Profesi sebagai aktor mungkin terdengar mudah, namun pada kenyataannya butuh banyak pengorbanan. Tak jarang para aktor dan aktris profesional rela mengubah kebiasaan, bahkan bentuk tubuh mereka demi peran yang meyakinkan.

Selain itu para aktor profesional juga dituntut untuk bisa memerankan karakter dengan latar belakang seperti apa pun. Termasuk memainkan tokoh yang berbeda keyakinan dengan sang pemain asli. 

Tujuh artis Indonesia ini berhasil membuktikan profesionalitas mereka dan tampil total ketika harus memerankan karakter non muslim.

1. Nirwan Dewanto tampil apik memerankan Uskup Soegija di film "Soegija" (2012)

Totalitas Peran, 7 Artis Muslim Ini Berani Perankan Tokoh Beda Agamadok. Puskat Pictures

Nirwan Dewanto adalah seorang seniman dan aktor muslim. Pada 2012 ia memerankan tokoh legendaris Albertus Soegijapranata, seorang Uskup yang mendapat gelar Pahlawan Nasional Republik Indonesia. Perannya di sini menuai pujian.

2. Endhita Wibisono tampil total dalam film "Tanda Tanya" (2011)

Totalitas Peran, 7 Artis Muslim Ini Berani Perankan Tokoh Beda Agamadok. Mahaka Pictures

Endhita Wibisono juga berani memerankan tokoh beragama berbeda dalam film Tanda Tanya. Ia yang seorang muslim bermain sebagai Rika, seorang janda yang beralih agama menjadi Katolik.

3. Ladya Cheryl perankan tokoh beda agama dalam "Babi Buta yang Ingin Terbang" (2008)

Totalitas Peran, 7 Artis Muslim Ini Berani Perankan Tokoh Beda Agamadok. Babibuta Film

Dalam film indie yang panen pujian ini Ladya Cheryl berperan sebagai seorang minoritas. Meski begitu di kenyataan aktris ini adalah seorang muslim. Hal ini nggak menghalangi penampilan totalnya. 

4. Rio Dewanto total perankan tokoh Ping Hen dalam film "Tanda Tanya" (2011)

Totalitas Peran, 7 Artis Muslim Ini Berani Perankan Tokoh Beda AgamaFilm Tanda Tanya Production

Banyak yang masih belum tahu bahwa Rio Dewanto adalah seorang muslim. Perannya sebagai Ping Hen seorang Tionghoa di film garapan Hanung Bramantyo ini begitu natural dan meyakinkan.

5. Agus Kuncoro tampil meyakinkan dalam perannya sebagai Surya di "Tanda Tanya" (2011)

Totalitas Peran, 7 Artis Muslim Ini Berani Perankan Tokoh Beda Agamadok. Mahaka Pictures

Agus Kuncoro sudah tak perlu diragukan lagi kualitas aktingnya. Dalam film Tanda Tanya ia berperan sebagai seorang aktor, kekasih Endhita yang mempertanyakan keimanannya. Ia pun mendapat peran sebagai Yesus dalam pertunjukan di gereja. Aslinya Agus merupakan seorang Muslim.

6. Wulan Guritno menikah secara Katolik dalam film "Perfect Dream" (2017)

Totalitas Peran, 7 Artis Muslim Ini Berani Perankan Tokoh Beda Agamadok. Java East Production

Netizen sempat heboh melihat foto-foto Wulan Guritno menikah di sebuah gereja. Rupanya ini semua demi perannya dalam film Perfect Dream. Di sana ia beradu peran dengan Ferry Salim. Faktanya Wulan merupakan seorang muslim.

7. Maudy Koesnaedi menuai pujian lewat aktingnya sebagai suster Maryam di "Ave Maryam" (2018)

Totalitas Peran, 7 Artis Muslim Ini Berani Perankan Tokoh Beda Agamadok. Pratama Pradana Picture

Maudy juga pernah mencuri perhatian karena berperan sebagai suster di film Ave Maryam. Bersama Chicco Jerikho ia tampil apik dan menggugah emosi pemirsa. Meskipun aslinya beragama muslim, namun Maudy mampu tampil natural.

Itu dia tujuh artis muslim yang mampu tampil total memerankan tokoh beda agama. Ini jadi bukti bahwa profesionalitas tak memengaruhi keimanan mereka. Penampilan mereka justru begitu berani dan memukau. Semoga sukses selalu ya!

Baca Juga: EXCLUSIVE: Ini Pertimbangan Jessica Mila Perankan Sosok Muslim