Kemeriahan Olimpiade Tokyo 2020 turut dirasakan oleh sejumlah artis Korea Selatan. Banyak di antara mereka yang mengunggah dukungan untuk para atlet yang bertanding di ajang olahraga bergengsi tersebut. 

Hubungan antara olahraga dengan dunia hiburan Korea Selatan memang cukup erat. Pasalnya, tak sedikit artis Korea Selatan yang terkenal jago akting, dulunya merupakan mantan atlet. 

Bahkan, beberapa di antaranya pernah bergabung di tim Nasional Korea Selatan dan menyabet medali emas. Keren banget, kan. Daripada penasaran, intip langsung daftarnya di bawah ini. 

1. Song Joong Ki

Jago Akting, 10 Artis Korea Selatan Ini Dulunya Mantan AtletSbs.co.kr

Populer lewat perannya di drama Korea Vincenzo, ternyata Song Joong Ki dulunya seorang atlet skating. Olahraga tersebut ia lakukan sejak SMP sampai SMA, malahan Song Joong Ki dipercaya menjadi perwakilan Daejeon dalam ajang Pekan Olahraga Nasional Korea Selatan. 

Namun, cedera yang dialami Song Joong Ki membuatnya terpaksa berhenti dari dunia skating. Meski mimpinya menjadi atlet redup, kesuksesan lain datang ke Song Joong Ki dari dunia hiburan. Berkat akting memukaunya, Song Joong Ki masuk ke dalam daftar aktor Korea Selatan dengan bayaran termahal, lho.

2. So Ji Sub

Jago Akting, 10 Artis Korea Selatan Ini Dulunya Mantan AtletCosmo.ph

Sukses menjadi aktor, dulunya So Ji Sub pernah memiliki karier sebagai atlet di olahraga renang. CEO dari agensi 51K Entertainment ini sempat berlatih renang selama 11 tahun dan resmi bergabung di tim Nasional Korea cabang renang. 

Kerennya, So Ji Sub membawa pulang piala perunggu di ajang Olahraga Nasional Korea, lho. Meski memiliki karier cemerlang di dunia olahraga, tetapi So Ji Sub memilih berhenti dan menjadi model untuk mendapatkan uang tambahan. Sejak saat itu, suami dari Cho Eun Jung alih profesi ke dunia akting. Kini, olahraga renang hanya hobinya di waktu senggang. 

3. Sung Hoon

Jago Akting, 10 Artis Korea Selatan Ini Dulunya Mantan AtletHellokpop.com

Tidak hanya bersinar di dunia akting, tetapi Sung Hoon juga dikenal sebagai atlet berbakat Korea Selatan dari cabang renang. Ia masuk ke dalam anggota tim renang Nasional Korea dan berkompetisi pada gaya kupu-kupu. 

Selama 14 tahun, Sung Hoon bergabung di tim tersebut. Namun, karier renangnya berhenti saat ia menderita cedera tulang belakang. Sung Hoon pun beralih menjadi pelatih renang. Tak lama setelah pulang wajib militer, Sung Hoon mencoba debut menjadi aktor di drama Korea New Tales of Gisaeng bersama Im Soo Hyang dan Han Hye Rin pada 2011.

Ia menerima penghargaan kategori Aktor Pendatang Baru Terbaik di acara SBS Acting Awards. Sejak saat itu, Sung Hoon menerima banyak tawaran akting dan fokus dengan kariernya yang baru. 

4. Seo Ji Seok

Jago Akting, 10 Artis Korea Selatan Ini Dulunya Mantan AtletPinterest.com

Awalnya, memiliki karier di dunia hiburan Korea Selatan tidak terbersit di benak Seo Ji Seok. Pria kelahiran 1981 yang pernah berakting di drama Korea Unknown Woman (2017) ini, pernah berkarier sebagai atlet lari. 

Berbakat di olahraga lari, Seo Ji Seok menyabet banyak prestasi membanggakan. Ia pernah menerima empat medali emas, serta mewakili Korea Selatan saat berusia 16 tahun. Tapi sayang, langkah Seo Ji Seok mengharumkan negaranya sebagai atlet harus terhenti karena cedera yang ia alami.

5. Shin Sung Rok

Jago Akting, 10 Artis Korea Selatan Ini Dulunya Mantan AtletDramabeans.com

Siapa yang tidak terpesona dengan akting keren Shin Sung Rok di drama Korea Kairos (2020)? Aktor serba bisa ini memang sukses memikat penggemarnya, tetapi Shin Sung Rok tidak hanya jago akting. Dulunya, ia pernah menjadi pemain bola basket.

Bakat olahraganya tersebut diwarisi dari saudaranya, Shin Je Rok yang juga mahir bermain bola basket. Sebelum akhirnya, saudaranya berprofesi sebagai koki. Mengikuti jejak saudara, Shin Sung Rok juga alih profesi dari pemain bola basket menjadi aktor ternama Korea Selatan. 

6. Key 'SHINee'

Jago Akting, 10 Artis Korea Selatan Ini Dulunya Mantan AtletPinterest.com

Dikenal sebagai artis Korea Selatan serba bisa, Key 'SHINee' memang idol yang memiliki segudang prestasi, termasuk olahraga. Sebelum debut bersama grupnya, Key lebih dulu menjadi atlet Ski Air Nasional Korea Selatan. 

Ia berprestasi di bidang olahraga sejak SMP. Bahkan, Key pernah mewakili Daegu di acara Pekan Olahraga Nasional. Kemampuan olahraga Key 'SHINee' terbukti saat dirinya membawa pulang penghargaan. 

7. Yoon Doo Joon 'HIGHLIGHT'

Jago Akting, 10 Artis Korea Selatan Ini Dulunya Mantan AtletFacebook.com/doojbeast

Sebelum terkenal sebagai aktor drama Korea Radio Romance, Yoo Doo Joon pernah mengasah kemampuannya di lapangan hijau. Keterampilan sepak bola Doo Joon yang memukau membuat ia dijuluki soccer-idol oleh penggemar. 

Di masa sekolah, Doo Jon masuk ke dalam anggota tim Nasional. Lalu, pada 2014, ia diangkat menjadi duta besar kehormatan K-League. Di tengah padatnya aktivitas, sepak bola tetap menarik hati Doo Joon. Ia bergabung dalam klub sepak bola selebriti FC Men.  

8. Seung Yoon 'WINNER'

Jago Akting, 10 Artis Korea Selatan Ini Dulunya Mantan AtletTwitter.com/hwanaejimaa

Menjadi kameo di drama Korea Racket Boys (2021), leader dari grup WINNER ini sempat menekuni olahraga billiar. Dalam sebuah wawancara, Seung Yoon mengungkapkan kalau dirinya belajar bermain gitar dan billiar saat kelas 3 SMP. Ia membuktikan jika dirinya mampu menyeimbangkan antara seni dan olahraga.

Lewat Asosiasi Profesional Billiar, Seung Yoon masuk menjadi pemain billiar profesional. Melihat kemampuan Seung Yoon yang meningkat, pihak sekolah mengirimnya sebagai perwakilan Busan di kompetisi billiar Nasional. Seung Yoon juga membawa pulang penghargaan dalam ajang tersebut.

9. Song Hye Kyo

Jago Akting, 10 Artis Korea Selatan Ini Dulunya Mantan AtletKissasian.is

Dikenal sebagai ratu drama Korea, karier Song Hye Kyo berawal dari atlet skating dan sering mengikuti kejuaraan. Ia berlatih olahraga skating sejak masih anak-anak. Tapi, Song Hye memilih berhenti setelah dirinya menang kompetisi model di usia 14 tahun. 

Padahal, Song Hye Kyo memiliki potensi besar menjadi atlet Olimpiade apabila tidak berhenti secara dini menurut mantan pelatihnya. Meski impian menjadi atlet Olimpiade sirna, kini Song Hye Kyo lebih bersinar menjadi aktris papan atas. Paras awet mudanya selalu menghiasi produk kecantikan Korea Selatan. 

10. UEE

Jago Akting, 10 Artis Korea Selatan Ini Dulunya Mantan AtletSoompi.com

Buah jatuh tidak jatuh dari pohonnya, pepatah yang tepat untuk UEE, seorang idol sekaligus aktris Korea Selatan. Berasal dari keluarga pecinta olahraga, bakat tersebut menurun dari sang ayah ke UEE. 

Saat menempuh pendidikan di sekolah menengah, UEE kerap berkompetisi di Pekan Olahraga Nasional untuk cabang renang. Selepas sekolah, ia masih sering menunjukkan bakat renangnya di ajang olahraga khusus idol Kpop. Tak heran jika di usia 33 tahun, UEE masih tampak bugar dan fit, ya

Sungguh di luar dugaan, bukan? Para artis Korea Selatan ini yang dikenal jago berakting, ternyata juga berprestasi bidang olahraga. Dari daftar di atas, mana artis favoritmu, Bela? 

Baca Juga: Bikin Bangga! Ini Daftar Atlet yang Bawa Pulang Medali Olimpiade Tokyo

Baca Juga: Peraih Emas Olimpiade Termuda, Ini Momiji Nishiya yang Masih 13 Tahun

Baca Juga: Kisah Heroik Yusra Mardini, Berenang 3,5 Jam untuk Hindari Perang