Berekspresi adalah hak dasar semua orang. Tak hanya soal raut wajah, ekspresi juga bisa berupa hal-hal yang bisa didengar seperti musik. Karena bersifat universal, kita tak perlu paham teorinya yang njlimet untuk menangkap perasaan apa yang ingin disampaikan sang pencipta.

Nah, untuk menyambut akhir pekan ini, Popbela punya playlist berisi lagu yang mewakili ekspresi para penyanyinya. Mereka melakukan eksperimen dengan memadukan berbagai genre yang berbeda. Hm, bikin penasaran bagaimana jadinya, kan?

Way Out” - FKJ

Popbela’s Playlist: Expressions You Can HearTerence Angsioco

French Kiwi Juice atau FKJ rilis video musik untuk lagu terbarunya, “Way Out”. Lagu ini terdengar menenangkan, cocok untuk menutup pekan yang penat. Permainan piano yang mendominasi digabungkan dengan beat trap lincah dan strings yang lembut begitu menggambarkan suasana akhir pekan yang diidamkan semua orang: damai.

‘Way Out’ adalah undangan untuk meninggalkan pikiran dewasaku yang penuh kesibukan. Aku memasukkan suara langkah kaki dan suara pintu dibuka, karena aku membayangkan aku sedang berjalan keluar, melarikan diri dari keadaan pikiran yang terlalu serius dan penuh kecemasan,” ungkap FKJ.

Pemilihan tone warna dalam video musiknya pun menimbulkan suasana cozy. For your information, FKJ seolah didukung semesta untuk totalitas mengekspresikan dirinya melalui “Way Out”. Lokasi syuting video tersebut adalah taman hiburan di sebelah rumahnya yang sudah ditutup. Tanpa ragu, ia langsung memilih tempat itu.

Pelarian ini membawaku ke dunia kekanak-kanakan di mana anak di dalam diriku yang polos dan hanya ingin bermain akan muncul kembali. Beberapa hari kemudian aku menemukan taman atraksi yang sudah ditinggalkan di sebelah tempat tinggalku. Ini sangat cocok dengan konsep lagu ‘Way Out’. Akhirnya aku dan temanku merekam video di sana dan melengkapinya dengan intro yang direkam di rumah,” katanya.

https://www.youtube.com/embed/IF2t2CeDhGg

phonecase” - Shye

Popbela’s Playlist: Expressions You Can Heardok. Shye

Bagi Shye, foto di bagian belakang case handphone juga sebuah ekspresi cinta. Ia pun menuangkannya ke dalam sebuah lagu berjudul “phonecase” yang belum lama ini dirilis video musiknya.

Lagu ‘phonecase’ adalah tentang berandai-andai menjadi kekasih orang yang kita sukai dan menjadi orang yang fotonya dipajang di case handphonenya,” ujar Shye.

Selama mengerjakan karyanya, Shye tak pernah tanggung-tanggung. Dalam video musik yang direkamnya saat berwisata di Disneyland ini, ia bahkan menyunting videonya sendiri.

Dari segi musikalitas, Shye tak perlu diragukan lagi. Dalam lagu “phonecase” ini terdapat eksperimen ketukan cepat yang tidak biasa. Ajaibnya, kamu akan langsung ikut merasakan euforia jatuh cinta seperti penyanyi asal Singapura ini. Nggak heran, ya, kalau Shye jadi pemenang Best New Artist (Asia) dalam ajang Bandlab NME 2022 Awards!

https://www.youtube.com/embed/omeH0UA9n9w

First Class” - Jack Harlow

Popbela’s Playlist: Expressions You Can HearUrban Wyatt

Terakhir, ada Jack Harlow yang mengekspresikan dirinya dengan album terbaru yang bertajuk COME HOME THE KIDS MISS YOU. Dirilis 6 Mei lalu, album ini berisi 15 lagu. Line-up kolaborasinya pun bertabur bintang, mulai dari Drake, Lil Wayne, Justin Timberlake, dan Pharrell.

Lagu utama dalam album ini adalah “First Class” yang juga telah dirilis musik videonya. Penyanyi perempuan asal Brasil, Anitta, turut muncul di video yang disutradarai oleh Jack Bergert dan Ace Pro ini.

Melalui “First Class”, Jack membuktikan predikat “hitmaker of tomorrow” yang diberikan oleh Variety. Sebelum resmi dirilis, lagu ini telah lebih dahulu viral di TikTok dan masuk ke jajaran Billboard Hot 100. Uniknya, lagu ini dipadukan dengan lagu “Glamorous” milik Ferdie yang sempat nge-hits pada 2007 lalu. Penasaran seperti apa jadinya? Dengarkan “First Class” di bawah ini:

https://www.youtube.com/embed/yQBImEeXNZ4

Adakah salah satu dari lagu di atas yang juga mewakili ekspresi diri kamu, Bela?

Baca Juga: Popbela's Playlist: The Overthinking Anthem

Baca Juga: 9 Lagu Hits Taeyang BIGBANG, Masih Ingat "Eyes, Nose, Lips"?

Baca Juga: 15 Lagu Indonesia Tentang Melepaskan Seseorang