Bagi kamu yang menonton program X Factor di musim pertama, tentu kamu nggak asing dengan Shena Malsiana. Suaranya yang powerful serta penghayatan lagu yang dalam tampaknya membuat sosok Shena nggak mudah dilupakan. Jika melihat pencapaiannya saat ini, mungkin banyak yang mengira jika seumur hidupnya dihabiskan untuk bernyanyi. Namun, tahukah kamu bahwa Shena juga pernah berprestasi di dunia modeling, lho!

Dara kelahiran 14 Oktober 1991 ini mengungkapkan bahwa ia pernah menjajal dunia modeling saat masih duduk di kelas 3 SD. Sang ibunda pun memasukkan Shena dalam sebuah sanggar untuk belajar modeling dan akting. Rupanya, ibunya ingin melatih kepercayaan diri Shena sejak kecil. Kompetisi demi kompetisi pun diikutinya, hingga akhirnya ia berhasil meraih juara 2 dalam lomba model se-Indonesia.

“Saat itu yang menang disuruh nyanyi. Terus aku nyanyi-lah di panggung. Mama baru lihat, ‘Lho, anak ini suaranya bagus!’. Dari situ aku berhenti sekolah model dan langsung les vokal ke Elfa Secioria,” ujar Shena kepada Popbela.

Pernah Juara Model Se-Indonesia, Shena Malsiana Justru Jadi PenyanyiPopbela.com/Ila Schaffer

Sejak saat itulah, Shena mulai fokus menggeluti dunia tarik suara. Perempuan berzodiak Libra ini seringkali mengikuti berbagai lomba bernyanyi untuk mewakili sekolahnya. Berbagai penghargaan pun berhasil ia raih. Salah satu yang paling berkesan ialah saat ia berhasil menjadi juara pertama se-provinsi. Ia pun maju menjadi perwakilan Provinsi Banten dan bertanding di tingkat nasional.

Meski nggak berhasil mendapat juara nasional, Shena tetap senang karena mendapat pengalaman yang sangat berharga selama masa pertandingan. Terlebih lagi, ia juga mendapat dukungan penuh dari kedua orangtuanya untuk maju menjadi seorang penyanyi profesional. 

Pernah Juara Model Se-Indonesia, Shena Malsiana Justru Jadi PenyanyiInstagram.com/shenamalsiana

Rupanya, Shena pernah mengalami masa jatuh bangun dalam karier bernyanyinya. Saat menjalani masa perkuliahan, perempuan berambut panjang ini pernah merasa ingin vakum dari dunia tarik suara. Terlebih lagi, ia sempat 6 kali gagal dalam audisi Indonesian Idol hingga membuatnya ingin menyerah. Sampai akhirnya ia melihat dibukanya audisi untuk ajang X Factor di tahun 2013 silam.

“Aku tuh dulu ikut Indonesian Idol sampai 6 kali dan nggak lolos semua. Terus aku mikir, kalau sampai nggak lolos lagi nih di X Factor, bodo amat deh, aku nggak mau ikut lagi,” cerita Shena.

Pernah Juara Model Se-Indonesia, Shena Malsiana Justru Jadi PenyanyiInstagram.com/shenamalsiana

Lucunya, Shena mengungkapkan bahwa dirinya mengikuti audisi X Factor karena sakit hati pada seorang laki-laki. “Tapi tujuan aku waktu X Factor memang beda sih, karena sakit hati sama cowok. Aku berpikir, pokoknya di audisi X Factor aku mau kenalan sama banyak orang. Tadinya mikirnya begitu. Ya sudah akhirnya nyoba audisi X Factor, eh kok masuk ya,” tuturnya.

Berawal dari keinginannya untuk move on, X Factor justru menjadi pintu masuk Shena menjadi penyanyi profesional. Berbagai pengalaman berharga pun didapatkan Shena sejak masuk ajang pencarian bakat tersebut. Salah satunya ialah kecintaannya terhadap olahraga. Lulusan Universitas Pelita Harapan ini mengaku awalnya sangat malas berolahraga, tapi sejak ia melakukan aktivitas fisik tersebut saat dikarantina, ia pun jadi menggemari dan jatuh cinta pada olahraga.

Pernah Juara Model Se-Indonesia, Shena Malsiana Justru Jadi PenyanyiInstagram.com/shenamalsiana

Setelah lulus dari X Factor, Shena lebih banyak menghabiskan waktunya dengan acara-acara off air. Perempuan berusia 27 tahun ini tengah disibukkan dengan persiapannya untuk membuat mini album yang rencananya akan dirilis pada tahun 2020 mendatang. Shena pun sempat membocorkan bahwa lagu-lagu yang ada dalam mini albumnya ini ia tulis sendiri.

“Mini album ini semua aku yang tulis dan yang pasti album ini aku banget, benar-benar pengalaman aku semua dan lebih banyak tentang self love, sih. Aku ingin kasih message untuk mencintai diri sendiri, being who you are. Aku merasa orang-orang lebih banyak butuh motivasi di luar daripada dia memotivasi dirinya sendiri. Jadi, aku ingin orang yang dengar bisa lebih mencintai dirinya sendiri,” kata Shena.

Sebelum merilis mini album, Shena mengaku akan merilis beberapa single di tahun ini. Penasaran? Tunggu tanggal mainnya, ya, Bela!

Baca Juga: #IAMREAL: Berdamai dengan Diri Sendiri, Rahasia Cantik Shena Malsiana