Fandom BTS, ARMY Indonesia, sukses membuat netizen media sosial kagum dengan aksi mulianya. Sebagai bentuk solidaritas kepada korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, klub penggemar grup pelantun "Permission to Dance" ini menggalang donasi melalui kitabisa.com untuk para korban dan keluarga yang ditinggalkan.

Kerja sama ARMY se-Indonesia

ARMY Indonesia Galang Donasi untuk Korban Kerusuhan KanjuruhanInstagram.com/btsarmy.project_lombok

Project ini diinisiasi oleh ARMY yang berdomisili di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namun, dalam prosesnya, ARMY dari berbagai daerah di Indonesia turut bekerja sama.

"Awalnya kami menargetkan penggalangan dana ini hanya mencapai sebesar Rp15 juta lewat kerja sama dengan basis ARMY di kota-kota lain," ujar Hardyanti selaku perwakilan inisiator project, dikutip dari cnnindonesia.com

Donasi yang terkumpul kemudian akan disalurkan oleh tim Light ARMY Malang melalui koordinator wilayah (korwil) dan relawan Arena. Mengutip dari Instagram @btsarmy.project_lombok, Tim ARMY akan menyalurkan bantuan berupa santunan kepada keluarga korban meninggal dunia, sesi konsultasi kesehatan mental, hingga bantuan hukum bagi pihak yang membutuhkan.

Ditutup lebih awal

ARMY Indonesia Galang Donasi untuk Korban Kerusuhan KanjuruhanInstagram.com/btsarmy.project_lombok

Berkat dukungan fandom yang besar dan publikasi ke berbagai media sosial, project penggalangan dana ini ditutup 3 hari lebih awal. Donasi ditutup pada target Rp400 juta dan berhasil mengumpulkan Rp447.465.567 per Selasa malam. Setelah dipotong oleh biaya administrasi, total uang yang dapat dicairkan adalah Rp411.533.582.

ARMY Indonesia Galang Donasi untuk Korban Kerusuhan KanjuruhanInstagram.com/btsarmy.project_lombok

Untuk menjamin transparansi penyaluran bantuan, ARMY Indonesia akan mendapatkan pendampingan hukum dari pengacara Aca Wijanarko. Langkah ini diambil agar kepercayaan para donatur tetap terjaga mengingat nilai sumbangan yang besar. Perkembangan distribusi bantuan pun akan terus diperbaharui di kolom Kabar Terbaru kitabisa.com.

"InsyaAllah kami akan mengusahakan penyalurannya dana akan transparan dan legal tanpa ada kecurangan sama sekali. Terima kasih untuk kepercayaannya dan do'akan semua semua proses penyaluran bisa terlaksana dengan lancar. Saat ini Tim sedang menyeleksi data para korban prioritas sesuai dampak yang didapat dan juga akan dilakukan penyusunan timeline dan agendanya," tulis @btsarmy.project_lombok.

Hingga artikel ini tayang, beberapa fandom lain juga turut mengadakan penggalangan dana serupa, seperti NCTZEN & WAYZENNI (fandom NCT & WayV), Carats (fandom Seventeen), hingga MyDay & Jars (fandom DAY6 & Jae Ex-DAY6). 

Mulia banget, ya, gerakan sosial para penggemar ini, Bela? Apakah kamu ikut terlibat?

Baca Juga: ARMY Indonesia Rayakan Ulang Tahun RM BTS dengan Donasi Ratusan Buku

Baca Juga: Jangan Remehkan BTS ARMY Indonesia yang Galang Dana Capai Rp201 Juta

Baca Juga: Ikuti BTS, Army Berhasil Galang 1 Juta Dolar untuk #BlackLivesMatter