Setiap orang pasti akan selalu berhadapan dengan para kritikus. Setiap orang yang mencapai kesuksesan terkecil pun harus siap menghadapi hujanan kritik. Jadi, kamu harus tahu bagaimana cara terbaik untuk menerima kritik, maupun kritik yang menjatuhkan atau kritik yang dapat membangun dirimu. Di bawah ini ada lima cara efektif untuk menghadapi kritik yang harus kamu baca. Check this out!

1. Bersedia mengajari siapapun, bahkan jika mereka membencimu

 
Ketika kamu sudah berada di puncak kesuksesan, tentu banyak yang bertanya-tanya bagaimana caranya sampai kamu pada titik tersebut. Berikan tips yang terbaik untuk mereka, meskipun kamu harus memberi tahu orang yang membencimu. Tanamkan pada dirimu sendiri bahwa kamu berbuat baik pada semua orang. jangan biarkan perasaan pribadimu menghalangi. Ajarkan mereka dan beri tahu mereka bagaimana cara untuk mencapai tujuan mereka. Ini adalah cara terbaik untuk menanggapi para haters. Mungkin saja nantinya haters-mu akan berubah menjadi mengagumimu.

2. Katakan yang sejujurnya

 
Kritikus sering menyerang orang-orang yang tidak percaya pada kesuksesan yang sudah mereka capai. Hadapi itu dengan cara terbuka tentang kegagalanmu. Jujurlah pada dirimu sendiri dan terbukalah pada orang-orang di sekitarmu mengenai kegagalanmu. Mereka tentu tidak menyukai kebohongan. Bila kamu transparan, kamu tidak perlu khawatir. Beri tahu mereka bahwa kritikan dari mereka dapat membuatmu kembali bangkit. Katakan juga sejujurnya bila kritikan mereka membuatmu membenci mereka. Orang-orang jujur tentu akan sangat dihargai.

3. Buatlah orang ragu

 
Keraguan bukanlah sebuah tekanan. Itu adalah reaksi alami terhadap sesuatu yang membuat orang takut. Tidak ada yang sifatnya pribadi, itulah yang harusnya kamu pikirkan. Tarik napas dalam-dalam dan pikirkan mengapa mereka meragukan kamu, pusatkan perhatian pada serangan pribadi. Pemikiran seperti ini akan menginspirasi kamu untuk mengubah pemikiran orang lain tentang dirimu.

4. Tidak ada yang salah dengan mencoba lalu gagal

 
Mencoba sesuatu hal yang baru dapat menyebabkan dirimu dicemooh oleh orang-orang. Hal ini juga menjadi mudah bagi para kritikus yang ingin menghinamu. Mencoba lalu gagal tidaklah apa-apa. Banyak pengusaha tidak pernah memiliki mentor dan mereka harus menghabiskan ribuan orang untuk bereksperimen dengan ide bisnis baru. Mencoba suatu hal baru kemudian gagal merupakan satu-satunya cara untuk belajar. Jangan pernah takut dengan kegagalan hanya karena kamu takut apa yang akan dikatakan oleh orang yang mengkritikmu.

5. Tahu kapan harus minta maaf

 
Kritik akan muncul entah dari mana saat kamu jatuh. Terkadang kritik dapat membuatmu menjadi menyerah. Tapi, hal yang harus kamu lakukan adalah tahu kapan dirimu harus meminta maaf pada kegagalanmu ini. Kamu harus menerima kegagalan dan setiap kritik orang-orang (terutama kritik yang membangun) untuk memperbaiki dirimu menjadi lebih baik. Melakukan kesalahan adalah kesempatan terbaikmu untuk belajar dan berkembang.

 

BACA JUGA: Ayo Intip 10 Rahasia Sukses dalam Karier yang Jarang Diketahui Orang