Episode 7 'Mendua' Viral, Ada Peran Intimacy Coordinator

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator

Apa tugas intimacy coordinator di serial Mendua?

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator

"Jadi begini Pak Ustaz, suami saya, Ivan, dan Bella selingkuh."

Potongan dialog Sekar (Adinia Wirasti) di serial Mendua episode 7 tersebut tengah viral di Twitter. Menurut netizen, aksinya membongkar perselingkuhan Ivan (Chicco Jerikho) dan Bella (Tatjana Saphira) di acara pengajian jadi hal segar di layar kaca Indonesia. Keberanian seperti ini menjadi sikap yang ingin dimiliki banyak perempuan karena di dunia nyata main serong dalam hubungan memang banyak terjadi.

Selain adegan yang "Indonesia banget" tersebut, Mendua episode 7 juga memiliki sederet adegan emosional lainnya. Dalam kesempatan wawancara yang Popbela bersama jajaran pemeran dan sineas beberapa waktu lalu, terungkap bahwa suksesnya pembangunan emosi ini melibatkan peran intimacy coordinator (koordinator intimasi).

Ide dari Adinia Wirasti

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator

Peran intimacy coordinator mungkin belum santer terdengar di kancah sinema Indonesia. Ide untuk melibatkan profesi ini dalam proses syuting Mendua awalnya berasal dari Adinia. Seperti yang kita tahu, serial ini diberi label 18+ karena mengandung adegan seksual dan topik dewasa lainnya. 

"Pada saat kita proses develop karakter bareng-bareng, di awal-awal minggu itu tawaran untuk ada intimacy coordinator sebenernya berawal dari Asti (Adinia). 'Mau nggak Mbak Prita ada intimacy coordinator? Itu akan terbantu, maksudnya kita akan bagaimana lebih tahu secara teknisnya bagaimana, di set mesti bagaimana.' Jadi aku juga sangat terbuka dengan tawaran itu karena pengin ada pengalaman, seperti apa, sih (kalau ada intimacy coordinator)? Kayaknya ini suatu hal yang sudah saatnya dilakukan di Indonesia, sudah harus diperkenalkan, diedukasi , bahwa nggak bisa syuting langsung maunya sutradara begini, harus diikutin. Nggak bisa, karena kita dealing sama perasaan-perasaan manusia," kata Pritagita Arianegara, sutradara serial Mendua.

Sekilas tentang profesi intimacy coordinator

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator

Mengutip situs idcprfessionals.com, profesi intimacy coordinator baru muncul sekitar tahun 2015. Alicia Rodis dari Amerika Serikat mendirikan sebuah organisasi non-profit bernama Intimacy Directors International di tahun tersebut bersama Tonia Sina dan Siobhan Richardson. Permintaan untuk melibatkan profesi ini dalam proses syuting kemudian meningkat pada 2017 usai skandal kekerasan seksual mantan produser film Amerika Serikat bernama Harvey Weinstein.

Alicia sendiri bukanlah nama baru di dunia akting. Ia sudah aktif di dunia teater sejak remaja dengan peran yang cukup dewasa. Pada usia 15 tahun, ia sudah melakoni adegan ciuman dan berpura-pura orgasme demi peran pada usia 18 tahun. Harus diakui, adegan tersebut secara tak langsung berdampak pada kondisi mentalnya. Hal ini juga yang membuatnya berinisiatif mencetuskan profesi baru ini.

Intimacy coordinator bertugas untuk menciptakan ruang aman meski para aktor/aktris memerankan adegan seksual yang intim. Dalam praktiknya, profesi ini juga bekerja sama dengan pihak lain, seperti sutradara, koreografer akting, psikolog, pekerja sosial, pakar trauma, dan pakar lain untuk meneliti sistem penanganan adegan ketelanjangan, simulasi seks, dan keintiman. Profesi ini dilibatkan untuk menghindari kemungkinan terjadinya pelecehan seksual sesama kolega syuting.

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes
Aries

Ramalan Zodiak Aries Hari Ini - Zodiak Aries berasal dari konstel... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Free Download: POPBELA Gen Z Dictionary

Free Download: POPBELA Gen Z Dictionary

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Niat Puasa Arafah Lengkap Arab, Latin, dan Keutamaannya

Niat Puasa Arafah Lengkap Arab, Latin, dan Keutamaannya