Dengan pertumbuhan musik Kpop yang mendunia, bahasa asing menjadi hal wajib yang penting untuk dipelajari, agar bisa menjangkau fans Internasional dengan baik. Nggak heran, kalau agensi hiburan Korea mulai melirik calon idol dari pasar luar negeri, nih. 

Soalnya, grup kpop dengan anggota asing di dalamnya menjadi daya tarik tersendiri yang dapat memikat penggemar dari berbagai negara. Apalagi, kalau grup tersebut mempunyai berbagai bahasa yang berbeda, tentu semakin menarik mengobrol dengan bermacam bahasa asing, kan.  

Selain menarik memiliki banyak bahasa, namun ada juga kendala yang harus mereka hadapi sebagai anggota dari grup multibahasa, lho. Nah, siapa saja grup Kpop yang punya perbedaan bahasa terbanyak? Kendala apa yang biasa mereka temui? Melansir dari Allkpop.com, berikut daftarnya. 

1. NCT

Menakjubkan, 8 Grup Kpop Ini Punya Perbedaan Bahasa Terbanyak Twitter.com/nctsmtown

Sesuai dengan slogannya, "untuk dunia! ini NCT", grup beranggotakan 23 orang anggota ini memang mempunyai tujuan untuk bisa menjangkau penggemar dari berbagai negara. Hampir setengah dari anggota berasal dari luar Korea, seperti Amerika, Jepang, hingga Thailand. 

Tidak heran, kalau mereka sering menerjermahkan sesuatu dari satu bahasa ke bahasa lain membutuhkan waktu lama soalnya ada begitu banyak bahasa yang mesti mereka pahami, mulai dari Inggris, Mandarin, Korea, Jepang, sampai Thailand. Wah, beragam sekali, ya.  

Saking beragamnya, mereka pernah mengucapkan rasa terima kasih ke penggemar di ajang musik dengan banyak bahasa sekaligus. Bahkan, mereka memiliki satu lagu berjudul "From Home" dengan empat bahasa campuran, yaitu Korea, Mandarin, Jepang, dan Inggris. 

2. WayV

Menakjubkan, 8 Grup Kpop Ini Punya Perbedaan Bahasa Terbanyak Kpopstarz.com

Menjadi bagian dari sub unit NCT, WayV yang berpusat di Tiongkok ini juga memiliki perbedaan bahasa cukup banyak. Anggotanya juga ada yang berasal dari luar Korea. Tanpa sadar, mereka sering menggunakan tiga bahasa dalam satu kalimat seperti Mandarin, Korea dan Inggris. WayV sendiri juga memiliki satu lagu bahasa campuran berjudul "Love Talk".

Nggak jarang, mereka juga memakai bahasa daerah lain, seperti Kanton. Lihat saja, video para anggota WayV yang kadang menggunakan banyak bahasa di satu waktu. Bahkan, mereka juga pernah dibuat kebingungan oleh Ten yang terkadang sering membolak-balikkan kalimat bahasa asing dan butuh waktu buat memprosesnya. Meski begitu, mereka sepertinya asyik-asyik saja mengobrol dengan banyak bahasa, ya. 

3. SuperM

Menakjubkan, 8 Grup Kpop Ini Punya Perbedaan Bahasa Terbanyak Allkpop.com

Debut di tahun 2019 silam, SuperM menjadi salah satu grup SM Entertaiment dengan anggota super berbakat, terdiri dari Baekhyun 'EXO', Kai 'EXO' Taemin 'SHINee', Taeyong 'NCT, Mark 'NCT', Ten 'NCT/WayV', dan Lucas 'NCT/WayV'. Di antara keempat anggota yang berasal dari Korea, ada tiga anggota asing yang berasal dari tiga negara berbeda, yaitu Amerika, Tiongkok, serta Thailand. 

Ketiga anggota inilah yang biasanya menyapa penggemar dalam bahasa Inggris, Mandarin, dan Thailand saat berada di acara atau wawancara Internasional. Nggak hanya bertalenta, tapi multibahasa yang dimiliki anggota SuperM menambah pesona mereka tersendiri di mata penggemar Internasional. 

4. SEVENTEEN

Menakjubkan, 8 Grup Kpop Ini Punya Perbedaan Bahasa Terbanyak Soompi.com

Tidak hanya beranggota banyak, tetapi grip besutan Pledis Entertaiment juga mempunyai banyak anggota asing dari Amerika dan Tiongkok seperti Jun, Joshua, The8, Vernon. Biasanya, para anggota asing yang akan mengartikan satu bahasa ke bahasa lainnya. 

Meski punya banyak bahasa, tetapi para anggota SEVENTEEN mengaku tidak merasakan kendala yang berarti karena mereka sudah tinggal bersama cukup lama. Lucunya, Jun yang berasal dari Tiongkok pernah mendapat telepon untuk belajar bahasa Mandarin lagi di sebuah kursus karena ia terlalu mahir berbahasa Korea. Jun sendiri sampai bingung tentang identitas budayanya setelah lama melakukan promosi di Korea. 

5. TXT

Menakjubkan, 8 Grup Kpop Ini Punya Perbedaan Bahasa Terbanyak Twitter.com/txt_bighit

Di antara keempat anggota lainnya, Huening Kai menjadi satu-satunya anggota TXT yang lahir dari Hawaii dengan darah campuran Korea dan Kaukasia. Sebagai artis asing pertama di Big Hit Entertainment, banyak penggemar Internasional merasa terhubung dengan kehadiran Huening Kai di grup tersebut. 

Pasalnya, penggemar Internasional sangat menikmati cara Huening Kai berbicara banyak bahasa, mulai dari Korea, Inggris, Mandarin, sampai Portugis. Nggak heran, kalau Huening Kai punya banyak bahasa karena kedua orang tunya juga seorang multikultural. Diketahui, ayah Huening Kai berasal dari Brazil dan pihak ayahnya juga mempunyai darah Jerman. Benar-benar, kombinasi seorang idol yang sempurna, bukan?  

6. GOT7

Menakjubkan, 8 Grup Kpop Ini Punya Perbedaan Bahasa Terbanyak Soompi.com

Tidak perlu dipungkiri lagi, keberagaman bahasa yang dimiliki oleh grup GOT7. Meski hanya ada tiga orang anggota asing, yakni Mark (Amerika), Bambam (Thailand), dan Jackson (Tiongkok) sudah membuat grup beranggotakan tujuh orang anggota ini berbicara dengan bahasa asing yang tidak terkendali.

Saking rusuhnya menggunakan bahasa asing di berbagai situasi, mereka pernah tertukar menggunakan bahasa asing, lho. Misalnya, saat salah satu anggota GOT7 ulang tahun, Youngjae yang seharusnya mengucapkan bahasa Korea malah menggunakan bahasa Inggris. 

Sebaliknya, Jackson yang berasal dari luar Korea menggunakan bahasa Inggris, malah mengucapkan selamat ulang tahun memakai bahasa Korea. Terlihat bagaimana ramainya anggota GOT7 kalau lagi memakai bahasa asing masing-masing. Sungguh tidak terbayangkan.

7. (G)-IDLE

Menakjubkan, 8 Grup Kpop Ini Punya Perbedaan Bahasa Terbanyak Pinterest.com

Memiliki dua anggota dari luar Korea, Shuhua, Yuqi dan Minnie membuat grup besutan Cube Entertainment sangat menarik karena keberagaman bahasa yang mereka miliki dan gunakan di situasi tertentu. 

Kadang, Yuqi harus menjadi penerjemah Mandarin untuk membantu Shuhua memahami apa yang terjadi di sekitarnya. Keunikan ini yang membuat penggemar jatuh hati kepada mereka. Banyak bahasa yang dimiliki mempunyai keuntungan tersendiri untuk (G)-IDLE soalnya perbedaan bahasa bisa membantu mereka merilis lagu ke dalam berbagai bahasa, sehingga penggemar Internasional bisa menikmatinya tanpa terkendala.

8. TWICE

Menakjubkan, 8 Grup Kpop Ini Punya Perbedaan Bahasa Terbanyak Koreaboo.com

Beranggotakan sembilan anggota cantik, TWICE yang debut di agensi JYP Entertaiment ini tidak semua anggota berasal dari Korea, tapi ada juga yang berasal dari Tiongkok dan Jepang. Hampir semua anggota bisa berbahasa asing berbeda, dari Korea sampai Jepang. 

Kehebohan juga terasa saat anggota luar Korea mulai berbicara bahasa mereka sendiri, dicampur dengan bahasa Korea. Tidak salah, kalau TWICE sangat populer di Jepang, karena Mina, Sana, dan Momo menjadi anggota yang cukup aktif menyapa fans di negeri sakura tersebut. Sama halnya, dengan Tzuyu yang mempunyai ratusan ribu penggemar di Tiongkok. 

Itulah deretan grup Kpop yang punya perbedaan bahasa terbaik. Ternyata, sangat menarik dan luar biasa ramai kalau punya banyak bahasa di satu grup, ya. Kalau kamu sendiri, bisa berbicara berapa bahasa asing, Bela?

Baca Juga: Ini 5 Perbedaan Antara Grup KPop Generasi Dulu dan Sekarang

Baca Juga: Deretan Idol Kpop Pria yang Masih Tinggal Bersama di Asrama 

Baca Juga: 5 Artis Idola Kpop yang Pernah Menetap di Luar Korea