WhatsApp resmi mengumumkan bahwa aplikasinya tak akan mendukung sistem operasi iOS 10 dan iOS 11 untuk iPhone. Penghentian ini akan dilakukan secara berkala hingga Oktober mendatang. Seri Phone yang akan terkena imbasnya adalah iPhone 5 dan iPhone 5C yang telah dihentikan penjualannya sejak beberapa tahun lalu.

Sementara itu, sistem operasi iOS yang belum lama ini diluncurkan adalah iOS 16. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh versi ini? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

1. Dapat menikmati versi terbaru aplikasi

Segera Upgrade, Ini 8 Kelebihan iOS 16!apple.com

Tentu kelebihan utama yang diunggulkan oleh sistem operasi terbaru ini adalah pengguna yang dapat menggunakan versi terbaru aplikasi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, WhatsApp perlahan akan berhenti mendukung sistem operasi yang telah usang.

2. Kinerja ponsel tanpa hambatan

Segera Upgrade, Ini 8 Kelebihan iOS 16!apple.com

Saat pengguna iPhone tak memperbaharui sistem operasinya, akan terdapat banyak bug yang menghambat kinerja ponsel. Hal ini masih berkaitan dengan perbedaan versi aplikasi sehingga akan muncul beberapa ketidaksesuaian. Oleh karena itu, upgrade sistem operasi ke iOS 16 akan membuat kinerja ponsel lebih lancar tanpa hambatan.

3. Jaminan keamanan yang lebih baik

Segera Upgrade, Ini 8 Kelebihan iOS 16!apple.com

Produk keluaran Apple sudah lama terkenal dengan sistem keamanannya yang baik. Saat melakukan pembaharuan sistem operasi, ada saja celah keamanan yang akan ditambal untuk mengetatkan akses ke kernel (bagian inti sistem operasi).

Mengutip Slashgear, untuk iOS 16 Apple telah memperbaiki kurang lebih 170 masalah keamanan pada iOS 15, termasuk di dalamnya 39 perbaikan yang dirilis bersamaan dengan versi iOS 15.6. Sistem operasi terbaru ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan Face ID sambil mengenakan masker, lho. Jadi, penting banget, bukan, untuk melakukan upgrade?

4. Bisa edit dan batal kirim pesan

Segera Upgrade, Ini 8 Kelebihan iOS 16!macrumors.com

Dengan iOS 16, pesan yang telah terkirim melalui iMessage dapat di-edit atau dibatalkan pengirimnya. Batas waktu pembatalan pengiriman pesan adalah dua menit. Sementara itu, pengguna iPhone dapat mengubahnya sebanyak lima kali dalam 15 menit. Riwayat pengeditan pun akan ditampilkan.

5. Lockscreen yang bisa dipersonalisasi

Segera Upgrade, Ini 8 Kelebihan iOS 16!forbes.com

Salah satu kelebihan iOS yang digembar-gemborkan dalam promosi iPhone 14 adalah lockscreen yang dapat dipersonalisasi. Tak hanya dari fotonya saja, font dan widget-nya pun bisa diatur sesuka hati, lho, Bela!

6. Bisa salin teks dalam video

https://www.youtube.com/embed/8-nde34mKSs

Versi terbaru iOS yang satu ini mengajak penggunanya meninggalkan cara lama untuk menyalin teks dengan cara konvensional. Melanjutkan fitur salin teks dari foto pada iOS 15, kini iOS 16 memiliki fitur untuk menyalin pesan langsung dari video. Canggih banget!

7. Pembaruan pada mode fokus

Segera Upgrade, Ini 8 Kelebihan iOS 16!theverge.com

Seringkali, ponsel merupakan sumber distraksi terbesar saat kita hendak bekerja. Oleh karena itu, iOS 16 menawarkan peningkatan pada mode fokus yang terhubung pada layar kunci. Sebagai contoh, pengguna iPhone memilih profil fokus rapat. Saat ponsel dinyalakan, layar kunci secara otomatis akan menampilkan widget yang terkait dengan rapat tersebut.

8. Fitur Visual Look Up yang canggih

https://www.youtube.com/embed/jXqs5eXC_iA

Fitur canggih lainnya yang dapat dinikmati dengan iOS 16 ini adalah Visual Look Up. Kamu bisa menghilangkan latar belakang objek pada foto bahkan langsung mengirimkannya melalui layanan perpesanan, lho! Effortless banget, deh!

Jadi, kelebihan iOS 16 mana yang ingin segera kamu coba, Bela?

Baca Juga: Spesifikasi iPhone 14: Fitur Baru, Kamera, Harga, Desain, dan Baterai

Baca Juga: 7 Penyebab Utama iPhone Panas dan Cara Mengatasinya

Baca Juga: Antara iPhone 12, 13 & iPhone 14, Ini Peningkatan Paling Mencolok