Dibintangi oleh sederet idol Kpop ternama, drama Imitation mengisahkan tentang kehidupan para idola di dunia hiburan dan diharapkan bisa mencuri perhatian di episode perdananya. Namun sayang, harapan itu tidak sejalan dengan hasil yang didapat. 

Tayang pada 7 Mei 2021, drama Imitation malah memperoleh hasil yang tidak memuaskan. Meski, diperkuat dengan sejumlah nama bintang idola dari Yunho & Jongho 'ATEEZ', Jung Ji So, Lim Na Young eks 'IOI', Jiyeon 'T-ARA', Lee Jun Young, hingga Hwiyoung dan Chani 'SF9'. 

Bertaburnya bintang di drama ini harusnya bisa membuat Imitation lebih bersinar. Lantas, apa yang menjadi penyebab drama Imitation tidak sesuai harapan? Apakah berkaitan dengan alur cerita? Atau, ada alasan lain di balik sepinya penonton drama Imitation? Intip penjelasnnya di bawah ini. 

Meraih rating terendah

Baru Tayang, Ini Penyebab KDrama 'Imitation' Tak Sesuai HarapanHancinema.net

Diketahui, drama Imitation baru menayangkan episode awalnya di hari Jumat lalu (7 Mei 2021). Tetapi, episode perdana drama tersebut tidak cukup mampu menaikkan perolehan rating selama penayangan. Drama bertabur bintang ini mesti menerima kenyataan pahit bahwa episode awal mereka mencatat rating yang sangat rendah.

Berdasarkan Nielsen Korea, rating drama Imitation hanya memperoleh 1 persen saja di bagian pertama dan 0,9 persen di bagian kedua. Mirisnya, rating rata-rata drama ini tidak melebih 1 persen, lho. Duh, sungguh disayangkan. 

Jadwal tayang terlalu malam

Baru Tayang, Ini Penyebab KDrama 'Imitation' Tak Sesuai HarapanHancinema.net

Perolehan rating yang sangat rendah tersebut tentu mengejutkan warganet Korea. Mereka langsung membicarakan rating rendah drama Imitation di salah satu situs komunitas daring Korea. 

Terungkap, jadwal tayang menjadi salah satu penyebab drama Imitation sulit mencuri perhatian publik. Pasalnya, untuk drama yang tidak menyajikan adegan kekerasan atau 17 tahun ke atas, jadwal tersebut dianggap terlalu malam, yakni 23:20 KST sehingga sulit mengumpulkan penonton di jam tersebut.

Bersaing dengan drama lainnya

Baru Tayang, Ini Penyebab KDrama 'Imitation' Tak Sesuai HarapanBerbagai sumber

Tak hanya soal jadwal tayang, namun hadirnya drama Korea di stasiun televisi lain dengan alur cerita yang lebih seru dan adegan menantang juga membuat drama Imitation kurang digemari oleh sebagian besar publik. 

Meski drama Imitation didominasi oleh bintang idola, namun masih kalah jauh dengan drama saingan SBS, Taxi Driver yang sukses mencatat rekor rating cukup tinggi selama penayangan. 

Masih mendapat dukungan dari penonton

Baru Tayang, Ini Penyebab KDrama 'Imitation' Tak Sesuai HarapanHancinema.net

Walaupun rating yang diperoleh sangat rendah dan kurang diminati, tetapi drama Imitation masih mendapat dukungan penuh dari sebagian warganet Korea. Komentar dukungan pun dialamatkan ke drama ini melalui situs daring:

"Drama ini menyenangkan kemarin. Aku harap, ratingnya akan naik minggu depan" sahut salah satu warganet. 

Warganet juga menilai bahwa alur cerita dari drama Imitation cukup bagus dan kualitas pengambilan gambarnya juga sudah baik. Jadi, rating rendah bukan sebuah masalah dan wajar terjadi di dunia hiburan Korea. 

Padahal, dilihat dari segi cerita sangat menarik, lho. Kamu dapat melihat tentang kehidupan idol Kpop dari drama ini, apalagi diperankan langsung oleh bintang idola yang mengetahui seluk-beluk dunia hiburan. Semoga saja drama Imitation bisa bertahan hingga episode akhirnya, ya. Kamu sendiri sudah menontonnya, Bela?

Baca Juga: Drakor ‘Imitation’ Rilis Foto Konsep Individual Boy Group Fiktif SHAX

Baca Juga: 11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoon

Baca Juga: Menegangkan, 6 Drama Korea Ini Diangkat dari Kisah Nyata