Sebentar lagi musim liburan, Bela. Liburan semester disusul dengan libur lebaran. Banyak pula orang yang sudah mengagendakan liburan bersama dengan teman-teman maupun keluarganya. Mungkin juga sebagian orang memilih di rumah saja dan menyenangkan diri dengan berbelanja. Namun, kamu harus ingat, ya jangan sampai kamu khilaf dalam membelanjakan uangmu. Alokasikan danamu untuk membeli hal-hal yang kamu butuhkan, tapi jangan melebihi dari uang yang kamu punya. Kamu pun harus pandai-pandai mengatur keuanganmu, nih agar liburan kamu tidak membuat kantong kering. Ada 7 cara agar uangmu tidak habis saat liburan. Yuk, disimak.

Agar Tak Boros Saat Liburan, Kamu Harus Terapkan Tips Ini
 
Menentukan biaya serta membuat daftar pengeluaran perlu kamu lakukan agar perekonomianmu tetap aman walau liburan. List yang kamu buat ini akan menjadikanmu acuan dan juga pengingat ketika kamu membelanjakan uangmu. Kamu bisa membaginya dalam dua kolom berbeda. Kolom pertama berisi hal-hal penting yang wajib memiliki anggaran, seperti tiket mudik lebaran. Lalu, kolom kedua kamu isi dengan hal-hal yang sifatnya sekunder, seperti membeli sepatu baru atau gadget baru. Cantumkan pula harga-harga tersebut agar kamu tahu berapa banyak yang harus kamu keluarkan. Jika melebihi uang yang kamu miliki, kamu dapat mengurangi kebutuhan yang kurang penting tersebut.
 
Agar Tak Boros Saat Liburan, Kamu Harus Terapkan Tips Ini
 
Membawa uang cash secukupnya menjadi alternatif sederhana untuk kamu yang sering menghamburkan uang. Contohnya, ketika kamu pergi ke mall untuk membeli sepotong baju baru, kamu bawa saja uang cash yang kurang lebih nilainya sama dengan baju tersebut. Dengan demikian, itu akan memaksamu untuk tidak membeli barang yang tidak ada di daftar list belanjamu.
 
Agar Tak Boros Saat Liburan, Kamu Harus Terapkan Tips Ini
 
Dengan hanya membawa uang cash dan meninggalkan ATM di rumah merupakan hal yang cukup berani yang dapat kamu coba. Ketika kamu sudah membawa uang cash senilai yang kamu butuhkan, kamu tidak perlu membawa lagi kartu ATM-mu. Hal ini kamu lakukan agar keinginanmu untuk gesek sana sini dan tarik uang seenaknya bisa tertahankan. Jadi, simpan ATM-mu dan mulailah belanja dengan cermat.
 
Agar Tak Boros Saat Liburan, Kamu Harus Terapkan Tips Ini
 
Jangan jadikan berutang sebagai kebiasaan. Jika kamu tidak ingin uangmu cepat habis, hindari kebiasaan berutang. Bila kamu memang sangat membutuhkan uang dan harus berutang, usahakan untuk selalu segera melunasinya ketika kamu ada uang sebelum utangmu semakin menggunung.
 
Agar Tak Boros Saat Liburan, Kamu Harus Terapkan Tips Ini
 
Menjelang lebaran pasti banyak orang yang berbelanja. Untuk menghemat biaya, kamu dapat memanfaatkan promo yang disediakan toko. Jangan sungkan untuk bersaing dengan ibu-ibu di tempat diskon. Selain itu, kamu juga harus rajin-rajin mencari info di berbagai website yang menyediakan voucher diskon dan memberikan potongan harga.
 
Agar Tak Boros Saat Liburan, Kamu Harus Terapkan Tips Ini
 
Agar kamu tidak kalap saat berbelanja adalah ajak teman atau kerabat yang memiliki sifat irit. Mereka dapat dijadikan pengingatmu saat kamu kehilangan kendali untuk berbelanja secara berlebihan. Mereka dapat menjadi pengingat sekaligus penasihat untukmu. Dengan mengajak mereka, dompetmu akan aman karena ada mereka yang selalu mengingatkan.
 
Agar Tak Boros Saat Liburan, Kamu Harus Terapkan Tips Ini
 
Kamu harus selalu ingat bahwa setelah liburan masih banyak kebutuhan lainnya yang harus kamu penuhi. Memang saat liburan, mungkin kamu mendapat THR dari tempatmu bekerja. Tapi, kamu tidak harus menghabiskan uangmu saat itu juga. Kamu harus ingat hidup hemat itu perlu untuk masa depanmu yang lebih baik.

 

BACA JUGA: Terlalu Baik di Kantor bisa Merugikanmu Karena 9 Alasan Ini