Setelah menunggu dua tahun, akhirnya BTS dapat bertemu kembali dengan ARMY di Los Angeles dalam rangka konser 'Permission To Dance On Stage' pada 27-28 November lalu. Para anggota mempersiapkan banyak momen tak terlupakan demi memuaskan penggemar di atas panggung SoFi Stadium. 

Namun di tengah kemeriahan konser BTS 'Permission To Dance On Stage', ARMY Internasional merasa khawatir dengan kondisi konser yang sempat tidak terkendali. Hal tersebut mengingatkan ARMY akan tragedi konser Travis Scott pada 5 November 2021 yang berlangsung ricuh dan menelan korban jiwa.

ARMY sangat menyayangkan prosedur dari pihak penyelenggara yang diduga belum siap menangani konser besar sekelas BTS. Sebenarnya, apa yang terjadi? Bagaimana kondisi konser BTS 'Permission To Dance On Stage' di SoFi Stadium pada hari pertama? Berikut ulasannya.

ARMY memadati area konser di SoFi Stadium

Bikin Fans Khawatir, Ini Kondisi Konser BTS 'PTD' di SoFi StadiumTwitter.com/briceidamonser1

Pada konser hari pertama (27 November 2021), para penggemar sangat antusias dengan konser BTS di SoFi Stadium. Mereka memadati area konser sepanjang hari dengan harapan dapat membeli beberapa merchandise resmi khas BTS dan bertemu sesama ARMY yang datang ke konser tersebut. Sebenarnya, ada banyak spot foto menarik yang dapat diunggah ke media sosial. 

ARMY sendiri memuji kemegahan konser BTS 'Permission To Dance On Stage' di SoFi Stadium. Namun menjelang waktu konser, kericuhan dan kekacauan mulai terjadi di dekat pintu masuk stadium. Banyak keteledoran dari pihak penyelenggara yang ARMY rasakan saat itu. 

Staf SoFi Stadium diduga lalai menjalankan prosedur

Sebelum memasuki stadium, penonton diberitahukan oleh staf SoFi Stadium di lapangan hanya diperbolehkan masuk kurang dari satu jam sebelum waktu konser. Namun, yang disayangkan oleh ARMY adalah staf promotor lalai dalam menjalankan prosedur konser tatap muka selama pandemi COVID-19. 

Beberapa ARMY membagikan kisah di balik konser megah BTS 'Permission To Dance On Stage' di media sosial mereka. Staf tidak lagi memeriksa tiket, isi tas, atau kartu vaksinasi yang seharusnya dilakukan oleh mereka sebelum para penonton memasuki ruangan konser.

Parahnya, ada seorang staf penyelenggara di salah satu pintu masuk yang mengizinkan semua orang masuk tanpa diperiksa dengan catatan penonton tidak saling mendorong. Hal tersebut diketahui dari video anonim yang dikirim salah satu ARMY ke akun Twitter pribadinya.  

Ada penonton VIP yang tidak memiliki tiket

Kondisi meresahkan juga dibagikan oleh beberapa ARMY yang telah memasuki SoFi Stadium. Mereka mengirim cuitan yang mengungkapkan bahwa ada banyak orang-orang di bagian VIP yang tidak memiliki tiket konser, namun orang-orang tersebut berhasil masuk melalui kerumunan dan menghindari pemeriksaan staf yang tidak ketat. 

Saat di dalam stadium pun, ARMY tidak dapat menikmati konser 'Permission To Dance On Stage' karena kegaduhan yang dibuat oleh fansite. Para fansite menempelkan kamera besar mereka di pundak ARMY lain yang menonton. Salah satu ARMY sempat menegur seorang fansite BTS, namun tidak digubris. 

Waktu konser BTS mengalami keterlambatan

Tidak hanya lalai dalam menjalan prosedur, namun konser BTS 'Permission To Dance On Stage' yang seharusnya berjalan tepat waktu. Malahan, mengalami keterlambatan selama satu jam karena terjadinya lonjakan penonton yang mengantre dan kurangnya kesigapan staf SoFi Stadium dalam mengatur kondisi di lapangan.

ARMY melakukan koordinasi dengan SoFi Stadium

Setelah mengalami serangkaian kejadian kurang menyenangkan, beberapa ARMY berinisiatif melakukan koordinasi dengan tim manajemen dan keamanan dari pihak penyelenggara. SoFi Stadium menyambut baik masukkan dari ARMY dan berjanji memperbaiki situasi yang sempat tidak terkendali pada 27 November 2021.  

Janji SoFi Stadium untuk memperbaiki kekacauan ditepati pada hari kedua konser (28 November 2021). Para penonton merasa lebih aman saat tiba di lokasi dibandingkan hari pertama. SoFi Stadium juga menambah personil di lapangan yang siap membantu para penonton. Staf juga membagikan botol mineral kepada penggemar yang telah mengantre untuk mendapatkan merchandise BTS. 

ARMY berharap staf SoFi Stadium lebih sigap

Bikin Fans Khawatir, Ini Kondisi Konser BTS 'PTD' di SoFi StadiumTwitter.com/keepclmnkerrion

Mengingatnya adanya tragedi konser musik ASTROWorld, ARMY Internasional berharap staf SoFi Stadium dapat lebih sigap menangani 'lautan' manusia yang akan memadati konser BTS 'Permission To Dance On Stage' pada 1-2 Desember mendatang. 

Apalagi, kondisi dunia belum sepenuhnya pulih dari pandemi COVID-19, seharusnya ada lebih banyak persiapan yang dilakukan untuk menggelar konser Kpop dengan penggemar yang luar biasa. 

Semoga kondisi kurang menyenangkan yang terjadi di konser BTS 'Permission To Dance On Stage' tidak terulang lagi di hari berikutnya, ya, Bela. 

Baca Juga: BTS Bersiap Konser Offline, Intip Potret Megah SoFi Stadium di Amerika

Baca Juga: Semua Member BTS Secara Resmi Mengajukan Izin Penundaan Wajib Militer

Baca Juga: Yakin Fans Setia RM 'BTS'? Cek Pengetahuanmu di Kuis Ini