Dalam sepekan terakhir, isu bullying yang menimpa idol Kpop dan artis Korea Selatan lainnya terus bertambah. Banyak fans tidak menduga bahwa sosok yang selama ini mereka kagumi ternyata melakukan tindakan kurang terpuji. 

Selain itu, beberapa fans juga mulai meragukan sifat asli para idol Kpop saat di belakang layar. Fans merasa sifat idol Kpop yang selama ini ditampilkan hanya kamuflase, namun pengakuan dari orang sekitar yang mengenal beberapa idol Kpop di kehidupan sehari-hari mengungkapkan hal yang berbeda. 

Ada sejumlah sifat idol Kpop yang justru dipuji dan dikenal sangat baik di depan atau di belakang layar. Lantas, bagaimana sebenarnya sifat idol Kpop yang dibongkar oleh orang sekitar? Siapakah orang sekitar yang berani membeberkan sifat dari idol Kpop tersebut? Check this out, Bela. 

1. Winwin 'NCT/WayV'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarTwitter.com/winwinspics

Saat bersama NCT, kamu akan melihat sifat Winwin yang terlihat menggemaskan dan manis. Namun saat di WayV, Winwin bakal memancarkan tingkah jahil dan mengayomi terhadap anggota lain.

Nah, ternyata sifat asli Winwin yang sebenarnya itu nggak jauh berbeda dengan apa yang dilihat oleh penggemar. Salah satu teman sekolah Winwin membongkar sifat anggota dari NCT/WayV ini saat siaran langsung di Instagram pribadinya,

Dong sicheng (nama asli Winwin) adalah orang dengan karakter yang sangat baik. Ia juga masih menjalin komunikasi dengan teman semasa sekolah, meski sudah terkenal di mana-mana. Aku tidak pernah melihat ia memasang wajah sedih, tidak peduli seberapa sulit masalah yang ia hadapi. 

Winwin adalah sosok yang murah senyum. Kamu harus menjaga Winwin, jika kamu benar-benar menyukainya." Bahkan, di kalangan penggemar, Winwin dikenal sebagai sosok yang hangat dan ramah.

2. Heechul 'Super Junior'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarWeheart.it

Dapat dikatakan, Heechul dari Super Junior telah menjelma dari seorang Idol Kpop menjadi pembawa acara dengan sifat jenakanya tersebut.

Ternyata, kepribadian humoris Heechul ‘Super Junior’ di layar kaca diperkuat dengan pengakuan seorang mantan pramugari yang telah berpengalaman menjamu idol Kpop dalam penerbangan selama 10 tahun. Ia membeberkan fakta bahwa Heechul sangat baik dan sempat mengajaknya bercanda. 

Heechul juga nggak segan buat berinteraksi dan menghiburnya dengan tingkahnya yang jenaka. Ia merasa, apa yang dilakukan Heechul di layar kaca bukan sekadar akting saja, tapi itulah sifat asli dari Kim Heechul. Baik dan lucu ke semua orang.

3. Suho 'EXO'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarSoompi.com

Kesan pertama melihat Suho, sang leader EXO di layar kaca pasti menduga jika ia adalah sosok yang sangat berkarisma dan pendiam. Tapi, sifat asli Suho saat di belakang layar ternyata tidak bisa diam. Fokusnya juga mudah teralihkan, karena nggak jarang Suho melakukan tarian atau nyanyian aneh saat di kelas. 

Meski begitu, Suho tidak gengsi meminta satu gigitan kimbap murah yang dimakan oleh gurunya, padahal Suho berasal dari kalangan chaebol alias konglomerat. Sifat asli Suho ini terbongkar melalui komentar seorang warganet, yang seorang guru Matematika yang pernah mengajar Suho saat SMP. 

Sementara menurut pengakuan sang manajer, Suho juga dinilai punya kepribadian yang hangat, karena ia selalu menemui anggota EXO yang merasa sedih dan menghibur mereka. 

4. Taemin 'SHINee'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarAllkpop.com

Dalam beberapa kesempatan, sifat Taemin terlihat begitu manis dan menggemaskan di layar kaca. Saat berada di grup SuperM, Taemin akan bertindak layaknya seorang hyung (panggilan untuk adik laki-laki ke kakak laki-laki) dan lebih pendiam, namun saat di SHINee, Taemin bertingkah seperti anak seusianya.

Nah, saat di belakang layar, sifat Taemin juga serupa yang ditampilkan di depan kamera. Seorang ibu dari anak yang ikut dalam acara YouTube berjudul Kids Review: Kpop Star's Career feat SHINee mengungkapkan jika Taemin sangat ramah dan hangat terhadap anaknya.

”Saat mendapat pertanyaan, Taemin mendengarkan sampai akhir lalu menjawabnya dengan hangat. Aku sudah bertemu dengan banyak orang, tapi sifat Taemin meninggalkan kesan untukku." 

Sama seperti Minho 'SHINee' yang mendapat pertanyaan tentang mendiang Jonghyun, Taemin juga menjelaskan secara baik mengenai anggotanya tersebut, "Aku hampir menangis saat Taemin begitu tenang menjelaskan Jonghyun ke anakku." Pengakuan tersebut membuktikan bahwa sifat manis Taemin tidak hanya di layar kaca saja tapi juga tercermin di belakang layar. 

5. Kim Sejeong

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarTwitter.com/_sejeongdays

Sebulan lalu, Kim Sejeong yang membintangi dramaThe Uncanny Counter, mendapat kritikan dari warganet karena sifat aslinya di depan layar kaca dipertanyakan dan dianggap sebagai settingan belaka. Warganet mengklaim bahwa Sejeong mempunyai kepribadian yang buruk. 

Tapi, tuduhan tak berdasar itu dibantah oleh staf produksi dramaThe Uncanny Counter. Dalam pengakuannya, staf produksi tersebut menuturkan jika sifat asli Kim Sejeong sangat baik dan hangat ke semua kru dan rekan aktor di lokasi syuting. Selain itu, Kim Sejeong dinilai punya inisiatif yang tinggi, sangat dewasa, serta menyapa kru dengan santun.

Pengakuan staf produksi juga diperkuat oleh seorang sumber dari dunia hiburan Korea Selatan, yang mengatakan bahwa Sejeong mempunyai sifat yang ceria. Dalam urusan kerjaan, Kim Sejeong selalu memberikan yang terbaik. Saat harus marah, Sejeong bisa mengatasi amarahnya dengan baik. 

6. Jisoo 'BLACKPINK'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarPinterest.com

Sebelum debut bersama BLACKPINK, kepribadian rendah hati Jisoo semasa sekolah cukup terkenal. Mungkin di layar kaca, Jisoo tampak pendiam, tapi sebenarnya Jisoo adalah orang dengan kepibadian yang supel dan mudah berbaur dengan orang lain. 

Sebuah komunitas daring di Korea Selatan membongkar beberapa pengakuan dari teman sekolah Jisoo saat SMP. Banyak yang menuliskan hal baik tentang Jisoo 'BLACKPINK', "Jisoo adalah orang yang baik, ramah, ceria, dan mempunyai banyak teman. Bahkan, saat tidak ada orang lain yang mengajak ngobrol diriku, Jisoo duluan yang menegur dan mengajak aku berbicara."

Makanya, tidak heran jika Jisoo sangat dicintai oleh teman sekaligus penggemarnya karena kepribadian Jisoo penuh kasih sayang, baik di depan atau di belakang layar. 

7. Suzy eks 'Miss A'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarKoreaboo.com

Pernah bergabung di grup Miss A, Suzy yang kini mengembangkan karier di dunia akting juga mempunyai sifat yang sama saat di belakang layar. Saat berhadapan dengan fans-nya, Suzy selalu memperlakukannya dengan baik.  

Tidak hanya cantik dalam berpenampilan, tapi hatinya juga demikian. Di sebuah acara Weekly Idol, Suzy dinilai memiliki karakter yang jujur. Suzy mampu membuat orang lain terpesona dengan sifat lugu dan terbukanya. Meski populer dan kaya raya, tapi kepribadiannya sangat santai.

8. J-Hope 'BTS'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarAminoapps.com

Dapat dikatakan, kepribadian anggota BTS itu tidak berbeda dengan apa yang ditampilkan di televisi. Mereka berlaku dan bersikap apa adanya, tidak terkecuali dengan J-Hope, nih.

Menurut penuturan salah satu ‘orang dalam' industri hiburan Korea yang pernah berinteraksi dengan BTS, sifat santun J-Hope setara dengan RM, "Mereka berdua setara dalam hal beretika di BTS." 

Pernyataan itu sejalan dengan kesaksian dari staf Big Hit Entertainment, "Ia memiliki sifat yang rendah hati, baik hati dan murah hati. Ia juga selalu memberikan energi positif di saat aku kelelahan dengan rutinitas pekerjaan BTS yang padat. J-Hope mampu mengeluarkan humor yang renyah dan lucu untuk membangkitkan suasana." 

9. Cha Eunwoo 'ASTRO'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarPinterest.com

Sebagai idol Kpop yang sukses menjajal dunia akting, Cha Eunwoo ‘ASTRO’ memiliki kehidupan sehari-hari yang penuh teladan sebelum debut. Ia juga dikenal dengan kepintarannya.

Nggak hanya pintar dan tampan, tapi Eunwoo juga dijuluki sebagai King of Niceness (raja dari yang paling ramah dan baik) oleh orang dalam industri hiburan Korea. Alasannya, Eunwoo memperlakukan semua orang sama dan ia senang menyapa para kru di lokasi syuting.

10. Sana 'TWICE'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarFanpop.com

Berasal dari Jepang, Sana ‘TWICE’ berusaha untuk mengikuti kultur kebudayaan Korea yang cukup ketat soal sopan santun terhadap orang yang lebih tua. Makanya, nggak heran kalau Sana dinilai sebagai salah satu anggota TWICE yang peduli dengan orang lain. 

Pasalnya, salah satu sumber dari dunia hiburan Korea Selatan mengatakan jika Sana selalu berusaha memulai percakapan lebih dulu. Sana juga berusaha mengingat percakapan terakhir yang ia ucapkan dengan orang tersebut.

12. Changmin & Yunho 'TVXQ'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarTvxqexpress.com

Nama TVXQ dengan kepribadian sopan dan menjunjung tinggi nilai kepatuhan sudah terkenal di kalangan artis junior SM Entertainment Duo Changmin dan Yunho ini kerap menegur junior atau trainee yang dianggap tidak sopan. 

Sifat sopan TVXQ nggak hanya terkenal di agensinya saja. Tapi, mereka juga terkenal di kalangan pramugari. Seorang mantan pramugari membeberkan fakta bahwa perilaku TVXQ saat di pesawat patut diapresiasi. 

Hal ini karena anggota TVXQ mau melipat selimut bekas pakai dengan rapi dan menempatkannya kembali di kursi, sebelum meninggalkan pesawat. Ditambah lagi dengan pengakuan seorang teman semasa SMP Yunho, ia pernah menjadi korban bullying hingga berencan putus sekolah. Tapi, dukungan dan rasa empati Yunho saat itu membuatnya bertahan dan bisa lulus dengan baik. Padahal, mereka bukan teman satu kelas dan jarang berinteraksi. 

12. Minhyun & Baekho 'Nu'est'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarPinterest.com

Serupa dengan anggota BTS, semua anggota Nu'est dianggap mempunyai sifat asli yang bagus baik di depan atau di belakang kamera, termasuk Baekho dan Minhyun. Sifat asli kedua anggota Nu'est ini terbongkar melalui penuturan mantan staf magang Pledis Entertainment. 

Staf magang tersebut membagikan pengalaman magangnya setelah bertemu dengan para artis besutan agensi tersebut, "Baekho adalah sosok bintang idola yang selalu membawa makanan. Tapi tidak dimakan sendirian, ia membagikan makanannya ke semua orang. Sedangkan, Hwang Minhyun mempunyai kepribadian yang sangat hangat. 

Setiap sampai di agensi, Minhyun akan pergi ke tempat kopi bersama roti panggang. Suatu ketika, aku bertemu dengannya di sana, kami tidak banyak berbicara. Harusnya, ia membuat makanan untuk dimakan olehnya, tapi saat melihat kehadiranku, ia akan bergegas membuatkannya untukku juga. Pengalamanku di Pledis sungguh memberi kenangan yang indah."

13. Sunoo 'ENHYPEN'

Marak Isu Bullying, 13 Sifat Idol Kpop Ini Dibongkar Orang SekitarKstation.tv

Terakhir, ada salah satu mantan trainee dari acara I-LAND yang kini debut bersama grup ENHYPEN di bawah naungan BigHit Entertaiment, yakni Sunoo. Meski tatapan matanya terkesan tajam, tapi seorang teman sekolah dasar Sunoo menjelaskan bahwa Sunoo sebenarnya mempunyai sifat yang ceria dan menyenangkan. 

Teman sekolah dasarnya Sunoo 'ENYHPEN' mengaku bahwa "Aku satu sekolah dengan Sunoo, yaitu di Sekolah Dasar Chilbong yang berlokasi di Suwon. Aku sangat dekat dengannya sampai kelas 5. Kami juga sering mengunjungi rumah masing-masing untuk bermain." Ia berharap dengan pengakuannya tentang Sunoo bisa membuat publik menyukai dan mendukung karier Sunoo di dunia hiburan Korea. 

Nah, itulah sederet sifat idol Kpop yang dibongkar oleh orang sekitar yang pernah mengenal, dekat, atau bekerja sama dengan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Menurut kamu, siapa lagi idol Kpop yang punya sifat baik di depan atau di belakang layar, Bela?

Baca Juga: Usai Bullying, 5 Fakta Mina Eks AOA Jadi Korban Pelecehan Seksual

Baca Juga: Terlihat Polos, 7 Potret Naeun 'April' yang Terlibat Kasus Bullying

Baca Juga: Gantikan Ji Soo, 8 Fakta Na In Woo di 'River Where The Moon Rises'