Kehidupan para idol Kpop tak terlepas dari rentetan masalah yang menerpa, mulai dari insiden kecil sampai skandal besar sekalipun. Makanya, nggak heran kalau menjalani hidup sebagai seorang idol di Korea sungguh sulit. Tak jarang pula, karier mereka meredup bahkan hancur karena sebuah kesalahan kecil yang dilakukan. 

Bagi yang belum tahu, di Korea Selatan punya aturan yang ketat buat warganya yang mabuk tak terkendali, nggak terkecuali para idol Kpop. Kalau ketahuan mengemudi saat mabuk, maka ada hukuman yang akan menghampiri dan berimbas pada citra mereka sebagai seorang figur publik yang harusnya memberi contoh baik kepada penggemar. Nah, insiden mengemudi dibawah pengaruh alkohol kembali terjadi kepada idol Kpop. Kira-kira, siapa, ya?

1. Kangin eks 'Super Junior'

Mengemudi Sambil Mabuk, Ini Dampaknya Terhadap Karier 5 Idol Kpop Soompi.com

Tahun 2016 silam, ELF (sebutan penggemar Super Junior) dibuat kaget dengan berita dari salah satu mantan anggota Super Junior yaitu Kangin. Ia harus berurusan dengan penegak hukum setelah mobil yang dikendarainya tertangkap CCTV dam merekam ia mengemudi dalam kondisi mabuk. 

Setelah dilakukan pemeriksaan, polisi menemukan bawah kadar alkohol yang dikonsumsi oleh Kangin mencapai 0.157 persen, sehingga SIM yang dipunya oleh Kangin terancam dicabut. Nggak berhenti sampai di situ, insiden mengemudi Kangin saat mabuk itu juga berdampak pada kariernya. Kangin harus berhenti dari segala aktivitas di dunia hiburan, bahkan dari grup yang sudah membesarkannya namanya itu akibat beberapa skandal yang pernah dilakukannya. 

2. Nichkhun '2PM'

Mengemudi Sambil Mabuk, Ini Dampaknya Terhadap Karier 5 Idol Kpop Soompi.com

Salah satu anggota dari grup 2PM ini memang terkenal nggak bisa mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Sayangnya, Nickhun lupa saat menghadiri acara makan malam bersama artis di bawah naungan JYP Entertainment pada tahun 2012. Ia meneguk 2 gelas alkohol.

Hasilnya, ia harus berurusan dengan pihak kepolisian Gangnam karena mengakibatkan kecelakaan kecil pada seorang pejalan kaki. Kadar alkohol yang ditemukan di dalam daran Nichkhun sebesar 0.056%. Angka yang melampui batas normal 0.050% dan polisi pun mencabut SIM-nya. 

Walau begitu, Nickhun tetap bertanggung jawab atas kesalahannya karena membuat penggemar kecewa. Ia membayar seluruh biaya perawatan korban. Nichkhun juga merefleksikan diri dengan hiatus sejenak dari kegiatan di dunia hiburan. 

3. Jun.K '2PM'

Mengemudi Sambil Mabuk, Ini Dampaknya Terhadap Karier 5 Idol Kpop Soompi.com

Satu lagi anggota dari grup 2PM yang terseret masalah DUI (driving under influence) atau mengemudi dalam keadaan mabuk pada 10 Februari 2018. Kadar alkohol yang ditemukan oleh polisi dalam darah Jun.K sebesar 0.0074% yang mengakibatkan SIM-nya ditahan oleh pihak berwajib. 

Skandal yang menimpanya ini membuat Jun.K sangat terpukul dan memilih untuk menghentikan semua promosinya di dunia hiburan. Dua bulan berselang, Jun.K melakukan intropeksi diri dan menyesali perbuatannya dengan masuk wajib militer secara diam-diam pada bulan Mei 2018. Jun.K meninggalkan sepucuk surat permintaan maaf ke penggemar karena perilaku kurang dewasanya kala itu.

4. Youngmin 'AB6IX'

Mengemudi Sambil Mabuk, Ini Dampaknya Terhadap Karier 5 Idol Kpop Twitter.com/soompi

Baru saja dikabarkan akan comeback dengan album terbaru mereka pada tanggal 8 Juni 2020, grup ABI6X harus menelan kabar pahit yang menimpa sang leader, Youngmin. Pada 31 Mei 2020, Youngmin ketahuan mengemudi dalam keadaan mabuk. Hal ini juga telah diakui oleh Youngmin sendiri dan agensinya, Brand New Entertainment. 

Akibat keteledorannya, Youngmin mesti hiatus sejenak dari segala bentuk promosi grupnya nanti, sebagai bentuk refleksi diri dan merenungkan kesalahan yang diperbuat. Kabarnya, comeback grup pun harus mundur dari jadwal awal dan promosi hanya dilakukan oleh empat anggota saja. Wah, sayang sekali. 

5. Kim Hyun Joong eks 'SS501'

Mengemudi Sambil Mabuk, Ini Dampaknya Terhadap Karier 5 Idol Kpop Allkpop.com

Nama Kim Hyun Joong di dunia hiburan sudah tak perlu diragukan lagi. Nggak hanya mumpuni soal akting, Kim Hyun Joong juga dulunya pernah bergabung dengan grup 'SS501'. Sayang, semua karier yang dibangunnya lenyap seketika karena beberapa masalah yang dibuatnya. Mulai dari skandal dengan mantan kekasih, sampai kasus DUI yang ikut menyeret namanya.  

Pada Maret 2017 silam, Kim Hyun Joong kedapatan mengemudi saat mabuk. Sebuah rekaman CCTV, menunjukkan bahwa mobilnya sempat berhenti di tengah jalan dalam perjalanan pulang ke rumah. Kim Hyun Joong diketahui berhenti selama 15 menit sebelum pihak berwajib menghampirinya. 

Terbukti mengemudi dalam pengaruh alkohol, SIM Kim Hyun Joong pun ditahan. Saat dilakukan pengujian, kadar alkohol dalam darah mantan anggota 'SS501' mencapai 0.075 persen, lho

Semoga kejadian seperti ini nggak terulang kembali, ya, Bela. 

Baca Juga: Dukung Aksi #BlackLivesMatter, 7 Idol Kpop Tunjukkan Solidaritas

Baca Juga: Transformasi Penampilan 12 Idol Kpop Paling Pangling

Baca Juga: Mencuat Kembali, Ini Kronologi Kasus Prostitusi Lee Kyung-young