Belum lama melangsungkan pernikahan dengan sang kekasih dan memiliki anak yang lahir tahun ini, Chen 'EXO' sudah bersiap untuk meninggalkan dunia hiburan yang telah membesarkan namanya untuk sementara waktu. 

Melansir dari Kstarlive.com, Chen 'EXO' mengonfirmasi wajib militernya, seraya mengirimkan surat kepada penggemar. Jauh sebelum itu, Chen juga memberikan hadiah sebuah lagu kepada penggemar, apabila mereka merindukan dirinya. Penggemar bisa mendengarkan lagu tersebut. Penggemar pun turut memberi dukungan kepada Chen 'EXO' yang akan menjalankan masa baktinya di pangkalan militer. 

Lantas, seperti apa surat perpisahan yang ditulis sendiri oleh Chen? Lagu apakah yang dirilis oleh pemilik suara merdu ini? Ini dia selengkapnya, Bela. 

Sempat merilis single "Hello"

Menyusul Anggota Lain, Chen EXO Resmi Wajib Militer Hari IniAllkpop.com

Sekitar dua  minggu sebelum kepergian Chen 'EXO' melaksana wajib militernya, laki-laki yang dikenal dengan suara emasnya ini mengeluarkan single berjudul "Hello" pada 15 Oktober 2020. 

Mengusung genre musik britpop, Chen seperti mengeluarkan isi hatinya setelah ia mengumumkan pernikahan dengan sang kekasih. Seperti yang diketahui, Chen sempat mendapat penolakan dan diminta untuk mengundurkan diri dari grup karena insiden tersebut oleh sejumlah oknum. 

Lagu tersebut memiliki makna tentang keraguan dan harapan yang liriknya terinspirasi dari seseorang yang menulis surat untuk mengetahui kondisi orang lain. Lagu ini pula yang menjadi penanda perpisahan Chen 'EXO' di blantika musik Kpop, sebelum menjalankan tugas wajib militernya.  

Menjadi anggota ke-4 EXO yang hiatus sementara

Menyusul Anggota Lain, Chen EXO Resmi Wajib Militer Hari IniPinterest.com

Masuknya Chen ke pangkalan militer bukanlah yang pertama kali, EXO-L (sebutan untuk penggemar EXO) telah lebih dulu ditinggal oleh anggota EXO lainnya, yakni D.O, Xiumin, dan Suho. Chen pun menjadi anggota ke-4 EXO yang hiatus sementara dari dunia musik Kpop. 

Jika tidak ada halangan, EXO-L akan kembali melihat Chen pada 26 April 2022, setelah dirinya menyelesaikan wajib militer. Kabarnya, Chen akan bertugas sebagai prajurit aktif usai menjalani pelatihan dasar militer. Namun, untuk waktu dan lokasi tugasnya dirahasiakan dari publik. 

Menuliskan surat perpisahan ke penggemar

Menyusul Anggota Lain, Chen EXO Resmi Wajib Militer Hari IniKstarlive.com

Sebelum berpisah dengan penggemar dalam waktu yang cukup lama, Chen mencurahkan isi hatinya dalam surat perpisahan yang ditulis oleh tangannya sendiri. Chen mengharapkan penggemar dalam kondisi yang sehat ketika dirinya kembali dari wajib militer nanti. 

"Halo, aku Chen. Apa kabar kalian semua akhir-akhir ini? Suhu telah berubah menjadi drastis setiap hari. Terik musim panas juga telah berakhir, berganti dengan mulainya musim gugur. Salah satu alasan diriku menulis surat kepada kalian karena aku ingin mengumumkan wajib militer dirimu pada 26 Oktober 2020. 

Dalam masa wajib militer, aku akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi tanggung jawab diriku dengan kondisi fisik dan mental yang sehat. Sehingga, aku dapat menunjukkan kepada kalian, pendewasaan dan perkembangan saat diriku kembali dan menyapa kalian lagi. Ketika saat itu tiba, aku harap kalian juga tetap dalam kondisi yang baik dan sehat seperti sekarang. Aku selalu bersyukur karena kalian dan aku mencintai kalian. Chen"

Penggemar memberi semangat untuk Chen

Menyusul Anggota Lain, Chen EXO Resmi Wajib Militer Hari IniAminoapps.com

Mendapat surat perpisahan dari sang idola, penggemar nggak tinggal diam. Mereka berusaha membalas surat Chen 'EXO' dengan memberi dukungan secara online tepat di hari pelaksanaan wajib militer Chen, 26 Oktober 2020. 

EXO-L berbondong-bondong menaikkan tagar #ThisIsNotGoodbyeChen #GoodLuckSoldierChen, dan #Jongdae untuk memberi semangat kepada Chen yang bertugas di pangkalan militer. Bahkan, ketiga tagar tersebut tengah menjadi Trending Topic di dunia dan Indonesia saat ini. 

Selamat bertugas untuk Chen 'EXO'. Semoga bisa kembali menyapa penggemar di kondisi yang sehat dan waktu yang tepat, ya, Bela. 

Baca Juga: Foto Mesranya Sempat Tersebar, Ini 9 Fakta Mengejutkan Chen "EXO" 

Baca Juga: Resmi Jadi Ayah, Ini 5 Fakta di Balik Kisah Cinta Chen 'EXO'

Baca Juga: Penuh Perjuangan, Ini 12 Fakta Lika-Liku Perjalanan Karier EXO