Kabar membanggakan baru saja datang dari grup Kpop mendunia, BTS. Pada 18 November 2020, BTS kembali mencetak rekor baru di dunia musik Internasional melalui albumnya yang bertajuk 'Map of the Soul:7'. 

Menariknya, album yang telah rilis pada bulan Februari 2020 lalu tersebut, masih mencuri perhatian publik. Bahkan, Asosiasi Industri Rekaman Amerika atau RIAA memberikan sertifikasi terbaru untuk grup besutan Big Hit Entertainment. 

Kabarnya, BTS juga menjadi artis Kpop pertama yang memiliki album bersertifikasi luar negeri. Keren banget, kan. Lantas, sertifikasi apa yang diterima oleh BTS? Lagu apa saja yang berhasil menerima sertifikasi platinum dari negeri Paman Sam tersebut? Cari tahu selengkapnya di sini, Bela.

Menerima sertifikat platinum dari luar negeri

BTS Cetak Rekor, 'Map of the Soul: 7' Raih Sertifikasi dari AmerikaAmazon.com

Melansir dari Soompi.com, baru-baru ini, sebuah asosiasi musik di Amerika mengumumkan bahwa BTS kembali menerima sertifikasi platinum untuk albumnya yang rilis pada bulan Februari 2020 lalu, yang menampilkan lagu "ON" sebagai lagu andalan mereka di album ini.

Adanya sertifikasi Platinum tersebut berhasil membuat nama BTS kembali harum. Pasalnya, kini BTS menjadi artis Korea pertama yang mendapat sertifikasi Platinum di Amerika Serikat dengan dua album sekaligus.  

Artis Kpop pertama dengan Platinum di Amerika

BTS Cetak Rekor, 'Map of the Soul: 7' Raih Sertifikasi dari AmerikaDkpop.com

Nggak hanya lewat album 'Map of the Soul: 7', namun sebelumnya BTS juga menobatkan dirinya sebagai artis Korea pertama yang memiliki album bersertifikasi platinum di Amerika Serikat pada awal tahun 2020 ini, lho. 

Grup yang digawangi oleh RM Cs ini berhasil meraih sertifikasi tersebut melalui album mereka yang bertajuk 'Love Yourself: Answer'. Tentu bukan hal yang mudah untuk meraih sertifikasi bergengsi tersebut, karena untuk menerima sertifikasi platinum resemi dari RIAA. Album tersebut harus terjual hingga 1 juta unit album yang setara di Amerika Serikat. 

Namun, BTS berhasil melampaui itu semua. Bahkan, album 'Map of the Soul: 7' menjadi album paling laris penjualannya. Hanya dalam waktu sembilan hari sejak dirilis ke pasaran, album lengkap keempat BTS sukses menduduki peringkat teratas Gaon Chart dengan penjualan mencapai lebih dari 4 juta keping album. 

Memegang sertifikat platinum lewat lagu lainnya

BTS Cetak Rekor, 'Map of the Soul: 7' Raih Sertifikasi dari AmerikaDbkpop.com

Selain album musik, lagu-lagu BTS lainnya juga mendapat apresiasi yang luar biasa di kancah musik Internasional, nih. Terbukti, tiga single BTS seperti "IDOL", "Boys With Luv" ft Halsey, dan "Mic Drop" turut memiliki sertifikasi Platinum dari Amerika Serikat, Bela. 

Sementara, untuk album 'Map of the Soul: Persona', BTS berhasil mengantongi sertifikasi Gold, begitu juga dengan single dari "Fake Love" dan "DNA". 

Nggak salah jika BTS dikenal sebagai grup dengan lagu-lagu yang mendominasi baik di Korea atau Internasional, ya, Bela. Selamat atas torehan prestasi barunya untuk BTS!

Baca Juga: Dulu dan Sekarang, Ini Foto Anggota BTS Ketika Masih Kecil

Baca Juga: Tampil Memukau, BTS Cetak Rekor di Billboard Music Awards 2020

Baca Juga: Bikin ARMY Terharu, Inilah 7 Pesan Mendalam BTS di MAP of The Soul One