Lee Je Hoon dan Lee Ji Hoon dikenal sebagai aktor yang bertalenta. Kepiawaiannya dalam berakting tidak perlu diragukan lagi. Meski sudah bersinar dan mempunyai nama di dunia hiburan Korea, Lee Je Hoon dan Lee Ji Hoon tidak berpuas diri. 

Lee Je Hoon dan Lee Ji Hoon justru melebarkan sayapnya dengan mendirikan agensi sendiri. Tidak hanya mereka, sederet aktor Korea tampan lainnya juga telah mendirikan agensi mereka sendiri. Bahkan, beberapa artis ternama telah bernaung di bawah mereka. 

Lantas, siapa saja aktor Korea Selatan yang berhasil mendirikan agensi mereka sendiri? Yuk, intip daftar lengkapnya di sini.

1. Lee Je Hoon

Kian Bersinar, Lee Je Hoon dan 7 Aktor Korea Dirikan Agensi SendiriKoreanarea.com

Sukses membintangi drama Korea Taxi Driver, Lee Je Hoon memilih untuk meninggalkan agensi lamanya, Saram Entertainment dan mendirikan agensi sendiri. Bersama rekan-rekannya, Lee Je Hoon mendirikan agensi bernama COMPANY ON pada 21 Juni 2021. 

Melansir dari Soompi.com, perwakilan COMPANY ON mengungkapkan "Aktor Lee Je Hoon telah mendirikan perusahaan manajemen bersama dengan rekannya untuk memulai mimpi baru. Ia akan bekerja keras dan melakukan promosi di berbagai bidang, termasuk dunia seni peran."

COMPANY ON memiliki arti yang baik, ON untuk kehangatan dan keutuhan. Sementara, Company pengucapannya mirip dengan bahasa Inggris, yakni companion yang menjadi tempat untuk orang-orang berkumpul dengan visi-misi yang sama. 

2. Lee Ji Hoon

Kian Bersinar, Lee Je Hoon dan 7 Aktor Korea Dirikan Agensi SendiriHancinema.net

Delapan tahun berkarier di dunia seni peran dan membintangi banyak drama terpopuler, Lee Ji Hoon yang pernah bernaung di agensi TH Company mengambil langkah berani dengan mendirikan agensi hiburan sendiri yang diberi nama Ssom Entertainment pada 3 Juni 2021. 

Didirikannya agensi Ssom Entertainment, Lee Ji Hoon berharap bisa mendekati publik dengan sisi akting yang berbeda dan mempunyai ciri khas tersendiri. Bersama Ssom Entertainement, Ji Hoon berupaya untuk mengembangkan agensinya menjadi perusahaan yang mampu menghargai keberagaman. 

3. Lee Seung Gi

Kian Bersinar, Lee Je Hoon dan 7 Aktor Korea Dirikan Agensi SendiriHancinema.net

Meniti karier bersama Hook Entertainment selama 17 tahun, Lee Seung Gi menjadi salah satu aktor yang turut mendirikan agensi sendiri bernama Human Made bersama sang ayah pada 24 Mei 2021. 

Meski telah berpisah dari agensi lama, tetapi Lee Seung Gi tetap menjalin hubungan baik dengan Hook Entertainment. Bahkan, ia kembali berkolaborasi dengan Hook Entertainment demi mendukung proyek akting Lee Seung Gi selanjutnya. 

4. Lee Jong Suk

Kian Bersinar, Lee Je Hoon dan 7 Aktor Korea Dirikan Agensi SendiriSoompi.com

Cukup lama bernaung di bawah agensi YG Entertainment, Lee Jong Suk memilih untuk menyelesaikan kontrak eksklusifnya tahun 2018 lalu dan mendirikan agensi sendiri bernama A-Man Project. 

Nggak hanya Lee Jong Suk, tetapi Kwon Nara juga bergabung di agensi yang didirikan oleh Lee Jong Suk pada April 2018. Ia secara resmi masuk ke agensi A-Man Project pada Juni 2019 dan debut sebagai aktris.

5. Rain

Kian Bersinar, Lee Je Hoon dan 7 Aktor Korea Dirikan Agensi SendiriScmp.com

Menjadi salah satu aktor Korea Selatan serba bisa, Rain yang pernah bernaung di agensi JYP Entertainment memutuskan untuk mendirikan agensi sendiri bernama Rain Company pada Oktober 2015 silam. 

Berbeda dari agensi hiburan lainnya, Rain Company menerapkan sistem manajemen artis seperti perusahaan Amerika Serikat dengan jajaran staf yang terbaik di bidangnya. Nggak hanya mengurusi jadwal pribadi Rain, tetapi Rain Company juga mendebutkan grup Kpop baru, Ciipher pada 2020 lalu.

6. Hyun Bin

Kian Bersinar, Lee Je Hoon dan 7 Aktor Korea Dirikan Agensi SendiriTwitter.com/tukkatamickie37

Aktor yang namanya kian bersinar setelah membintangi drama Korea Crash Landing on You, ternyata Hyun Bin juga mendirikan agensi sendiri sejak 2016 silam usai kontraknya dengan O & K Entertainment berakhir. 

Bersama rekannya Kang Kun-taek, Hyun Bin menamai agensinya dengan Vast Entertainment. Sejumlah artis ternama telah bergabung dengan agensi milik Hyun Bin, yakni Lee Yeon Hee, Stephanie Lee, Shin Do Hyun, Kim Ji In, Park E Hyun, hingga Go Ha.

7. So Ji Sub

Kian Bersinar, Lee Je Hoon dan 7 Aktor Korea Dirikan Agensi SendiriSoompi.com

Dikabarkan akan kembali bermain di drama Korea Doctor Lawyer, aktor tampan So Ji Sub turut mendirikan agensi sendiri bernama 51K Entertainment. Awalnya, So Ji Sub tidak berniat untuk merekrut aktor junior di agensinya tersebut. 

Namun, agensinya malah berkembang dan diminati oleh para aktor muda. Saat ini, agensi 51K Entertainment milik So Ji Sub telah menaungi beberapa aktor berbakat seperti OK Taecyeon, Lee Seung Woo, Cha Hak Yeon, N 'VIXX', Shin Jun Seop, dan Kim Doh Yon. 

8. Song Seung Heon

Kian Bersinar, Lee Je Hoon dan 7 Aktor Korea Dirikan Agensi SendiriSoompi.com

Melejit lewat drama Korea Autumn in My Heart, Song Seung Hoon melebarkan sayap aktingnya dengan mendirikan agensi sendiri bernama Better Entertainment. Lewat Better Entertainment, Song Seung Hoon mendebutkan dua artis Korea Selatan di bawah agensinya, yakni Kim Min Jung bermain dalam drama Korea My Fellow Citizens, serta Goo Jae Yi di drama Korea Mistress

Ternyata, banyak deretan aktor Korea Selatan yang memilih untuk mendirikan agensi sendiri, ya. Apakah kamu tertarik bergabung dengan salah satu agensi di atas, Bela?

Baca Juga: Menguak Fakta Trainee Kpop di Agensi Besar: SM, JYP, Big Hit hingga YG

Baca Juga: Tak Hanya BTS, 5 Idol Kpop Ini Diberi Jabatan Penting di Agensinya

Baca Juga: Mengejutkan, Ini Cara Agensi Korea Menyelesaikan Skandal Artis!