Kita selalu tahu bahwa Allah tak akan membebani seseorang dengan cobaan yang melampaui kemampuannya, itu salah satu janji Allah yang sudah pasti benar. Namun terkadang kita lupa dan terlalu lelah untuk berprasangka baik. Kehidupan memang terkadang bisa sangat jahat dan memuakkan, namun satu hal yang pasti, semua itu akan berlalu.

Untuk mengingatkanmu betapa Allah sangat menyayangi umatnya, tadaburilah 9 ayat ini. Semoga bisa menguatkan hatimu ketika menganggap dunia sudah terlalu keras padamu,menepilah sejenak, beristirahat untuk kembali melanjutkan perjalanan.

1. QS. Al-Ankabut [29 : 2-3]

9 Firman Allah Ini Kuatkan Hatimu yang Tengah Lelah dengan Kehidupanpixabay.com/jpleino

Adakah manusia itu menyangka bahwa mereka dibiarkan saja setelah mengatakan “Kami telah beriman,” sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami (Allah) telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang berdusta."

Cobaan dan ujian adalah sebuah keniscayaan yang pasti akan dialami semua hamba Allah, ketika kesulitan datang mendera, bukan berarti Allah sedang berpaling. Namun, justru sebaliknya.

2. QS. At-Taubah [9 : 129]

9 Firman Allah Ini Kuatkan Hatimu yang Tengah Lelah dengan Kehidupanpixabay.com/chidioc

Maka jangan berpaling (dari keimanan), dan katakanlah. "Cukuplah Allah bagiku, Tidak ada Tuhan selain dari-Nya. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung."

Allah mengingatkan bahwa tiada lagi yang kita butuhkan selain Allah dalam hidup kita. Tetaplah berpegang teguh pada kebaikan dan jangan menyerah.

3. QS. Al-Baqarah [2 : 45]

9 Firman Allah Ini Kuatkan Hatimu yang Tengah Lelah dengan Kehidupankabarmakkah.com

Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk...

Allah senantiasa memberi masalah pada hambanya bukanlah tanpa solusi, dalam Alquran jelas Allah katakan bahwa untuk mendapatkan pertolongan Allah bagi hidupmu, senantiasa sabar dan salat untuk mengingat Allah adalah solusinya.

4. QS. Ali-Imran [3: 139]

9 Firman Allah Ini Kuatkan Hatimu yang Tengah Lelah dengan Kehidupanhijaz.id

"Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu orang-orang yang beriman."

Allah mengingatkan kita untuk tidak meratapi nasib, tidak lemah dan cengeng.

5. QS. Yusuf [12: 87]

9 Firman Allah Ini Kuatkan Hatimu yang Tengah Lelah dengan Kehidupanislampos.com

"...Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir”

Allah sangat senang dimintai dan dimohon. Allah mencintai hamba-Nya yang senantiasa berdoa dan bergantung pada-Nya.

6. QS. Al-Baqarah [2: 216]

9 Firman Allah Ini Kuatkan Hatimu yang Tengah Lelah dengan KehidupanRuang,uslimah.co

"....Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."

Kadang kita dihadapkan pada kenyataan yang benar-benar tak sesuai dengan kehendak kita. Namun, belajar ikhlas dan berprasangka baik penting dilakukan. Kita tak pernah tahu.

7. QS. Al-Baqarah [2 : 155-157]

9 Firman Allah Ini Kuatkan Hatimu yang Tengah Lelah dengan KehidupanBuletinmitsal.com

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan,”Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.” Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Rabbnya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk”

Dunia ini adalah tempat ujian, maka sesiap yang lolos ujian tentu akan mendapatkan ganjaran yang menyenangkan.

8. QS. Al Imraan [3 : 200]

9 Firman Allah Ini Kuatkan Hatimu yang Tengah Lelah dengan Kehidupanvoa-islam.com

"Wahai orang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertakwallah kepada Allah agar kamu beruntung"

Allah mengingatkan bahwa sabar tidaklah ada batasnya, ketika Dia telah meminta kita berbasar, Ia minta kita lagi untuk menguatkan kesabaran.

9. QS. Al Insyirah [94 : 5-8]

9 Firman Allah Ini Kuatkan Hatimu yang Tengah Lelah dengan Kehidupanpixabay.com/pexels

"Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain). Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap."

Bahkan sampai dua kali berturut-turut Allah mengatakan bahwa tak ada permasalahan yang tak disertai dengan solusi dan hikmah.

Ketika sedang merasa lemah, ingatlah Dia yang sudah memberikanmu segalanya ya. Semoga kamu bisa semakin kuat dan sabar!

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "9 Firman Allah Ini Kuatkan Hatimu yang Tengah Lelah dengan Kehidupan"

Baca Juga: 21 Rangkaian Nama Bayi Laki-Laki Dalam Alquran Beserta Artinya

Baca Juga: Niat, Tata Cara Pelaksanaan, serta Doa Salat Taubat 

Baca Juga: Kapan Waktu dan Momen Laksanakan Salat Tahajud? Ini Jawabannya!