Bullying adalah salah satu perbuatan tercela yang sering dilakukan oleh para remaja akhir-akhir ini. Memang dari dulu, masalah mengenai bully menjadi bahasan yang tidak menemukan titik temu. Bullying, selain merugikan korban juga memberikan pengaruh buruk bagi para pelakunya. Tapi tahukah kamu ada banyak sekali jenis bullying yang sering dilakukan di kalangan remaja? Apa saja jenis-jenis bully yang sering dilakukan remaja? Coba disimak, apa jangan-jangan kamu pernah melakukannya?

1. Bullying secara verbal (dengan kata-kata)

4 Jenis Bully Ini Sering Dilakukan, Kamu Pernah Melakukannya Tidak?www.leslievernick.com
Yang pertama dan paling sering dilakukan secara tidak sadar adalah bullying verbal. Bullying verbal terjadi ketika pelaku melakukan intimidasi melalui kata-kata mereka kepada seorang korban bully. Intimidasi yang dilakukan seperti nama julukan buruk, celaan, hinaan, fitnah, teror, gosip, dan pernyataan-pernyataan yang masih harus diselidiki kebenarannya. Jenis bullying ini bahkan menjadi jembatan untuk menuju bullying tingkat lanjut.

2. Bullying secara fisik

 
Setelah jenis bullying yang pertama, ada bullying secara fisik. Jenis bullying ini melibatkan kontak fisik antar pelaku dan korban, baik secara langsung maupun tidak langsung. Bullying jenis ini termasuk memukul, menendang, menampar, mencekik, menggigit, meludahi, bahkan menghancurkan barang-barang milik korban. Bullying jenis ini mudah untuk diidentifikasi, namun bullying secara fisik jarang dilakukan. Seseorang yang melakukan bullying secara fisik biasanya remaja yang bermasalah. Ada kemungkinan besar pelaku bullying ini akan cenderung melakukan tindakan kriminal di kemudian hari.

3. Bullying secara relasional (hubungan pertemanan)

 
Bullying  jenis ini melibatkan banyak pelaku. Biasanya dilakukan per kelompok. Bullying tipe ini cenderung melakukan pelemahan harga diri korban bully dengan cara pengabaian, pengucilan, atau penghindaran. Sikap-sikap seperti pandangan sinis, lirikan mata, tawa mengejek, hingga bahasa tubuh yang merendahkan korbannya adalah jenis perlakuan kecil dari bullying tipe ini. Bullying tipe ini sulit untuk dideteksi dari luar. Korban dari bullying  jenis ini biasanya mengalami depresi yang luar biasa sehingga merasa tidak nyaman berada di lingkungan sekitar.

4. Bullying secara elektronik

 
Kemajuan teknologi tidak menutup kemungkinan untuk mencegah hadirnya bullying lewat media elektronik. Bentuk bullying ini biasanya meliputi kata-kata kasar atau gambar yang tidak senonoh di mana pelaku mengirimkan gambar-gambar tersebut melalui media elektronik seperti SMS, chatting, atau media sosial populer lainnya.

Itulah empat jenis bullying yang sering dilakukan di kalangan masyarakat. Kira-kira kamu pernah melakukan salah satu dari keempat jenis bullying di atas, tidak? Kalau pernah melakukan semuanya, jangan dilakukan lagi, ya Bela. Bullying dalam bentuk apapun sama sekali nggak keren!

 

BACA JUGA: Susahnya Jadi Perempuan!