Dugaan bullying yang menyeret nama Nam Joo Hyuk membuat Dispatch kembali beraksi. Tindakan Dispatch kali ini menuai respon positif dan melegakan kekhawatiran warganet terkait rumor sang aktor. Sepak terjang media Korea satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga fans Korea.

Namun bagi masyarakat umum, tentu mempunyai banyak pertanyaan mengenai media Dispatch. Sekilas, Dispatch adalah media Korea Selatan yang sering membongkar rahasia para artis terutama berkaitan dengan asmara dan kontroversi. 

Tak salah, jika Dispatch disebut sebagai media paling disukai sekaligus dibenci banyak pihak. Namun belakangan ini, informasi yang disajikan oleh Dispatch dapat diterima dengan baik, karena media tersebut mengungkap kebenaran di balik sebuah rumor. 

Lantas, siapa yang pertama kali mendirikan Dispatch? Bagaimana cara kerja Dispacth hingga berhasil membuka tabir para selebritas Korea Selatan? Melansir dari Koreaboo, intip cara kerja Dispatch di bawah ini. 

Dispatch didirikan oleh mantan reporter

Mengintip Cara Kerja Dispatch, Media Korea yang Bongkar Rahasia ArtisKoreaboo.com/Kimseonho

Berawal dari kegelisahan para mantan reporter Sports Seoul, Dispatch akhirnya terbentuk. Media Korea ini mulai terkenal sejak 2018 silam, yang tidak hanya mewartakan kehidupan asmara para artis, tetapi juga lihai dalam mencari informasi dan membongkar informasi terkait skandal. 

Para mantan reporter tersebut memiliki keinginan untuk membangun media baru yang tidak terbatas pada topik yang sedang tren saja. Mereka merasa sudah banyak media konvensional yang melakukan hal tersebut, ditambah dengan ketatnya persaingan media saat itu.

Oleh karena itu, Dispatch hadir dengan cara anti-mainstream dalam memberikan informasi kepada warganet yang haus akan skandal dan gosip dari kalangan artis papan atas Korea Selatan. 

Sempat mendapat tentangan dari publik Korea

Mengintip Cara Kerja Dispatch, Media Korea yang Bongkar Rahasia ArtisKoreaboo.com

Tidak semua warganet menerima dengan tangan terbuka kemunculan Dispatch, justru mereka dianggap melanggar kehidupan pribadi artis atau idola mereka terutama fans sang artis yang skandal atau gosip asmaranya terbongkar oleh Dispatch

Lantaran hal itu, Dispatch dibenci dan muncul petisi untuk media kontroversial tersebut. Petisi itu dilayangkan pada pertengahan Juni 2018 silam dan petisi kembali muncul, setelah Dispatch berhasil membongkar hubungan Kai 'EXO' dan Jennie 'BLACKPINK' pada awal Januari 2019. 

Mengadaptasi cara kerja paparazi Hollywood

Mengintip Cara Kerja Dispatch, Media Korea yang Bongkar Rahasia ArtisKoreaboo.com/Gaslightingseoyeji

Sesuai moto mereka yang anti-mainstream, cara kerja Dispatch sempat mengadaptasi cara kerja paparazi Hollywood yang berani berhadapan langsung dengan para artis saat mengambil foto. 

"Saya melihat video paparazi Britney Spears memanggilnya dan Britney menghadap ke kamera. Jadi, saya sempat mencoba cara kerja mereka ketika berhadapan dengan salah satu pasangan artis Korea saat ketahuan berkencan," ungkap salah satu penulis Dispatch

Namun, cara kerja seperti itu ternyata tidak cocok dan Dispatch memiliki cara kerjanya tersendiri dengan mengamati artis Korea dan mengambil foto dari jarak jauh, tanpa menganggu artis tersebut. 

"Sekarang, saya lebih hati-hati dan mencoba merekam dari jarak dan mengonfirmasi hal tersebut langsung ke agensi," tambah penulis Dispatch tersebut.

Cara kerja seperti itu yang Dispatch coba pertahankan hingga saat ini. Meski cara kerja mereka masih mendapat tentangan dari warganet jika berkaitan dengan asmara artis. 

Punya rutinitas setiap tanggal 1 Januari

Mengintip Cara Kerja Dispatch, Media Korea yang Bongkar Rahasia ArtisKoreaboo.com/HyunbindanSonyejin

Dapat dikatakan, setiap tanggal 1 Januari menjadi angka 'keramat' bagi penggemar dan warganet. Di tanggal tersebut, Dispatch memiliki ritual berupa mengekspos hubungan spesial para artis Korea Selatan. 

Tak hanya membongkar, mereka juga merilis foto eksklusif yang menekankan bahwa para artis tersebut memiliki hubungan asmara. Setidaknya lebih dari 10 pasangan artis Korea sudah dibongkar oleh Dispatch

Mengintip Cara Kerja Dispatch, Media Korea yang Bongkar Rahasia ArtisKoreaboo.com/Burningsun

Hubungan asmara yang pertama kali dibongkar oleh Dispatch adalah pasangan Yoo Hae Jin dan Kim Hye Soo pada 2010. Hampir setiap tahun membongkar pasangan artis Korea, ada kalanya Dispatch absen mewartakan hubungan asmara. Hal itu terjadi di tahun 2017 dan 2020. 

Belakangan ini, Dispatch cukup aktif membongkar kasus atau skandal kontroversial yang menyeret nama artis Korea Selatan seperti kasus Burning Sun - Seungri eks 'BIGBANG', skandal gashlighting Kim Jung Hyun dan Seo Ye Ji, skandal asmara Kim Seon Ho bersama mantan pacarnya, hingga dugaan bullying Nam Joo Hyuk. 

Dengan perubahan cara kerja yang dilakukan Dispatch, banyak pihak yang berterima kasih dan bisa bernafas lega karena media Korea satu ini berhasil mengungkap kebenaran di balik rumor yang terdistrosi oleh pihak lain. 

Itulah cara kerja Dispatch di dunia hiburan Korea Selatan. Menurutmu, apakah Dispatch menganggu atau justru membantu kamu mendapatkan berita yang eksklusif dari sang artis, Bela?

Baca Juga: Dispatch Investigasi Dugaan Bullying Nam Joo Hyuk, Ini Hasilnya!

Baca Juga: Kwon Mina Tersudut, Dispatch Rilis Bukti Chat Shin Jimin Soal Bullying

Baca Juga: Dispatch Bocorkan Chat Kim Seon Ho dan Mantan Pacar, Ini Isinya!