Nama grup perempuan asal FNC Entertainment, yakni AOA (Ace of Angels) kembali mencuat, bukan karena prestasinya atau comeback terbaru mereka. Tetapi, sejumlah kontroversi yang menerpa grup berjumlah empat orang anggota saat ini. 

Pengakuan dari salah satu mantan anggota mengenai ketidakadilan perlakuan yang diterimanya pada tanggal 3 Juli 2020 menambah serangkaian daftar hitam di grup tersebut. Tidak hanya satu atau dua kali, namun sederet kontroversi pernah menimpa grup Seolhyun Cs ini. Netter pun mempertanyakan masa depan AOA yang terlanjur buruk di mata publik. 

Kontroversi apa saja yang dilakukan sampai grup yang debut pada tahun 2012 ini di ambang kehancuran? Bahkan, ada netter yang menyarankan lebih baik dibubarkan saja. Yuk, simak kilas baliknya, Bela. Check this out!

1. Dinilai tidak tahu tentang sejarah Korea

Di Ambang Kehancuran, 8 Kontroversi ini Menyeret Nama AOAThekoreaherald.com

Pada tahun 2016, dua anggota AOA yaitu Jimin dan Seolhyun mendapat kritikan pedas dari netter karena dianggap hanya berparas cantik tapi tidak mempunyai pengetahuan sejarah peradaban Korea. Mengingat, kepribadian dan budaya orang Korea yang sangat menghargai dan menghormati kisah sejarah bangsanya sendiri.

Kontroversi terjadi saat Jimin dan Seolhyun diminta untuk menebak nama-nama tokoh sejarah hanya berdasarkan foto dalam program reality show, Channel AOA. Di baris pertama, tercantum foto Lee Soon Shin, Shin Saimdang, Kim Gu, Ahn Joong Geun, dan Abraham Lincoln. Keduanya dapat menebak nama tokoh Shin Saimdang dan Kim Gu namun, gagal mengenali tokoh Ahn Joong Geun. 

Netter menilai "Bagaimana mungkin anak-anak ini menjadi perwakilan Korea? Agensi mereka seharusnya memberikan pelajaran sejarah sebelum mengajarkan bahasa lain." imbuh salah satu netter. Neter lain pun menanggapi, "Kalau kau orang Korea, kau tidak mungkin tidak kenal dengan Ahn Joong Geun. Ini sudah keterlaluan. Mohon, belajar lebih banyak lagi." 

Netter juga dibuat kesal ketika mengetahui Seolhyun merupakan lulusan dari Gyeonggi Arts High School yang lokasinya berseberangan dengan taman dan patung Ahn Joong Geun, tetapi malah tidak tahu nama pahlawan yang setiap hari dilewatinya saat berangkat sekolah. 

Terlebih, saat itu Seolhyun sempat diangkat menjadi Duta Pariwisata Korea Selatan dari tahun 2016-2018. Sebagai seorang duta, netter berpendapat bahwa pengetahuan dasar mengenai sejarah penting Korea harus dimiliki agar menjadi cerminan buat masyarakat Korea. Berkat kontroversi tersebut, keduanya menjadi bulan-bulanan netter di media sosial walau mereka sudah memberikan permintaan maaf secara resmi. 

2. Terlibat skandal pacaran

Di Ambang Kehancuran, 8 Kontroversi ini Menyeret Nama AOATwitter.com/koreaboo

Beberapa bulan pasca kontroversi buta sejarah Korea, rumor pacaran Seolhyun merebak di dunia maya. Sang pelantun "Like a Cat" ini tertangkap kamera paparazzi Korea tengah berkencan dengan Zico eks Block B. 

Seolhyun dan Zico pertama kali berkenalan melalui sebuah program musik. Diketahui, keduanya memulai kencan sebagai sepasang kekasih pada bulan Maret 2016, dan beberapa kali kepergok kencan dengan mengendarai mobil, pergi ke sungai Han, atau hanya tinggal di apartemen Zico. 

Dalam sebuah foto yang tersebar luas di dunia maya, Seolhyun sempat terlihat berlari ke apartemen Zico dengan pakaian yang berbeda-beda. Namun, hubungan keduanya tidak berjalan lancar. Mereka dikabarkan putus setelah kurang lebih menjalin hubungan asmara selama 5 bulan. 

Usai dua tahun putus dari Zico, kabar tak sedap kembali menghampiri Seolhyun, editan foto tanpa busana dirinya menyeruak dan sempat diduga berasal dari ponsel mantan kekasihnya yang hilang. Setelah dilakukan penelusuran, foto editan tersebut dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

3. Mencoreng kesan baik leader, Jimin keluar

Di Ambang Kehancuran, 8 Kontroversi ini Menyeret Nama AOATwitter.com/silverbullet018

Mencoreng kesan baik sebagai seorang leader, Jimin akhirnya meminta maaf kepada Mina dan merilis sebuah permintaan maaf di akun Instagramnya secara resmi. Namun, situasi menjadi semakin tidak terkendali kala Jimin diketahui tidak tulus meminta maaf kepada Mina melalui unggahan di akun Instagram milik Kwon Mina. 

Bahkan, Mina membongkar aib Jimin yang pernah membawa seorang pria ke asrama AOA untuk berhubungan badan. Padahal, di asrama tersebut tidak hanya Jimin yang tinggal melainkan anggota AOA yang lain. Jimin juga diketahui pernah mengambil hadiah pemberian penggemar buat Mina dari salah satu penggemar yang berbicara di komunitas online. Mereka juga mengungkap perilaku buruk Jimin di masa lalu.

Netter pun semakin geram dan mengkritik habis-habisan leader AOA tersebut. Mau tidak mau, pihak agensi melakukan tindakan tegas untuk menghindari skandal bullying yang berkepanjangan. FNC Entertainment mengumumkan kalau Jimin keluar dari AOA dan akan menghentikan semua aktivitasnya di dunia hiburan pada tanggal 4 Juli 2020. 

4. Satu persatu anggota meninggalkan grup

Di Ambang Kehancuran, 8 Kontroversi ini Menyeret Nama AOAAllkpop.com

Tidak hanya Jimin yang keluar dari AOA baru-baru ini, namun ada tiga anggota lain yang sudah lebih dulu meninggalkan grup. 

Pertama, Youkyung yang memulai debutnya bersama AOA Black (sub unit dari AOA) pada tanggal 30 Juli 2012 sebagai penabuh drum, lalu memutuskan keluar dari grup dan agensi pada bulan Oktober 2016. Kini, ia bekerja sebagai seorang instruktur di akademi drum dan bergabung dengan band indi bernama P.AZIT dengan posisi yang sama di grupnya terdahulu. Ia juga rajin membagikan video cover drum di kanal YouTube-nya. 

Saat kasus perundungan Mina merebak, Youkyung sempat mengunggah satu foto dengan caption cukup ambigu di akun Instagramnya @drrrr.youkyung, "Jujur, semuanya tampak sama bagiku kala itu. Aku tidak bisa melupakan mata mereka yang diam saja. Aku ingin membunuh rasa sakit yang aku rasakan. Namun, aku tidak akan berhenti untuk orang yang aku cintai. Jadi, aku akan bilang kalau aku baik-baik saja sampai aku melihat cahaya." Melalui pesan tersebut, banyak netter berspekulasi bahwa Youkyung juga korban perundungan Jimin. 

Kedua, Choa yang berposisi sebagai vokalis utama dan debut di tahun 2012 memilih hengkang dari grup pada tahun 2017. Ia terlibat skandal asmara dengan seorang direktur game bernama Lee Suk Jin. Heechul Super Junior menjadi sosok yang memperkenalkan Lee Suk Jin dengan Choa, namun Heechul tidak mengetahui kalau perkenalan tersebut berkembang ke arah yang lebih serius. Choa juga menghapus semua foto di akun Instagramnya dan beberapa kali tidak tampil di acara grupnya. Sejak saat itu, Choa memutuskan vakum dari dunia hiburan.  

Terakhir, ada Kwon Mina yang tidak memperpanjang kontrak dengan grup dan agensi pada taun 2019 silam dengan alasan ingin mengejar karier sebagai seorang aktris. Hanya dalam waktu singkat, AOA kehilangan tiga orang anggotanya. 

5. Kemenangan yang bermasalah di Music Bank

Di Ambang Kehancuran, 8 Kontroversi ini Menyeret Nama AOAThebiastlist.com

Tidak hanya soal kontroversi anggota, grup besutan FNC Entertainment ini juga sempat menerima kemenangan yang bermasalah dari program musik KBS, Music Bank. Pada tanggal 27 Mei 2016, beberapa grup perempuan termasuk AOA dan TWICE bersaing memperebutkan posisi pertama dalam acara tersebut. 

Di akhir acara, AOA dinyatakan sebagai pemenang di minggu itu dengan perolehan poin sebesar 6.400 untuk lagu terbaru mereka, "Good Luck". Tak lama kemudian, sejumlah netter menemukan kejanggalan dalam perhitungan poin dan menganggap kemenangan yang diterima AOA bermasalah. 

Pihak Music Bank akhirnya mengunggah permintaan maaf dan mengakui kalau ada kelalaian dari staf yang bertugas dalam menghitung skor kemenangan. Kemenangan AOA di tahun itu dianulir dan piala tersebut menjadi hak milik TWICE. Selain itu, AOA yang telah lama malang-melintang di dunia hiburan, ternyata baru pertama kali menerima gajinya setelah tiga tahun debut, lho.

6. Kesehatan mental anggota memburuk

Di Ambang Kehancuran, 8 Kontroversi ini Menyeret Nama AOAPinterest.com

Pasca mencuat aksi bullying di grupnya terdahulu, nama Choa yang hengkang di tahun 2017 kembali menjadi perbincangan. Beberapa netter melakukan penelusuran terhadap akun Instagram Choa, @queenchoa_ ditemukan fakta bahwa Choa mengikuti semua akun Instagram anggota AOA termasuk Chanmi dan Mina yang merupakan mantan anggota, tetapi tidak dengan Shin Jimin. 

Selain itu, perginya Choa dari grup juga tidak hanya soal skandal asmara. Tetapi, ada masalah kesehatan mental yang Choa derita, yakni depresi dan insomnia. Netter menduga kalau Choa juga masuk daftar korban perundungan dari Jimin, sang leader.

Sayangnya, Choa tidak memberikan alasan pasti mengenai kesehatan mentalnya tersebut. Berbeda dengan Choa, Mina yang jadi korban akhirnya berani membuka apa yang dialaminya selama hampir 10 tahun. Mina sendiri menderita gangguan kecemasan dan sempat berpikir untuk mengakhiri hidup.

7. Pembagian gaji yang saling bertolak belakang

Di Ambang Kehancuran, 8 Kontroversi ini Menyeret Nama AOAWowkeren.com

Perihal pembagian gaji antara anggota memang hal pribadi yang tak sepatutnya diumbar kepada publik karena akan menimbulkan polemik dan kesalahpahaman di kubu penggemar.

Namun, Seolhyun terlanjur berucap kalau dirinya membagi secara rata pendapatannya termasuk aktivitas solo kepada anggota AOA dalam sebuah acara. Benar saja, ucapan itu menjadi isu panas di antara netter, banyak yang menganggap kalau anggota AOA memanfaatkan Seolhyun.

Demi menghindari spekulasi tidak berdasar, Choa memberi klarifikasi yang bertolak belakang dengan statement Seolhyun kala itu. Choa mengungkapkan kalau tidak benar jika Seolhyun membaginya secara merata. Choa juga mengatakan kalau hal tersebut telah ditanyakan kepada Seolhyun dan ia mengatakan kalau ia tidak mengetahui apapun secara detail mengenai kontrak, karena dirinya masih terlalu muda. 

8. Agensi dinilai lambat menangani kasus AOA

Di Ambang Kehancuran, 8 Kontroversi ini Menyeret Nama AOAdkpopnews.foyooh.com

Satu persatu kontroversi AOA di masa lalu terbuka. Melihat kejadian Mina yang baru terungkap saat ini membuat netter berang dan menilai agensi sangat lambat menangani kasus yang menimpa grup besutannya tersebut. 

Netter menganggap kalau agensi sebenarnya tidak peduli sama sekali dengan para anggota. Agensi juga terkesan tidak peduli dengan kondisi finansial atau kesehatan mental mereka.

Selain itu, terungkap pula sisi kelam Chanmi yang kurang mendapat perhatian dari agensi. Netter teringat wawancara Ibu Chanmi AOA dengan media Hankook Ilbo pada tahun 2019 yang membeberkan kalau Chanmi tidak mendapat bayaran cukup lama.

Chanmi juga mengalami depresi berat dan pernah menghilang dari agensi. Chanmi sebenarnya ingin meninggalkan agensi tetapi ia harus membayar kembali tiga kali lipat dari jumlah uang yang telah diinvestasikan ke dalam kariernya. Oleh karena itu, ia mengurungkan niatnya. Selama hampir 2 bulan, Chamin tidak ingin menatap atau berbicara kepada ibunya. Bahkan ibunya sendiri khawatir jika anak terjun dari asramanya.

Wah, sayang sekali karier cemerlang yang mereka ’pupuk’ sejak debut harus berantakan karena skandal. Bagaimana menurutmu, Bela?

Baca Juga: Alami Bully dari Anggota, Mina eks AOA Alami Tekanan Selama 10 Tahun

Baca Juga: Mengemudi Sambil Mabuk, Ini Dampaknya Terhadap Karier 5 Idol Kpop 

Baca Juga: Terlibat Skandal, 5 Leader Kpop Keluar demi Nama Baik Grup