Jika semula media sosial hanya sebuah platform untuk berbagi tulisan ataupun terhubung dengan kerabat, kini fungsinya semakin berkembang menjadi platform untuk membagikan berbagai jenis konten, mulai dari konten visual seperti foto maupun konten audio-visual seperti video.

Salah satu hal yang sering ditemukan saat ini adalah kebiasaan orang untuk mengabadikan makanan yang hendak mereka santap dalam sebuah foto maupun video. Kebiasaan ini menginspirasi banyak orang untuk membuat konten visual dengan objek makanan. 

Berbekal smartphone maupun kamera, kamu dapat membuat konten setiap saat. Namun, untuk membuat konten yang menarik kamu perlu mempelajari beberapa teknik tertentu, terutama untuk objek tidak bergerak.

Pada BincangShopee 7.7 Mega Elektronik Sale - Gugah Selera Lewat Kreasi Konten Makanan, Selasa (28/06/2022), Silva Sandiarini sebagai pakar food photography membagikan tips dan trik untuk membuat konten makanan yang dapat menggugah selera. Yuk, simak!

Ini 4 trik pengambilan gambar agar hasilnya maksimal

1. Persiapkan peralatan yang tepat

Tips Sukses Jadi Content Creator & Trik Food Photography untuk Pemulaunsplash.com/christianw

Agar sesi pengambilan gambar menjadi efektif, peralatan yang tepat harus disiapkan. Yang paling utama adalah menyiapkan kamera untuk melakukan pengambilan gambar, baik foto maupun video.

Kamera yang dapat digunakan pun beragam, bisa menggunakan kamera profesional dengan lensa yang tidak terlalu wide untuk hasil visual maksimal, seperti lensa 50mm, 85mm serta 105mm.

Selain kamera profesional, kamu juga bisa menggunakan smartphone yang dilengkapi dengan kamera memadai. Untuk menciptakan hasil konten yang stabil, kamu dapat menggunakan bantuan tripod sebagai penopang kamera atau smartphone yang digunakan.

2. Gunakan teknik pencahayaan yang sesuai agar memiliki hasil yang lebih menarik

Tips Sukses Jadi Content Creator & Trik Food Photography untuk Pemulaunsplash.com/4dgraphic

Salah satu unsur paling penting dalam pengambilan gambar adalah pencahayaan. Dengan menggunakan teknik pencahayaan yang tepat, maka hasil visual yang diinginkan pun akan menjadi lebih baik. Ada dua teknik penggunaan cahaya yaitu, artificial lighting dan natural lighting.

Pertama, yang paling mudah digunakan adalah teknik natural lighting, karena teknik ini menggunakan cahaya alami seperti matahari untuk dapat mempercantik objek. Kedua, jika lokasi pengambilan gambar tidak mendapatkan cahaya matahari alami yang baik, artificial lighting atau cahaya tambahan juga dapat digunakan.

3. Cari sudut pengambilan gambar yang tepat

Tips Sukses Jadi Content Creator & Trik Food Photography untuk Pemulainstagram.com/silva.sandiarini

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, kamu harus cermat dalam menentukan bagian objek yang ingin ditonjolkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur sudut pengambilan atau angle gambar agar hasil visual yang dihasilkan memiliki nilai lebih. Contohnya, sudut pengambilan gambar terbaik untuk makanan adalah dari sudut 0°, 10-20°, 45° dan 90°, maupun dari sudut sejajar mata atau eye-level.

4. Beri properti tambahan jika memang diperlukan

Tips Sukses Jadi Content Creator & Trik Food Photography untuk Pemulaunsplash.com/joseportiz

Menambahkan properti yang tepat akan menambah nilai visual dari konten yang kamu buat. Pertama-tama, kamu harus memahami terlebih dahulu objek yang akan dibidik, kemudian susun properti pelengkap dengan ditata sedemikian rupa dan disesuaikan penempatannya agar terlihat presisi pada hasil akhir. Terakhir, asah kemampuan kamu dengan terus berlatih. 

Ini 3 kunci sukses Mgdalenaf sebagai content creator

Tips Sukses Jadi Content Creator & Trik Food Photography untuk Pemulainstagram.com/mgdalenaf

Sebagai seorang YouTuber yang telah aktif sejak 2017 yang lalu, Mgdalenaf terkenal karena jargonnya "Bar-Bar Kuy!". Akun YouTubenya—MGDALENAF—berisi beragam konten, mulai dari review makanan, challenge, memasak, hingga vlog jalan-jalan ke luar negeri. Sebelum memiliki pengikut lebih dari 4 juta pengguna YouTube, Mgdalenaf juga sempat mengalami banyak kesulitan di awal kariernya. 

Selain tidak memiliki background dan ilmu fotografi, Mgdalenaf yang lulusan Kriminologi Universitas Indonesia ini juga belum punya alat-alat yang mendukung. Kamera mirrorless miliknya bahkan tidak memiliki sambungan audio mic, sehingga dirinya harus rela berteriak-teriak di depan kamera agar suaranya nggak kalah sama berisiknya lokasi syuting.

Nah, meski pernah merasakan berbagai kesulitan di awal kariernya, kini Mgdalenaf telah menjadi salah satu YouTuber yang sukses hingga memiliki brand makanannya sendiri, Nyambel dan MAKARONI SETAN (MANTAN). Kira-kira apa saja kunci sukses milik Mgdalenaf, ya?

Tips Sukses Jadi Content Creator & Trik Food Photography untuk Pemulainstagram.com/mgdalenaf
  • Mengenali diri adalah salah satu kunci sukses yang diterapkan oleh Mgdalenaf. Dirinya menjelaskan jika kita harus mengetahui keunikan sekaligus kelemahan masing-masing, sebab dengan mengetahui kelebihan kita bisa menjadi seorang content creator yang autentik, bervalue, dan unik. Di sisi lain, dengan memahami kekurangan diri sendiri, kita akan lebih mudah mencari solusinya.
  • Seorang content creator juga harus mau terus belajar agar konten yang dimilikinya bisa semakin berkembang. Salah satu yang harus dipelajari bagi seorang konten kreator adalah public speaking agar apa yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh penonton maupun pendengar. Kemudian, mempelajari fungsi alat yang kita miliki—smartphone, kamera, lighting, microphone, hingga tripod—agar mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk hasil yang maksimal.
  • Terakhir, untuk menjadi content creator yang sukses, kamu perlu memiliki komitmen yang tinggi. Sebab, tidak mudah menemukan jati diri di tengah persaingan yang begitu ketat.

Itulah beberapa trik food photography serta tips sukses menjadi seorang content creator. Yuk, coba diaplikasikan!

Baca Juga: 15 Trik yang Bisa Kamu Coba untuk Hasilkan Karya Fotografi Menawan

Baca Juga: 10 Karya Fotografi Ini Keren Banget, Bikin Merinding 

Baca Juga: Penuh Perjuangan, Ini Behind the Scene dari Hasil Fotografi yang Apik