Awalnya bikin gondok, akhirnya bikin nyesek. Semula ngeselin, sekarang ngangenin. Karakter Jang Han Seo yang diperankan Kwak Dong Yeon dalam Vincenzo memang punya tempat tersendiri di kalangan penonton drama tersebut. Jang Han Seo dengan karakternya yang bodoh dan penuh tekanan merupakan salah satu petinggi Babel Group yang tak lain adalah musuh tim Vincenzo. Namun perkembangan karakternya pada setiap episode membuat siapa pun jatuh hati, iba, lalu menangis saat ia harus berakhir tragis di penghujung drama.

Vincenzo menjadi salah satu drama Korea terpopuler sepanjang masa. Serial yang jalan ceritanya dipimpin oleh Song Joong Ki dan Jeon Yeo Bin ini masuk dalam enam besar drama dengan rating tertinggi sepanjang sejarah tvN, stasiun TV yang menayangkannya. Episode terakhirnya mencapai puncak 16,2 persen dan menduduki peringkat pertama di antara semua slot tayangan TV pada waktu tersebut.

Bukan hanya bagi penonton, Jang Han Seo juga meninggalkan kesan istimewa untuk Kwak Dong Yeon sebagai aktornya. Vincenzo melambungkan nama Kwak Dong Yeon yang kini diikuti 2,6 jutaan pengguna Instagram dari berbagai belahan dunia. Namun, lebih dari itu, Vincenzo menjadi drama penting dalam perjalanan karier Kwak Dong Yeon yang tak hanya membuatnya terkenal di kancah global, tapi juga memberinya banyak pelajaran berharga sebagai seorang aktor.

Dalam wawancara eksklusif bersama IDNTimes, Kwak Dong Yeon berbagi cerita tentang keluarga barunya di Vincenzo hingga rasa syukurnya terhadap penonton internasional, termasuk dari Indonesia. Baca selengkapnya, ya!

1. Halo, Kwak Dong Yeon! Selamat atas kesuksesan dramanya, ya. Apa makna Vincenzo buat kamu?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansInstagram.com/h_and_ent

"Pertama-tama, aku ingin mengucapkan terima kasih untuk IDN Times yang sudah memberiku kesempatan untuk menyapa penggemar Indonesia melalui wawancara ini.

Bagiku, Vincenzo adalah sebuah karya berharga yang bisa membagi kehidupan aktingku menjadi sebelum dan sesudah aku bertemu Vincenzo. Bekerja sama dengan sutradara dan senior-senior hebat, aku belajar banyak tentang akting, suasana di lokasi syuting yang dipimpin mereka, serta perasaan peduli satu sama lain.

Suasana di lokasi juga sangat bagus dan semua orang bersenang-senang, seru selama prosesnya. Aku sangat bahagia menerima banyak cinta dari para penonton drama ini."

2. Bagaimana Vincenzo mengubah hidupmu? Apa sekarang orang-orang lebih mengenalimu kalau papasan di jalan?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansDok. H&Entertainment

"Karena corona, aku nggak bebas melakukan aktivitas di luar, jadi aku nggak punya banyak kesempatan untuk bertemu dengan penggemarku secara dekat, tapi aku sangat berterima kasih atas dukungan kalian semua di media sosial.

Rasanya luar biasa saat orang-orang juga suka melihatku di variety show atau acara yang dulu pernah aku bintangi. Orang-orang yang aku temui saat syuting Delicious Rendezvous (variety show terbaru yang dibintangi Kwak Dong Yeon) mengenaliku dan menyemangatiku, jadi aku sangat bahagia."

3. Apa aspek utama yang jadi pertimbanganmu dalam memilih drama?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansDok. H&Entertainment

"Pesan yang ingin disampaikan sangat penting ketika aku memilih pekerjaan yang akan aku lakukan, tapi di atas itu semua, aku lebih melihat seperti apa karakter yang akan aku mainkan. Aku suka karakter yang hidup dramatis lalu berubah dalam kehidupan tersebut."

4. Kamu lebih banyak jadi jahat di Vincenzo. Apa ada momen saat kamu cemburu dengan protagonis lain, misalnya pengin nggak jadi penghuni Geumga?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansDok. TvN

"Para penghuni Geumga Plaza memang syuting dalam suasana yang sangat hangat. Sama seperti Geumga, grup Babel juga syuting dengan suasana yang sangat hangat. Di drama, orang-orang Babel ini memang saling menyiapkan 'pisau' satu sama lain, tapi saat istirahat, tawa mereka tidak pernah berhenti, karena memang suasananya semenyenangkan itu."

5. Kalau kamu bisa jadi salah satu penghuni Geumga Plaza, kira-kira karaktermu seperti apa?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansInstagram.com/kwakdongyeon0

"Dengan kegemasan dan humorku, aku ingin jadi manajer kantoran yang membantu Jipuragi (firma hukum Hong Cha Young)."

6. Adegan apa yang paling memuaskan buat kamu selama syuting Vincenzo?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansDok. TvN

"Aku ingat ada banyak adegan dan yang paling memuaskan buatku adalah episode saat dia mengingat masa lalu. Han Seo yang gemetar ketakutan ketika melihat Joon Woo membunuh ayahnya, mencoba mengekspresikan perbedaan penampilan Han Seo di masa lalu dan sekarang, rasanya seperti, 'Anak yang dulu takut dan hidup dalam tekanan sekarang jadi seperti ini?' Aku sangat puas sosok ayahku sebelum dibunuh oleh kakakku digambarkan dengan baik."

7. Siapa aktor atau aktris di Vincenzo yang kamu kagumi?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansInstagram.com/kwakdongyeon0

"Aku sangat senang bisa bertemu dengan para senior yang luar biasa seperti mereka dalam satu proyek, jadi sangat sulit untuk memilih satu.

Pertama-tama, Song Joong Ki adalah orang yang sangat cocok dengan peran Vincenzo. Sama seperti karakter Vincenzo yang merangkul para penghuni Geumga Plaza, dia selalu merangkul orang-orang di set Vincenzo yang membuat semua staf dan aktor bisa menunjukkan kemampuan mereka.

Aku sangat bertema kasih pada Jo Han Chul dan Kim Yeo Jin. Dari awal hingga pertengahan, aku paling sering syuting dengan tim Babel. Meski aku yang paling muda, mereka selalu meliputi apa yang sudah aku persiapkan, kerja sama, hingga ad-lib yang ingin aku coba.

Terima kasih berkat mereka banyak sekali adegan yang keren. Sebagai tambahan, Jo Han Chul dan Kim Yeo Jin membuat suasana syuting jadi lembut dan menyenangkan, jadi aku ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih pada mereka."

8. Kamu sangat terkenal sekarang, termasuk di Indonesia. Kapan kamu menyadari kalau kamu populer di kalangan penggemar internasional?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansDok. H&Entertainment

"Aku menyadarinya karena jumlah pengikut di akun Instagram pribadiku jadi lebih bervariasi. Melihat komentar dan postingan yang menandaiku, kayaknya banyak orang Indonesia yang menonton Vincenzo dan menyukaiku serta dramanya."

9. Berapa lama waktu yang kamu habiskan biasanya untuk baca komentar penggemar di media sosial?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansDok. H&Entertainment

"Aku nggak bisa mengeceknya lama-lama, tapi aku selalu melihatnya jika ada waktu, misalnya saat di lokasi syuting atau sebelum tidur. Mau komentar serius atau lucu-lucuan, semuanya memberiku kekuatan. Aku selalu berterima kasih pada kalian, karena sudah selalu bersamaku dan membuat pekerjaan favoritku ini bermakna sehingga aku bisa terus melanjutkannya."

10. Apa ada komentar penggemar luar negeri yang menarik perhatianmu?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansDok. H&Entertainment

"Aku tidak bisa mengerti semua komentarnya secara pasti, tapi aku bisa merasakan cinta yang mereka kirim dalam bahasa Inggris atau emoji-emoji lucu."

11. Apa kamu pernah ke Indonesia?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansDok. H&Entertainment

"Aku pernah jalan-jalan ke Bali sendirian. Aku suka dengan pemandangan alaminya. Saat ini aku nggak bisa jalan-jalan ke luar negeri karena COVID-19, tapi aku juga ingin ke sana lagi jika situasinya sudah membaik."

12. Aktor seperti apa yang ingin kamu tunjukkan pada orang-orang?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansInstagram.com/tvndrama.official

"Aku ingin menjadi seorang aktor yang tidak membosankan. Aku selalu ingin mencoba untuk tidak membatasi diriku pada satu hal saja. Aku ingin menjadi aktor yang terus akting untuk 10 atau 20 tahun ke depan dan membuat orang selalu mengantisipasi kemunculanku bahwa, 'kali ini, ada sesuatu yang baru, nih.'"

13. Terakhir, peran apa yang ingin kamu mainkan di masa depan?

Kwak Dong Yeon Curhat soal 'Vincenzo', Bali, dan Baca Komentar FansInstagram.com/kwakdongyeon0

"Banyak genre dan peran yang aku inginkan. Aku ingin mencoba melodrama yang segar. Aku juga ingin memerankan karakter profesi, seperti dokter dan pengacara. Lebih dari itu, aku ingin dikenal sebagai karakter yang aku mainkan daripada sebagai Kwak Dong Yeon itu sendiri. Aku ingin aktingku melebur ke dalam karakterku dan sepenuhnya 'menipu' penonton."

Wah, ternyata memang Vincenzo juga jadi drama yang istimewa buat Kwak Dong Yeon. Selain main variety show, aktor 24 tahun ini juga sedang syuting film dan mempertimbangkan drama baru, nih. Sukses selalu, Kwak Dong Yeon!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "[EKSKLUSIF] Kwak Dong Yeon soal Vincenzo, Bali, dan Baca Komentar Fans"

Baca Juga: Ketemu di 'Vincenzo', 6 Tanda Kedekatan Song Joong Ki & Jeon Yeo Bin

Baca Juga: Melekat di Hati, 10 Kisah Menarik di Balik Drama 'Vincenzo'

Baca Juga: Dijamin Ngakak! 10 Momen Kocak 'Vincenzo' Ini Bikin Fans Terhibur