5 Prestasi Mengagumkan Ini Diraih oleh AespaKoreaboo.com

Mendapat sambutan positif dari warganet, lagu "Black Mamba" yang rilis pada 17 November 2020 berhasil mengukir prestasi dengan masuk ke dalam tangga lagu di berbagai negara.

Berdasarkan data dari Reelscorp, Aespa sukses menciptakan rekor baru sebagai grup pendatang baru dengan menguasai tangga lagu iTunes di 48 negara dan tangga lagu Apple di 93 negara dalam waktu satu hari sejak perilisan lagu. 

2. Meraih puluhan juta views dalam waktu singkat

Baru Debut, 5 Prestasi Mengagumkan Ini Diraih oleh AespaTwitter.com/aespachart

Tidak hanya lagu, namun video musik Aespa yang mengusung konsep menarik dan penuh daya pikat ini juga menuai decak kagum dari publik. Aespa menjadi grup pendatang baru yang paling banyak dilihat video musiknya dan meraih puluhan juta viewers dalam waktu 24 jam saja. 

Malah, dalam waktu dua jam, video musik Aespa sudah mendapat 1 juta viewers dan 500 ribu likes di kanal YouTube resmi mereka. Video musik Aespa sukses mengalahkan grup perempuan lain, seperti ITZY, BLACKPINK, IZ*ONE, TXT, X1, hingga Wanna One. Sebanyak 21.4 juta viewers berhasil Aespa raih di debut pertamanya ini. Hingga saat ini, video musik tersebut sudah mencapai 57 juta viewers, lho. Keren banget, kan!

3. Berhasil masuk tangga lagu Internasional

Baru Debut, 5 Prestasi Mengagumkan Ini Diraih oleh AespaTwitter.com/aespachart

Kerennya lagi, Aespa juga menjadi grup perempuan pendatang baru dari SM Entertainment yang berhasil debut di posisi 138 tangga lagu Billboard Global 200 dan peringkat ke-100 di Excl. US. Torehan prestasi ini semakin membuktikan bahwa Aespa layak untuk dicintai dan didukung oleh publik. 

Pasalnya, grup ini sempat diragukan oleh warganet karena agensi yang memakai konsep avatar virtual untuk Aespa. Konsep inilah yang dianggap terlalu membingungkan dan menyulitkan buat grup baru. Tapi, tampaknya Aespa sukses mematahkan pandangan miring tentang debut teranyar mereka di tahun ini. 

4. Langsung memiliki nama fandom

Baru Debut, 5 Prestasi Mengagumkan Ini Diraih oleh AespaTwitter.com/aespa_official

Biasanya, nama fandom (komunitas atau kumpulan untuk penggemar yang menyukai sebuah grup), baru diberikan setelah sekian bulan atau tahun sebuah grup debut di panggung hiburan Korea. Tapi, hal ini berbeda dengan debut Aespa. 

Bertepatan dengan hari debutnya, SM Entertainment memberikan kejutan kepada publik yang telah menanti Aespa. Grup yang digawangi oleh Winter Cs ini sudah diberi kepercayaan untuk memiliki nama fandom, yakni MY. 

MY sendiri memiliki arti my precious friend atau temanku yang berharga. Keempat anggota dari Aespa juga memberikan kesan mendalam dan pesan hangat atas dirilisnya lagu debut, sekaligus penamaan fandom yang sangat spesial di hati mereka. 

5. Video latihan tarinya menuai pujian

Baru Debut, 5 Prestasi Mengagumkan Ini Diraih oleh AespaTwitter.com/aespa_official
https://www.youtube.com/embed/NU611fxGyPU

Sepekan usai debut perdananya, Aespa kembali merilis video latihan tari mereka. Berbusana hitam-putih, keempat anggota Aespa menari dengan sangat lincah dan energik. Terlihat dari video latihan tersebut, mereka berhasil menampilkan koreografi yang apik untuk lagu "Black Mamba". 

Warganet pun memuji habis-habisan keterampilan tari Aespa, "Mereka menari dengan sangat baik. Mereka juga memiliki proporsi badan yang bagus. Aku iri pada mereka." tutur salah satu warganet. "Semua orang melakukannya dengan baik, Aespa seperti tidak memiliki kekurangan." timpal yang lainnya.  

Tidak hanya menuai pujian positif, tapi video latihan tari Aespa juga mencapai 1 juta viewers dalam waktu 4 jam sejak dirilis. Kini, video tersebut telah meraih 2.6 juta viewers setelah sehari perilisan. 

Torehan prestasi yang dicapai Aespa dalam waktu singkat sungguh mengagumkan dan bakal diantisipasi gebrakan barunya di tahun depan. Apakah kamu tertarik untuk menyukai Aespa juga, Bela?

Baca Juga: Bikin Penasaran, Ini 5 Fakta dan Kontroversi aespa Jelang Debutnya

Baca Juga: Sempat Bermasalah, 5 Fakta Karina Aespa yang Diungkap SM Entertainment

Baca Juga: Punya Pesona Menawan, Inilah Deretan Fakta Unik Winter Aespa