Masih terus melanjutkan keseruannya, Indonesia Writes Festival, berlanjut pada hari ketiga. Pada Rabu (27/10/2021), Indonesia Writes Festival, menghadirkan 8 editor di balik IDN Times Community.Para editor yang hadir yaitu, Gagah Nur Januar Putra, Izza Namira, Merry Wulan, Yudha Viktor, Febrianti Diah, Naufal Al Rahman, Ernia Karina dan Siantita Novaya. 

IDN Times Community, berdiri pada tahun 2017 dan telah berkembang sampai sekarang. IDN Times Community, merupakan wadah bagi kamu yang ingin berkontribusi untuk menulis di IDN Times. Jika artikel kamu terbit, kamu berhak mendapatkan poin yang dapat diuangkan. Menarik, kan?

Kamu dapat menulis berbagai topik yang kamu suka, karena IDN Times Community memiliki beragam kanal menarik. Di antaranya, berita, olahraga, teknologi, hiburan, sains, wisata, kuliner, otomotif, fiksi, life, opini dan yang terbaru adalah kanal Korea. 

Sudah bergabung, namun tulisan kamu belum pernah diterbitkan? Pada kesempatan kali ini, para editor IDN Times Community menjawab pertanyaan seputar menulis di IDN Times Community. Biar nggak penasaran, yuk, langsung simak aja!

1. Menulis dari sudut pandang penulis

IWF 2021: Bocoran dari Para Editor, Agar Tulisan Kamu Dapat Terbit Shutterstock

Ingin menuliskan pengalaman yang pernah kamu alami, di IDN Times Community? Kamu perlu memerhatikan beberapa hal, di antaranya, tulisan yang kamu tulis harus memiliki value yang dapat menginspirasi pembaca. Agar tidak sekadar tulisan opini, masukkan juga data pendukungnya, ya.

2. Artikel yang diharapkan editor

IWF 2021: Bocoran dari Para Editor, Agar Tulisan Kamu Dapat Terbit id.depositphotos.com

Jika tulisan kamu belum pernah diterbitkan, salah satu langkah yang bisa kamu coba adalah mengganti angle tulisan. Contohnya, saat menulis di kanal sport, selain fokus pada kemenangan dari pertandingan yang sedang diulas, kamu bisa menambahkan side story di balik perjuangan mereka. Selain memperkaya informasi di dalam tulisan, kemungkinan tulisan kamu diterbitkan akan semakin besar.

3. Hindari kesalahan ini!

IWF 2021: Bocoran dari Para Editor, Agar Tulisan Kamu Dapat Terbit Getty Images

Pertama-tama, dalam menuliskan informasi, kamu perlu berhati-hati agar informasi yang kamu berikan bukan hoaks. Hindari mengambil informasi dari Wikipedia dan sumber asing, yang belum jelas kebenarannya. Berikan sumber referensi yang jelas, agar editor dapat melakukan pengecekan terhadap informasi yang kamu sampaikan.

4. Artikel yang disukai pembaca

IWF 2021: Bocoran dari Para Editor, Agar Tulisan Kamu Dapat Terbit Unsplash

Artikel ringan seperti resep masakan, rekomendasi makanan, rekomendasi tempat makan, merupakan salah satu topik yang disukai pembaca. Tidak perlu jauh-jauh, kamu dapat membahas mengenai makanan khas Indonesia yang sangat beragam. Bosan dengan resep yang itu-itu aja? Kamu juga bisa lho, memasukan resep masakan buatan sendiri. Yuk, mulai menulis!

5. Tempat untuk kamu yang suka menulis fiksi

IWF 2021: Bocoran dari Para Editor, Agar Tulisan Kamu Dapat Terbit timeshighereducation.com

IDN Times Community menyediakan wadah untuk kamu yang suka menulis fiksi, seperti puisi dan cerita pendek. Meski terkesan mudah, editor akan tetap ketat menyeleksi setiap karya yang masuk. Jadi jangan diremehkan, ya.

Peluncuran kanal terbaru IDN Times

IWF 2021: Bocoran dari Para Editor, Agar Tulisan Kamu Dapat Terbit youtube/idntimes

Selain menjawab pertanyaan seputar menulis di IDN Times Community, pada kesempatan yang sama, IDN Times, resmi meluncurkan kanal Korea.

Melihat antusias yang besar mengenai topik yang berbau Korea, telah memberikan ide kepada tim dari IDN Times untuk menciptakan wadah khusus untuk para penggemar Korea, agar dapat menuangkan kreativitasnya melalui tulisan. 

Terdapat tiga kategori, yang pertama adalah Kpop yang akan membahas seputar lagu dan musik. Selanjutnya, adalah Kdrama yang pastinya membahas drama dan variety show. Terakhir, adalah Knews yang akan membahas mengenai berita terhangat dari negeri Gingseng yang satu ini. 

Sebagai bagian dari IDN Times Community, kamu juga bisa mengirimkan tulisan berbau Korea di kanal ini. Sedikit bocoran, hindari menulis dengan membandingkan satu dengan yang lain. Sebagai gantinya, kamu dapat menulis artikel hiburan yang faktanya masih belum banyak diketahui. Wah, seru banget, kan!

Itulah keseruan dari Indonesia Writers Festival 2021 pada hari ketiga. Keseruannya masih akan terus berlanjut sampai Sabtu (30/10/2021). Tentunya, dengan pembicara berpengalaman juga inspiratif, yang akan membahas hal-hal menarik seputar kepenulisan. Ada juga lomba menulis, dengan berbagai hadiah menarik yang bisa kamu ikuti. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Baca Juga: IWF 2021: Berbagi Ilmu Menjadi Penulis dengan Samuel Ray

Baca Juga: IWF 2021: Perhatikan 4 Hal ini untuk Memulai Aktivisme di Media Sosial