Kasus kecurangan yang dilakukan oleh produser Ahn Joo Young yang menangani acara seri Produce di salah satu stasiun televisi, masih terus bergulir di Pengadilan Tinggi Seoul. Namun, kasus tersebut menemui babak baru pada 18 November 2020. 

Akhirnya, pihak pengadilan membuka nama kontestan yang menjadi korban dari kecurangan dari Ahn Joon Young. Nama kontestan tersebut tergabung dalam empat ajang pencarian bakat, yakni Produce 101 Season 1, Produce 101 Season 2, Produce 48, dan Produce X 101 yang mesti tereliminasi karena hasil perolehan suaranya dimanipulasi.

Tidak hanya mengungkap nama korban ke publik, tapi Mnet selaku pihak stasiun televisi yang menayangkan acara tersebut menjanjikan sesuatu kepada korban yang telah dirugikan. Lantas, siapa saja nama konstestan yang menjadi korban kecurangan seri Produce? Janji apa yang diberikan oleh Mnet kepada korban? Yuk, cari tahu detailnya di sini, Bela.

Terungkap nama korban manipulasi Produce

Hasil Produce 101 Dicurangi, Mnet Janjikan Hal Ini ke Korbanahgasewatchtv.com

Sebenarnya, kasus kecurangan ajang pencarian bakat Produce sudah santer terdengar dari taun 2019 silam. Pengakuan dari sang produser utama, Ahn Joon Young mengejutkan banyak pihak. Ia mengungkapkan kalau telah membuat kecurangan dengan mengubah hasil perolehan suara para konstestan. 

Setelah sekian lama, publik akhirnya diberitahu perihal nama kontestan yang terkena dampak dari kecurangan dari Ahn Joon Young. Nama tersebut yang seharusnya bisa debut di atas panggung, harus terhenti langkahnya karena hasil yang didapat tidak adil. 

Produce 101 Season 1: Kim Su Hyun & Seo Hyelin 

Produce 101 Season 2: Seong Hyun Woo & Kang Dong Ho (Baekho Nu'est)

Produce 48: Han Chowon (peringkat akhir 6) & Lee Gaeun (peringkat akhir 5)

Produce X 101:  Timothée Anzardi, Kim Kook Heon, Lee Jin Woo, Koo Jung Mo (peringkat akhir 6), Lee Jin Hyuk (peringkat akhir 7), Keum Dong Hyun (peringkat akhir 8).

Nama-nama tersebut jika tidak terjadi manipulasi, harus masuk ke dalam jajaran line-up yang debut bersama grup bentukan ajang pencarian bakat ini, seperti Wanna One, X1, dan IZ*ONE. Sayangnya, tersingkir karena ulah 'nakal' yang dilakukan oleh sang produser. 

Menghormati keputusan pengadilan

Hasil Produce 101 Dicurangi, Mnet Janjikan Hal Ini ke KorbanKoreaboo.com

Berkat kecurangan yang dilakukan oleh sekelompok orang, Ahn Joo Young, Kim Yong Bum (kepala produser), dan enam perwakilan dari agensi hiburan dijatuhi hukuman atas tuduhan kasus manipulasi suara seri Produce pada Mei 2020.

Ahn Joo Young sendiri mendapat jatah hukuman kurungan penjara selama 2 tahun dan membayar denda. Kim Yong Bum dijatuhi hukuman penjara selama 1 tahun 2 bulan. Mengingat acara ini sangat terkenal dan membuat publik semakin bereaksi keras, Mnet pun mengeluarkan pernyataan bahwa "Mnet menghormati keputusan pengadilan dan dengan rendah hati, menerima hasil dari keputusan."

Selain itu, Mnet juga mengucapkan permintaan maaf yang sedalam-dalamnya kepada kontestan yang menjadi korban dan menderita kerugian baik secara material atau immaterial. Tak hanya itu, Mnet juga meminta maaf kepada pihak keluarga kontestan yang telah terluka oleh tindakan curang yang dilakukan oleh mereka. 

Berjanji membayar kompensasi kerugian

Hasil Produce 101 Dicurangi, Mnet Janjikan Hal Ini ke KorbanSoompi.com

Tidak hanya meminta maaf, tapi tampaknya Mnet juga menjanjikan akan membayar sejumlah kompensasi untuk kontestan yang terkena dampak kecurangan. Mnet sendiri mengungkapkan kalau pihaknya bakal bertanggung jawab hingga akhir dan melakukan yang terbaik untuk mengganti kerugian. 

Meski beberapa agensi telah mengeluarkan pernyataan bahwa mereka belum menerima sejumlah kompensasi yang janjinya akan dibayarkan oleh pihak stasiun televisi tersebut. Seperti halnya, agensi Pledis Entertainment yang menjadi korban dari artis besutannya Baekho Nu'est, mengaku kalau belum menerima kontak dari CJ ENM mengenai kerugian. 

Wah, semoga Mnet segera melunasi kompensasi untuk para kontestan yang terdampak, ya. Bagaimana pandangan kamu melihat kasus kecurangan ini, Bela?

Baca Juga: Ada Yang Sampai Jadi Ojol, Ini 7 Artis Yang Pernah Alami Penipuan

Baca Juga: Disebut Penipu Licik, Ini 3 Pekerjaan Orangtua Atta Halilintar

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemenang MAMA 2019, BTS Sindir Adanya Kecurangan?