Bekerja paruh waktu tampaknya semakin banyak digemari oleh banyak orang. Penulis, blogger, vlogger, hingga YouTuber yang umum dijadikan pemasukan tambahan dapat menjadi pilihan bagi kamu yang nggak ingin terbatas oleh jam kerja.

Meski terlihat seru, nyatanya nggak gampang untuk berhasil mencapai hasil yang diinginkan. Banyaknya orang yang melakukan hal serupa, justru membuat kamu sulit untuk dikenal. Jangan khawatir Bela, kamu bisa mengikuti tips dari pekerja lepas yang tetap berhasil menjalankan bisnisnya Natile Zfat untuk bertahan sebagai pekerja lepas.

Baca keinginan target pekerjaanmu

 
Saat memilih jadi pekerja lepas, pastikan pekerjaanmu memang dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan mengenal kebutuhannya, jasamu akan tetap dibutuhkan dan nggak berhenti dalam waktu yang singkat. Disamping itu, kamu juga perlu memikirkan pendapatan yang akan kamu hasilkan. Apakah cukup untuk membiayai kehidupanmu?

Kembangkan keahlianmu

 
Jangan puas dengan satu kemampuan, kamu bisa melengkapinya dengan keahlian lain yang sesuai. Seperti keahlian fotografi perlu kamu sempurnakan dengan kemampuan dalam mengedit. Selain berguna untuk diri sendiri, kamu juga bisa mendapat kesempatan lebih banyak dan memberikan jasa lebih untuk klien. Meski sebagai pekerja lepas, kamu tetap harus bersikap disiplin dan profesional agar nggak mengecewakan klienmu.

Tinggalkan kesan unik untuk diingat

 
Siapa bilang pekerja lepas nggak bisa terkenal atas profesinya. Kamu bisa memulai pekerjaan spesifik yang nggak bisa dikerjakan oleh banyak orang. Semakin ahli kamu dalam menanganinya, orang lain tentu akan ingat untuk menyebut namamu saat membutuhkannya. Pekerja lepas bukan pekerjaan yang mudah, kamu perlu menawarkan keahlian yang berbeda dari orang lainnya.

Jeli dalam mencari kesempatan

 
Nggak semua orang dapat menemukan cara untuk mendapat kesempatan sebagai pekerja lepas. Maka dari itu kamu perlu memperluas jaringanmu untuk mengetahui siapa orang yang membutuhkan jasamu. Saat kesempatan itu datang, pastikan kamu nggak menyia-nyiakannya karena belum tentu ada tawaran lainnya di masa datang.

Tetap bersikap kompetitif

 
Kamu mungkin saja sudah berhasil menjadi pekerja lepas yang mendapat banyak tawaran proyek lainnya. Nama yang sudah dikenal publik dan karya yang sudah menjanjikan nggak menutup kemungkinan untuk membuat tarif yang lebih mahal atas pekerjaanmu. Sayangnya, banyak orang yang mulai memilih pekerja lain dibanding kamu dengan harga yang lebih murah. Jangan khawatir, jadikan hal tersebut sebagai tantangan dan pacuan untuk membuatmu tetap semangat dan berkembang, Bela!

BACA JUGA: Belum Dapat Kerja? Jangan Khawatir, Kamu Bisa Lakukan Banyak Hal Ini