Jatuh cinta memang jadi salah satu inspirasi terbesar saat seseorang menciptakan sebuah karya. Pasalnya, rasa cinta bisa menghadirkan jutaan rasa meski sama-sama bernama cinta. Saat terjadi pada kamu, mungkin yang terasa adalah kebahagiaan yang meletup-letup. Sementara itu, temanmu bisa saja tengah berada di fase dikecewakan oleh perasaan ini.

Melalui playlist pekan ini, Popbela mau mengajak kamu menyelami rasa cinta lewat rilisan-rilisan terbaru dari Charlie Puth, Ed Sheeran, Ber, hingga JVKE yang belum lama ini meluncur album perdananya. Kira-kira, perasaan cinta seperti apa, ya, yang akan diusung oleh keempat penyanyi ini? Yuk, simak ulasan singkat di bawah ini!

Charlie Puth - "Charlie Be Quiet!"

Popbela's Playlist: Love LanguageWarner Music Indonesia

Di saat kebanyakan lagu mendorong pendengarnya untuk berani menyatakan cinta, "Charlie Be Quiet!" justru berusaha mencintai gebetan dengan diam-diam. Alasannya, sih, agar si dia tidak risih dan akhirnya kabur. Siapa, nih, yang sering seperti ini juga?

Namun, menahan sebuah perasaan bukanlah hal yang baik. Charlie pada akhirnya "meledak" pada bagian reff-nya saat sang gebetan mengirim pesan. Iringan gitar yang tebal seolah mewakili betapa kuatnya perasaan cinta itu. Liriknya pun menambah suasana tersebut.

https://www.youtube.com/embed/vo_XZmKlJ3A

But the feeling gets

Stronger, baby, what am I gonna do now?

When you text me

'Cause I'm talking too loud

 

"Charlie Be Quiet!" akan menjadi salah satu lagu di album terbaru Charlie Puth yang bertajuk CHARLIE. Rilisan terdahulu lainnya juga akan disertakan, seperti "That's Hilarious", "Light Switch", "Smells Like Me", dan "Left and Right (Feat. Jung Kook of BTS)". Album yang diproduksi sendiri oleh sang penyanyi ini akan diluncurkan kepada pendengar musik di seluruh dunia pada 7 Oktober.

Ed Sheeran - "Celestial"

Popbela's Playlist: Love LanguageWarner Music Indonesia

Bela, apakah kamu pernah jatuh cinta sampai merasa apa pun masalah yang menimpamu terhempas jutaan mil jauhnya? Kalau iya, kamu harus gabung dengan Ed Sheeran, nih! Lagu terbarunya yang berjudul "Celestial" punya lirik yang bucin (budak cinta) abis. Penggunaan majas hiperbola di setiap baitnya seolah menunjukkan perasaan cinta yang tengah dirasakannya tak terdeskripsikan oleh kata-kata.

Namun, cinta nggak hanya untuk pasangan kekasih saja, lho. "Celestial" yang akan muncul di video game Pokémon Scarlet dan Pokémon Violet ini ternyata berangkat dari kecintaan Ed Sheeran kepada tokoh berwarna kuning tersebut. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, penyanyi yang juga populer dengan lagu "Shape of You" tersebut masih setia dengan Pokémon.

"Saya suka sekali dengan dunia Pokémon yang diciptakan; itu menjadi pengalih saat ada hal buruk di sekolah atau dirumah yang ingin saya hindari. Pokémon menjadi pelarian saya. Meski saya berusia 31 tahun sekarang, saya masih memiliki Game Boy Color yang sama dan bermain Pokémon Yellow atau Silver di pesawat dan kereta api ketika sedang tur," kata Ed. 

https://www.youtube.com/embed/23g5HBOg3Ic

Selain lirik, kamu juga bisa merasakan cinta menggebu dari petikan gitar akustik jernih khas Ed Sheeran dengan tempo yang cepat. Kalau kamu juga sedang berbunga-bunga, lagu ini cocok banget, deh, untuk didengar sambil melakukan aktivitas sehari-hari.

Ber - "Boys Who Kiss You On Their Car"

Popbela's Playlist: Love LanguageSecret Signals

Pengalaman kencan jadi karya? Why not? Penyanyi asal Amerika Serikat, Ber, mewujudkannya melalui sebuah lagu "Boys Who Kiss You On Their Car". Singkat cerita, inspirasi single terbaru ini berasal dari cerita pribadinya saat berselancar di aplikasi kencan online.

"Lagu ini adalah tentang lautan tipe laki-laki yang sangat spesifik, yang ternyata aku sukai saat bermain aplikasi tinder dan menjelajahi dunia perkencanan di Minneapolis, di mana setelah pergi kencan dengan 5 pria yang berbeda, ternyata semuanya mengajakku untuk pergi berjalan-jalan dengan mobil dengan memutar lagu The 1975, dan aku menulis lagu ini untuk mereka dan menjuluki mereka sebagai laki-laki yang menciummu di mobil,” ungkapnya.

Lewat "Boys Who Kiss You On Their Car" juga, Ber ingin menunjukkan sisi lain dirinya dengan mengusung musik yang lebih grunge. Video musiknya pun dibuat serupa dan menggambarkan kisah kencan perempuan ini dengan lebih nyata. Coba tonton, deh. Kamu banget kalau lagi main dating apps, nggak, nih?

https://www.youtube.com/embed/iQ-UQUIatD4

JVKE - this is what ____ feels like (vol 1-4)

Popbela's Playlist: Love LanguageSecret Signals

Terakhir, ada JVKE yang mengisahkan jatuh cinta tak hanya dengan satu single, tetapi satu album bertajuk this is what ____ feels like (vol 1-4) (dibaca this is what blank feels like). Ia menyusun 12 lagu tersebut berurutan sesuai fase hubungan yang biasa dialami kebanyakan orang: jatuh cinta, patah hati, kesedihan, dan move on

Jika mendengar keseluruhan albumnya, kamu akan akrab dengan beberapa single yang telah lebih dulu dirilis dan viral, seperti "this what falling in love feels like", "this is what heartbreak feels like", dan "golden hour". Album ini bahkan ditutup dengan "i can't help it" yang berisi interpretasinya untuk lagu "Can’t Help Falling in Love” milik Elvis Presley.

https://www.youtube.com/embed/BOyO8sZOaOQ

Penyanyi yang pernah berkolaborasi dengan RAMENGVRL ini memadukan melodi yang indah, lirik, dan produksi musik yang menggambarkan pengalaman jatuh cinta yang juga ia telah rasakan sendiri. JVKE juga dengan percaya diri mendeklarasikan bahwa this is what ____ feels like (vol 1-4) adalah album pertama dan terakhirnya. Ia berharap, karier musiknya di waktu yang akan datang bisa terbebas dari ekspektasi konvensional terkait album dan musik.

Dari tipe-tipe jatuh cinta di atas, mana yang "kamu banget", Bela?

Baca Juga: Popbela's Playlist: Just Sit Back and Listen to This New September

Baca Juga: Popbela's Playlist: Summary of Life

Baca Juga: Popbela’s Playlist: Expressions You Can Hear