Sudah tidak mengherankan, dengan tingginya popularitas K-pop saat ini, artis K-pop tidak henti-hentinya menjadi trending topic. Apapun yang sedang mereka kerjakan menjadi sorotan dunia. Menjadi idol K-pop tentunya bukan hal yang mudah. Seorang idol harus melalui masa trainee dengan waktu yang tidak terbatas sebelum debut. 

Saat debut dan menghasilkan uang, seorang idol butuh usaha lebih untuk menjadi lebih terkenal. Semakin tinggi popularitasnya, maka semakin besar pendapatan idol tersebut. Beberapa idol K-pop, mampu menjadi miliarder berkat kerja keras dan kemampuan mereka. Untuk saat ini, inilah idol K-pop perempuan yang memiliki total kekayaan tertinggi, di industri media hiburan Korea Selatan. 

1. IU

Fantastis! Inilah 7 Artis K-Pop Perempuan Terkaya 2021Instagram/@ dlwlrma

Debut di bawah naungan agensi LEON Entertainment pada 2008, kini IU telah sukses dan masuk ke dalam jajaran artis dan penyanyi dengan bayaran tertinggi. Selain bernyanyi, diketahui UI juga merupakan penulis lagu dan telah menulis hingga 50 lagu. Tidak jarang, lagu-lagu yang dibawakannya menjadi hits.

Dirinya juga rajin memberikan donasi dengan total yang fantastis, terakhir kali IU menyumbang hingga Rp5 milliar untuk memperingati 13 tahun debutnya. Menjadi brand ambassador dari Gucci, serta membintangi iklan kelas dunia untuk merek Samsung, Sony hingga Guess, kini kekayaan IU mencapai US$45 juta atau setara dengan Rp643 miliar!

2. Lee Hyori

Fantastis! Inilah 7 Artis K-Pop Perempuan Terkaya 2021Soompi

Sejak debutnya bersama Fin. K. L, kemampuan menyanyi Lee Hyori tidak perlu diragukan lagi. Tahun 2003, Lee Hyori memulai debut solonya dengan album bertajuk “Stylist” yang banyak mendapat penghargaan. Terus berkembang, sejak tahun 2006, Lee Hyori berhasil menjadi salah satu penyanyi dengan bayaran tertinggi.

Selain itu, Lee Hyori mendapatkan pundi-pundi penghasilan dengan menjadi bintang iklan berbagai merek seperti Samsung hingga soju Lotte Liquor. Kekayaan bersihnya saat ini diperkirakan sekitar US$40 juta atau setara dengan Rp541 miliar.

3. Sandara Park

Fantastis! Inilah 7 Artis K-Pop Perempuan Terkaya 2021Instagram_@daraxxi

Mantan anggota 2NEI, Sandara Park berhasil masuk ke dalam jajaran artis dengan total kekayaan tertinggi untuk saat ini. Setelah grupnya bubar pada tahun 2016, Sandara Park fokus pada kariernya sebagai penyanyi solo. Di tahun yang sama, Sandara Park mulai debut aktingnya untuk drama Cheese in the trap sebagai pemeran pendukung.

Selain itu, merek ternama seperti Burberry juga menggaet Sandara Park untuk menjadi brand ambassador. Sampai saat ini, total kekayaan Sandara Park diketahui mencapai US$30 juta atau Rp428 miliar.

4. Yoona

Fantastis! Inilah 7 Artis K-Pop Perempuan Terkaya 2021Instagram_@yoona__lim

Salah satu member SNSD ini telah debut sejak usianya menginjak 18 tahun. Kini, dirinya tengah disibukkan dengan pekerjaannya sebagai seorang penyanyi, aktris, bintang iklan dan seringkali muncul pada acara program televisi. Sebagai aktris, Yoona diketahui menjadi salah satu pemain dengan bayaran tertinggi mencapai 20 juta won per episode. Baru- baru ini, brand fashion mewah asal Italia, Miu Miu dikabarkan menggandeng Yoona sebagai brand ambassador mereka. Jika dihitung, kekayaan Yoona mencapai US$25 juta yang setara dengan Rp357 miliar.

5. Bae Suzy

Fantastis! Inilah 7 Artis K-Pop Perempuan Terkaya 2021Instagram_@baesuzyoficiall

Debut dengan girl grup Miss A, kini Bae Suzy fokus pada kariernya sebagai seorang penyanyi solo, aktris dan model iklan. Suzy banyak membintangi drama terkenal seperti While You Were Sleeping, Vagabond hingga Start-Up. Suzy juga digaet menjadi brand ambassador untuk merek terkenal Christian Dior. Suzy berkali-kali dipercaya sebagai bintang untuk iklan produk merek dunia seperti Reebok dan Swarovski.S ampai saat ini, total kekayaan Suzy diperkirakan mencapai US$25 juta.

6. BoA

Fantastis! Inilah 7 Artis K-Pop Perempuan Terkaya 2021Instagram_@boakwon

Meniti karier sejak usia belia, kini BoA dikenal sebagai “Queen of K-pop”. Sukses dengan debutnya di Korea dan Jepang, BoA telah banyak meraup untung dari penjualan tiket konser, album, photobook dan music video. Selain aktif menjadi penyanyi, BoA berkali-kali dipercaya untuk menjadi juri pada acara survival seperti K-pop Star hingga Women Street Fighter. Dirinya juga diketahui menjadi pemegang saham di agensi yang telah lama menaunginya, yaitu SM Entertainment sebesar 0,04 persen. Kini kekayaannya mencapai US$25 juta.

7. Lisa BLACKPINK

Fantastis! Inilah 7 Artis K-Pop Perempuan Terkaya 2021Instagram_@lalalalisa_m

Bernama lengkap Lalisa Manoban, Lisa merupakan member resmi BLACKPINK yang belum lama ini melangsungkan debut solonya. Selain menjadi penyanyi, Lisa aktif menjadi model untuk brand BVLGARI dan MAC Cosmetic, menghadiri acara televisi dan menjadi juri untuk ANDAM Fashion Awards 2021. 

Jika dihitung, kekayaan perempuan kelahiran 1997 ini mencapai US$15 juta, atau Rp214 miliar, dengan pendapatan berasal dari hasil penjualan album fisik debut solonya yang mencapai 700 kopi, konser bersama grup BLACKPINK yang terlaksana dengan sukses, menjadi brand ambassador untuk merek kelas dunia, serta penjualan photobook yang tersedia secara terbatas.

Itulah deretan artis K-pop perempuan dengan total kekayaan tertinggi, di industri media hiburan Korea saat ini. Di balik kepopuleran para idol Kpop, penjualan album yang tinggi dan suksesnya film atau drama yang mereka bintangi, semua itu tidak luput dari kerja keras yang telah mereka lakukan. 

Baca Juga: 6 Film Terbaik Lee Min Ho Sebagai Aktor Korea Bayaran Termahal 

Baca Juga: Dapat Bayaran Termahal di Tahun 2020, Ini 5 Aktris Korea Terbaik

Baca Juga: Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per Episode