Nama Chandra Liow baru-baru ini ramai diperbincangkan publik akibat isu tindakan kekerasan yang dilakukannya terhadap sang mantan pacar, Indira Ayu Maharani. Menanggapi isu ini, Chandra memberikan klarifikasi lewat unggahan YouTubenya, “My Truth.” yang tayang pada Rabu (05/10/2022) lalu. 

https://www.youtube.com/embed/Yxmp287PVzU

Lewat videonya, Chandra membeberkan kronologi kejadian serta sejumlah bukti untuk membuktikan bahwa dirinya tidak seperti apa yang dirumorkan. Video yang diunggah di akun YouTube Tim2one - ChandraLiow kini telah ditonton lebih dari 412 ribu kali. Bahkan, tidak sedikit orang yang mendukung Chandra untuk melewati masa-masa ini. 

Penasaran bagaimana sosoknya? Berikut profil Chandra Liow yang telah Popbela rangkum untuk kamu! 

1. Ditentang sang ibu untuk berkiprah di dunia sinematografi

Profil Chandra Liow, yang Terseret Isu Kekerasan Terhadap Mantan Pacarinstagram.com/chandraliow

Ibunya yang seorang pendeta, sempat menentang Chandra yang ingin berkarier di dunia sinematografi. Menurut sang ibu, apa yang dikerjakannya bertentangan dengan ajaran yang diberikan. Namun, setelah film pendek pertamanya menjadi juara untuk kompetisi beasiswa di kampus UMN (Universitas Multimedia Nusantara), restu sang ibu pun diberikan kepadanya. 

Membangun YouTube bernama Tim2one - ChandraLiow, dirinya disebut-sebut sebagai salah satu pionir YouTube Indonesia. Namun, dalam videonya bersama YouTube Helmy Yahya Bicara, ia mengaku tidak pernah mengambil adsense karena ada permasalahan tertentu. Kendati demikian, ia memang tak memperdulikan hal tersebut karena YouTube digunakannya sebagai tempat berkarya.

2. Terjun menjadi seorang Youtuber

Profil Chandra Liow, yang Terseret Isu Kekerasan Terhadap Mantan Pacarinstagram.com/chandraliow

“What's up the people of the world broadcasting live from my house and you are watching me again!”

Sapaan yang menjadi ciri khas Chandra Liow ini tentunya telah akrab di telinga para penonton setianya. Tahun 2008, akun YouTube Tim2one - ChandraLiow hadir dengan video gaming yang diunggah Chandra. Tepatnya di tahun 2009, dirinya memutuskan untuk menjadi seorang YouTuber dan kini akun yang dikelolanya telah menembus 3 juta pengikut.

Namanya semakin dikenal banyak orang setelah singleGAPAPA JELEK YANG PENTING SOMBONG feat. DEVINAUREEL, EKA GUSTIWANA”, “ULANGAN MATEMATIKA - SEE YOU AGAIN PARODY feat. CHRISTIANBONG, ANANTAVINNIE, SKINNYINDONESIAN24”, hingga “WKWKW Land” diunggahnya. Fyi, namanya juga dikreditkan sebagai penulis lagu untuk beberapa single, lho!

3. Resmi menjadi sutradara film panjang

https://www.youtube.com/embed/xSdAC9WSJ5s

Tahun 2020, Chandra Liow resmi debut menjadi sutradara film panjang setelah Bucin hampir tayang di layar lebar. Film drama komedi ini ternyata diangkat dari konten YouTube Skinnyindonesia24 yang dikelola oleh kakak beradik Andovi dan Jovial da Lopez. 

Meski sempat mengalami penundaan dan pembatalan penayangan di bioskop akibat pandemi COVID-19, Bucin berhasil menjadi salah satu film original Netflix yang telah dapat ditonton sejak 18 September 2022 lalu. 

Lewat suatu wawancara, terkuak bahwa Chandra benar-benar sendiri dalam mengarahkan teman-temannya selama bertanggung jawab menjadi sutradara, ia tidak didampingi oleh sutradara senior dan mengatakan bahwa film ini merupakan batu loncatan untuknya menjadi seorang filmmaker

4. Bukan cuma jadi YouTuber dan sutradara, Chandra juga seorang aktor

Profil Chandra Liow, yang Terseret Isu Kekerasan Terhadap Mantan Pacarinstagram.com/chandraliow

Menjajal kemampuan aktingnya lewat film Youtubers The Movie yang tayang pada 2015 silam, kehadirannya cukup untuk membuatnya kembali digandeng dalam film lainnya. Sebagai aktor, ia sempat muncul dalam film Single yang disutradarai langsung oleh Raditya Dika dan Hit & Run yang disutradarai oleh Ody C. Harahap. Dirinya juga muncul dalam film pendek garapannya sendiri seperti  LOSS - The Beginning dan Suara Mama.  

Selalu berusaha maksimal dalam membuat video, Chandra sempat membeberkan jika dirinya tidak akan membuat konten berbau pornografi, sebab ia menyadari yang menonton kontennya bukan hanya orang-orang yang sudah cukup umur. Nggak mengherankan, jika dirinya juga meraih nominasi di ajang Influence Asia 2015 untuk Best YouTube Channel, Best YouTube Personality, dan kategori Lifestyle. 

5. Daftar penghargaan yang pernah diraihnya

Profil Chandra Liow, yang Terseret Isu Kekerasan Terhadap Mantan Pacarinstagram.com/chandraliow

Bernama lengkap Chandra Timothy Liow, Youtuber kelahiran 1993 ini telah meraih berbagai penghargaan berkat karya miliknya. Saluran YouTubenya yang telah melebihi 1.000.000 subscriber berhasil mengantarkannya untuk menerima Gold Play Button dari YouTube. 

Tahun 2018, ia bersama Rizky Febian dan Sheryl Sheinafia berhasil membawa pulang piala Anugerah Musik Indonesia dalam kategori Karya Produksi Kolaborasi Terbaik lewat lagu “Sweet Talk”

Nggak tanggung-tanggung, dirinya juga sempat menyabet gelar sebagai Mister Youtuber Indonesia 2016 (Winner), Mister Youtuber World 2016 (2nd Runner-Up), dan Mister Youtuber Asia 2017 (Winner). Ia bersama Tim2one juga pernah meraih penghargaan Top YouTube Channel dalam ajang Influence Asia 2017.

Yap, itulah profil sekaligus deretan karya dan penghargaan yang pernah diraih oleh Chandra Liow. Hingga kini, kasus yang menyeret namanya masih ramai diperbincangkan, sedangkan dari pihak Indira sendiri masih terus berjuang.

Dirinya mengaku memiliki bukti kuat berupa rekaman CCTV yang katakannya lewat akun Twitter pribadinya. Banjiran komentar pun memenuhi akun Twitter keduanya. Semoga kasus ini segera mencapai titik terang ya, Bela!

Baca Juga: Dituduh Lakukan Kekerasan pada Mantan, Chandra Liow: 'Tidak Benar!'

Baca Juga: Raffi Ahmad Youtuber Terkaya? Eits! Ditikung Deddy Corbuzier, nih!

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini Fakta Suka dan Duka Jadi Seorang YouTuber