Berbicara mengenai ras di Indonesia, ada beberapa teori yang mencoba menggali asal-usul nenek moyang kita. Salah satunya, teori Yunan yang menyebutkan mengenai migrasi dalam beberapa gelombang dari Asia Utara menuju Asia Selatan oleh arkeolog asal Austria, Robert Barron von Heine (1885-1968). Namun teori itu dianggap kurang akurat, karena menyimpulkan hanya dari kondisi fisik.

Ada pula teori yang dikemukakan oleh Prof. Moh. Yamin. Dia berpendapat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari wilayah Indonesia itu sendiri. Teori itu didukung dengan adanya fosil dan artefak lebih banyak dan lengkap ditemukan di wilayah Indonesia dibandingkan dengan daerah lain di Asia. Contohnya saja, ditemukannya manusia purba sejenis homo soloensis dan homo wajakensis.

Melanesia disebut sebagai ras paling pertama yang datang ke Indonesia. Nama ras yang tinggal di wilayah Papua dan Papua Nugini ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu "melas" (hitam) dan "nesoi" (pulau) karena warna kulit penduduknya yang gelap.

Namun, Melanesia bukanlah satu-satunya ras yang ada di Indonesia. Maka dari itulah, cukup sulit untuk mengidentifikasi ras mana yang merupakan pribumi Indonesia. Ras apa saja yang juga mendiami Indonesia? Cari tahu, yuk!

1. Ras Melanesia

Ada Melanesia, Ini 6 Ras yang Mendiami Indonesiacerdika.com

Pertama, kita akan membahas ras Melanesia terlebih dahulu. Selain berkulit gelap, ciri seseorang yang berasal dari ras ini adalah berambut keriting, berbadan kekar, berhidung mancung, dan berbibir tebal.

Saat ini, mayoritas ras Melanesia mendiami Indonesia di wilayah Pulau Papua dan Kepulauan Aru. Ras ini dikenal juga dengan sebutan suku Tapiro yang punya kesamaan ciri-ciri dengan suku Aeta di Filipina dan suku Semang di Malaysia.

2. Ras Veddoid

Ada Melanesia, Ini 6 Ras yang Mendiami Indonesiadok. Internet

Selanjutnya ada ras Veddoid yang berasal dari Sri Lanka. Ciri-ciri fisik ras ini adalah memiliki perawakan yang kecil, rambut berombak, dan kulit sawo matang.

Di Indonesia, wilayah penyebaran ras Veddoid meliputi Suku Toala di Semenanjung Barat Daya Sulawesi, Suku Tomuna di Pulau Muna, Suku Gayo di sekitar Danau Toba, Suku Kubu di Jambi, Suku Sakai di Siak, dan Suku Tomuna di Kepulauan Mentawai.

3. Ras Melayu Tua/Proto Melayu

Ada Melanesia, Ini 6 Ras yang Mendiami Indonesiacerdika.com

Ras Melayu Tua juga kerap disebut sebagai nenek moyang bangsa Indonesia. Kedatangan ras ini dimulai sejak 200 SM dan terjadi selama beberapa gelombang. Ras ini datang dari Yunan yang terletak di Asia Utara, kemudian memasuki wilayah Indonesia lewat Vietnam (Indo China).

Ras Melayu Tua masih termasuk Melayu Mongoloid. Ciri fisiknya antara lain berambut ikal atau lurus, bermuka bulat, berkulit sawo matang, berbadan tinggi ramping, dan berhidung sedang atau lebar. Ras inimenganut paham animisme dan dinamisme dan membawa kebudayaan zaman batu muda (neolithikum).

Ras ini tersebar di berbagai suku Indonesia, yaitu suku Batak di Sumatera Utara, suku Toraja di Sulawesi Selatan, suku Sasak di Lombok, suku Nias di Kepulauan Nias, suku Kubu di Sumatera Selatan, dan suku Dayak di Kalimantan Tengah.

4. Ras Melayu Muda/Deutro Melayu

Ada Melanesia, Ini 6 Ras yang Mendiami Indonesiadok. Internet

Asal usul dan ciri fisik ras Melayu Muda masih sama seperti ras Melayu Tua. Hanya saja, mereka mulai datang ke Indonesia pada 500 SM. Mereka membawa kebudayaan zaman perunggu.

Hal lain yang membedakan ras Melayu Muda dengan ras Melayu Tua adalah mereka yang sudah tak menganut paham animisme dan dinamisme. Ras ini telah terpengaruh berbagai agama yang kala itu tersebar di Indonesia, seperti Hindu, Buddha, Kristen, bahkan Islam.

Ras Melayu Muda diketahui tersebar di berbagai suku Indonesia, suku Jawa, suku Abli, suku Madura di Jawa Timur, suku Banjar di Kalimantan Selatan, suku Aceh, suku Minangkabau di Sumatera Barat, dan suku Bugis di Sulawesi Selatan.

5. Ras Asiatic-Mongoloid

Ada Melanesia, Ini 6 Ras yang Mendiami IndonesiaPexels/cottonbro

Di Indonesia, terdapat kelompok pendatang yang berasal dari Asia Timur, misalnya Tiongkok, Jepang, dan Korea. Masyarakat ini berasal dari ras Asiatic-Mongoloid yang memiliki ciri fisik berkulit kuning, bermata sipit, berbibir tipis, berambut hitam dan cenderung lurus, serta memiliki tinggi badan rata-rata 155-165 cm.

6. Ras Kaukasoid

Ada Melanesia, Ini 6 Ras yang Mendiami IndonesiaPexels/Adam Sabljaković

Terakhir, ada ras Kaukasoid yang meliputi pendatang dari India, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika. Ciri fisik umum ras ini adalah memiliki rambut hitam atau pirang, hidung mancung, bibir tipis, dan tinggi badan rata-rata 165-180 cm. Untuk warna kulit, hanya orang India yang berkulit kuning. Selain itu, kulit penduduknya mayoritas berwarna putih.

Kira-kira, kamu tergolong ke dalam ras apa, nih, Bela?

Baca Juga: Ini Lho Pribumi Asli Indonesia Berdasarkan Sejarah, Sudah Tahu?

Baca Juga: Sering Disangka Alien, 7 Suku dengan Bentuk Tengkorak Tak Lazim

Baca Juga: 10 Budaya Indonesia Ini Bikin Orang Korea Selatan Terheran-Heran