Siapa sih yang sama sekali nggak menggunakan dompet digital sama sekali di zaman teknologi yang makin canggih ini? Berdasarkan data yang didapat dari Bank Indonesia, ternyata sudah ada sekitar 22 dompet digital di Indonesia yang mendapatkan lisensi resmi loh. Kehadiran dari berbagai macam dompet digital yang ada juga membuat banyak orang tercengang dan tergiur dengan promo berupa cashback dan potongan harga yang nggak main-main besarnya.

Selain itu, menjadi praktis dengan hanya scan kode QR dan cashless selama bertransaksi adalah kenyamanan yang berusaha ditawarkan oleh berbagai e-wallet alias dompet elektronik. Meski begitu, kamu tetap nggak boleh lengah dan harus ekstra hati-hati dalam penggunaannya karena bagaimanapun juga, data digital dalam smartphone kepunyaanmu itu bisa saja diretas, apalagi kalau kamu adalah orang yang sembrono dalam bertransaksi digital. Yuk simak beberapa tips aman menggunakan aplikasi dompet digital yang dapat membantumu terhindar dari hal-hal yang nggak diinginkan selama bertransaksi.

1. Menggunakan aplikasi anti virus dan anti malware

4 Tips Aman dalam Menggunakan Aplikasi Dompet Digital

Pastinya, transaksi yang kamu lakukan dengan dompet digital lebih sering terjadi melalui smartphone kan? Nah, inilah saat yang tepat untuk lebih waspada dengan memastikan bahwa ponsel yang kamu miliki telah dilindungi oleh anti virus dan anti malware. Nggak perlu khawatir, ada banyak kok pilihan aplikasi baik yang gratis maupun berbayar yang bisa kamu pilih, tapi ketika kamu mendapatkan pesan bahwa ponselmu itu telah terinfeksi virus, ada baiknya kalau kamu backup dulu data dan reset ponselmu sebelum mengunduh aplikasi pengaman ya!

2. Gunakan password yang aman

4 Tips Aman dalam Menggunakan Aplikasi Dompet Digital

Hindari penggunaan password yang mudah ditebak seperti angka ulang tahun, alamat rumah, nomor telepon, atau angka urut. Selain itu, kamu perlu memperketat keamanan ponselmu dengan password pula agar nggak mudah diretas orang karena kebanyakan orang menyimpan informasi pribadi yang sifatnya penting dalam smartphone mereka, nggak terkecuali kamu. Apalagi, aplikasi online banking, browser history, dan rute GPS bisa banget loh menjadi sasaran target pencurian orang atau oknum tertentu. Jadi, lebih baik mencegah daripada terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, bukan?

3. Kunci aplikasi

4 Tips Aman dalam Menggunakan Aplikasi Dompet Digitalpixabay.com

Selalu ingat untuk log out dari aplikasi dompet digital yang kamu gunakan usai melakukan transaksi. Dengan begitu, aplikasi dompet digitalmu bisa terhindar dan terlindungi dari akses yang nggak diinginkan. Tapi, kalau kamu merasa belum cukup yakin dengan keamanannya, cobalah untuk mengunduh aplikasi di app store yang bisa membantumu mengunci aplikasi tertentu sebagai perlindungan ekstra.

4. Bijak mengunduh aplikasi dan data

4 Tips Aman dalam Menggunakan Aplikasi Dompet DigitalPixabay.com/USA-Reiseblogger

Bila app store menjamin keamanan dari mayoritas aplikasi yang ada untuk dapat diunduh, internet melakukan sebaliknya. Kamu perlu berhati-hati dan bersikap bijak dalam mengunduh apapun jika itu datang dari internet. Nggak semuanya aman untuk ponsel kepunyaanmu itu loh. Meski nggak semua gratis, tapi apa salahnya membayar sedikit mahal untuk harga aman agar nggak terjangkit virus maupun malware?

Itulah, 4 tips aman dalam menggunakan aplikasi dompet digital versi Popbela yang wajib kamu ketahui! Tetap waspada dan selalu berhati-hati dalam mengambil langkah agar nggak mudah diretas orang atau oknum nggak bertanggung jawab ya.

Baca Juga: Cek! Ini Daftar Aplikasi yang Bikin 'Kere' Secara Perlahan