Nama TREASURE sendiri sudah banyak diperbincangkan oleh penggemar di dunia maya. Grup baru besutan YG Entertainment digadang-gadang akan menjadi monster rookie berikutnya mengalahkan grup baru Kpop lainnya. 

Hal ini, tentu bukan tanpa alasan, para penggemar di seluruh dunia saat ini tengah bersiap menyambut kehadiran debut mereka, sejak acara YG Treasure Box berakhir pada Januari 2019. Kabarnya, ini menjadi grup laki-laki pertama dengan jumlah anggota terbanyak di agensi hip-hop tersebut. Mereka juga akan melangsungkan debutnya hari ini, 7 Agustus 2020. 

Kira-kira, apa yang menarik dari grup tersebut, sampai penggemar begitu antusias menanti jadwal debut para pria tampan ini? Berikut faktanya. 

1. Memiliki jumlah anggota melebihi iKON

Bersiap Debut, 6 Fakta Menarik TREASURE yang Dinanti PenggemarAllkpop.com

Di YG Entertainment sendiri, grup dengan anggota terbanyak dipegang oleh iKON saat ini, yakni berjumlah enam orang. Namun, posisi ini akan bergeser ke TREASURE. Cukup mengejutkan memang, pasalnya jumlah anggota dari grup baru berjumlah 12 orang. 

Malahan, awalnya grup baru ini memiliki 13 orang anggota dan akan membentuk dua sub-unit. Tetapi, salah satu anggota bernama Ha Yoobin memilih hengkang karena alasan pribadi. Hal inilah yang membuat grup tersebut sangat unik karena biasanya, YG hanya membentuk grup dengan anggota yang sedikit, seperti  BIGBANG, 2NE1, WINNER, hingga BLACKPINK.

2. Memiliki personel yang sudah merilis single

Bersiap Debut, 6 Fakta Menarik TREASURE yang Dinanti PenggemarKpopchart.net

Sebelum resmi debut, anggota kelahiran tahun 2002 bernama Bang Yedam telah merilis lagu solo berjudul "Wayo" pada 5 Juni 2020. Lagu tersebut dirilis sebagai hadiah YG Entertainment kepada trainee terlama mereka. 

Boleh dibilang, Bang Yedam adalah kartu AS YG Entertainment karena ia memulai pelatihan sejak tahun 2013 setelah menjadi runner-up dalam acara K-Pop Star season 2. Kerennya, video Bang Yedam saat cover lagu Shawn Mendes, "There’s Nothing Holdin Me Back "di acara Stray Kids pada 2017, telah ditonton 35 juta kali di YouTube. Nggak heran, kalau pujian selalu datang dari Yang Hyun Suk.

3. Pembentukan grup bermula dari ajang survival

Bersiap Debut, 6 Fakta Menarik TREASURE yang Dinanti PenggemarKpopchart.net

Nggak jauh berbeda dengan grup seniornya, TREASURE juga terbentuk dari ajang survival. Sebelumnya, YG juga melakukan hal yang sama untuk proses pembentukan iKON dan WINNER. kedua grup tersebut berjuang melalui ajang WIN: Who is Next.

Nah, TREASURE juga demikian. Hampir tiga puluh peserta pelatihan berjuang demi mencapai TREASURE dalam acara YG Treasure Box dari Novermber 2018 sampai Januari 2019. 

Lalu, mereka dipisahkan menjadi beberapa kelompok. TREASURE A adalah trainee dengan masa pelatihan terlama dan siap debut, TREASURE B merupakan trainee baru yang berpotensi, TREASURE C menjadi trainee yang termuda, hingga terakhir ada TREASURE J yang merupakan unit Jepang di YG Entertainment. Wah, rumit yang sistemnya!

4. Menjadi grup dengan biaya produksi termahal

Bersiap Debut, 6 Fakta Menarik TREASURE yang Dinanti PenggemarSoompi.com

Menjelang detik-detik debut, YG Entertainment menyiapkan video musik TREASURE yang istimewa buat penggemar. Pasalnya, video musik tersebut diduga paling mahal dibandingkan video musik dari grup YG Entertainment lainnya. 

Beranggota dua belas orang anggota membuat pihak manajemen YG menghabiskan 52 jam secara kontinyu untuk memproduksi video musik TREASURE secara berkualitas. Tentu, biaya produksi yang dikeluarkan tidak sedikit, kan? Hhmm, jadi makin nggak sabar menanti video resminya, nih

5. Memiliki anggota yang berasal dari luar Korea

Bersiap Debut, 6 Fakta Menarik TREASURE yang Dinanti PenggemarTwitter.com/soompi

Jika sebelumnya BLACKPINK telah memiliki anggota dari Thailand, maka giliran TREASURE yang menjadi grup laki-laki pertama yang mempunyai anggota di luar korea. 

Sebanyak empat orang anggota TREASURE berasal dari Jepang, yakni Haruto, Mashiho, Yoshinori, dan Asahi. Keempat anggota Jepang ini mempunyai kemampuan unik, ada yang jago dalam gerakan akrobatik, lho.

6. Mencetak rekor penjualan sebelum debut

Bersiap Debut, 6 Fakta Menarik TREASURE yang Dinanti PenggemarKpopchart.net

Belum memulai debut resminya, tetapi minat publik terhadap grup yang satu ini sungguh luar biasa. Pada 31 Juli 2020, YG Entertainment mengungkapkan kalau single debut TREASURE berjudul "The First Step: Chapter One" telah melampaui 100.000 pre order dalam waktu dua hari saja. 

Besarnya jumlah tersebut menjadikan TREASURE sebagai grup rookie YG Entertainment yang mencetak rekor penjualan terbanyak sebelum debut. Selain itu, TREASURE juga berhasil menduduki chart Social Billboard Top 50. Daebak! 

Kabarnya, kedua belas anggota grup besutan YG Entertainment ini akan melakukan debut pertama di acara musik SBS Inkigayo pada 9 Agustus 2020 dengan judul lagu "BOY".

Apakah kamu juga menanti debut dari grup TREASURE, Bela? 

Baca Juga: Memulai Debut Akting, Jaehyun NCT Bakal Menjadi Pemeran Utama?

Baca Juga: Salut, 7 Selebriti Ini Debut untuk Bantu dan Lunasi Hutang Keluarga

Baca Juga: Sadar Nggak, 7 Film Korea Ini Dibintangi Sederet Idol Kpop Lho!