Menabung itu sangat penting bagi kehidupan kita di masa depan. Tetapi, kita suka lupa akan pentingnya menabung demi masa depan cerah. Kita ini hidup di zaman di mana perilaku konsumtif merajalela. Kalau kita tidak kuat iman, bisa-bisa uang bulanan kita tidak bisa disisihkan untuk menabung. Wah, sepertinya kalian harus pelajari, nih kebiasaan apa saja yang bisa membuat kantong kita jebol. Harus diperhatikan, biar kamu tidak menjadi boros, ya.

6 Kebiasaan yang Membuat Kantongmu Jebol
 
Mini market yang dapat kita jumpai sepanjang mata memandang membuat kita sering mampir ke sana tanpa alasan yang jelas. Atau bisa saja kamu hanya ingin membeli sabun cuci muka yang sudah habis persediaannya. Namun, akhirnya kamu membeli barang yang lain, mulai dari camilan hingga benda-benda yang tidak kamu perlukan. Kamu harus paham, kamu itu hanya lapar mata. Buat jadwal belanja bulanan agar tidak tiba-tiba kamu ke sana dan menghabiskan uangmu. Ingat, kamu harus menabung.
 
6 Kebiasaan yang Membuat Kantongmu Jebol
 
Kamu orang yang sulit makan bila menu makanannya tidak sesuai seleramu? Coba mulai sekarang buang kebiasaan itu. Kebiasaan memilih-milih makan membuat gagal rencana penghematanmu. Kamu harus merogoh kocek lebih banyak untuk membeli menu yang sesuai seleramu. Duh, kalau seperti ini terus kapan kamu hematnya? Dengan tidak memilih-milih makanan dan kamu bisa makan dengan apa saja, tanggal-tanggal tua tidak jadi masalah. Makan dengan sepotong tempe goreng, kerupuk, dan kecap sudah membuatmu kenyang. Kamu dapat berhemat, kan?
 
6 Kebiasaan yang Membuat Kantongmu Jebol
 
Banyaknya online shop yang hadir di sekeliling kita membuat kita jadi semakin termudahkan untuk membeli sesuatu tanpa harus datang ke toko. Apalagi sekarang sudah banyak online shop yang berbasis aplikasi smartphone. Kamu tidak sadar bahwa menyimpan aplikasi online shop di ponselmu dapat membuatmu boros, lho. Awalnya, sih memang hanya cuci mata membunuh kebosanan tapi karena imanmu kurang kuat jadinya kamu belanja macam-macam, deh. Padahal uangmu udah tinggal sedikit dan gajian masih lama. Duh, mending cepat-cepat dihapus deh aplikasinya daripada kamu boros nanti.
 
6 Kebiasaan yang Membuat Kantongmu Jebol
 
Di mana ada diskon, di situ pasti ada cewek. Biasanya yang excited melihat label diskon adalah cewek, ya tidak menutup kemungkinan juga, sih cowok bisa juga khilaf. Teriming-imingi harga yang lebih murah, kamu pun tertarik untuk belanja. Padahal belum tentu barang-barang tersebut sedang kamu butuhkan. Inilah yang dapat membuat kantongmu jebol. Diskon itu memang selalu menggoda. Terlalu impulsif pada label diskon akan membuatmu membeli barang-barang dalam jumlah banyak atau membeli barang yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Hati-hati, ya Bela jangan tergiur oleh diskon bila ingin hemat.
 
6 Kebiasaan yang Membuat Kantongmu Jebol
 
Kamu harus lawan rasa malasmu, Bela untuk mencari ATM bankmu agar kamu tidak mengambil uang di ATM bank lain. Meskipun termudahkan, tapi kamu dikenai biaya tambahan. Memang nominalnya tidak terlalu besar 5000-10000 pertransaksi, tapi kalau itu kamu lakukan beberapa kali dapat memotong saldomu dalam ATM dan itu juga dapat membuatmu boros. Kurangi kebiasaan itu ya, Bela.
 
6 Kebiasaan yang Membuat Kantongmu Jebol
 
Harga air mineral dalam kemasan memang tidak seberapa, mungkin hanya 2000-3000. Tapi, terkadang kamu minum tidak hanya menghabiskan satu botol, kan? Untuk menghemat, kamu dapat membawa botol minum sendiri dari rumah. Selain isinya lebih banyak, kamu juga dapat mengisi ulang gratis setiap kali ada kesempatan. Dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaranmu, deh.

 

BACA JUGA: Ingin Jadi Sosok yang Dipercaya? Miliki Dua Hal Ini!