Mencuatnya skandal bullying di girl group AOA memicu perhatian masyarakat akan isu sensitif ini. Walau sudah lama terjadi di Korea, namun kultur buruk ini masih sering terjadi di berbagai instansi.

Sejumlah artis Korea pun berani bersuara melawan budaya perundungan alias bullying yang seolah sudah lumrah di Negeri Ginseng ini. Siwon Super Junior hingga BTS pun terlibat dalam berbagai kampanye anti bullying.

Selain mereka, siapa lagi figur publik Korea Selatan yang berani suarakan anti bullying?

1. NU'EST debut dengan lagu "FACE" yang dipakai sebagai bagian kampanye anti bullying di Korea pada kala itu

https://www.youtube.com/embed/gyXy0m-4bvE

Ternyata sejak debut, NU'EST telah aktif dalam kampanye anti bullying. Lagu debut NU'EST yang berjudul "FACE" menyuarakan isi hati para korban bullying dan dipakai sebagai sarana kampanye anti bullying di Korea Selatan pada kala itu. Music video dan liriknya membeberkan pergulatan orang-orang yang dipandang berbeda dan diperlakukan tak adil. Inspiratif sekaligus menyentuh.

2. Menyusul kepergian Sulli, Victoria f(x) vokal menyuarakan ajakan anti cyberbullying

Inspiratif! 6 Artis Korea Ini Berani Suarakan Anti BullyingDok. Internet

Menyusul kepergian sang sahabat, Sulli, Victoria f(x) menyuarakan pendapat tegas tentang budaya cyberbullying.

Via sosial media Weibo, leader f(x) ini mengimbau warganet untuk tidak mengarang rumor dan menghakimi lewat sosial media. Selain itu ia mengajak warganet untuk berempati dan berpikir bahwa setiap manusia punya masalah yang tak bisa diketahui oleh orang lain.

3. Yoo Ah In memprakarsai kampanye anti cyber bullying lewat proyek film pendek

Inspiratif! 6 Artis Korea Ini Berani Suarakan Anti BullyingDok. Internet

Sebagai perwakilan, kurator, dan creative director dari Studio Concrete, Yoo Ah In ikut serta dalam proyek melawan cyberbullying. Ia dan timnya memproduksi film dokumenter pendek The Interview (2018) untuk kampanye global anti cyberbullying dari Diesel yang bertajuk Hate Couture.

Hasil keuntungan dari proyek dan penjualan brand tersebut kemudian didonasikan untuk sejumlah program anti bullying di Korea Selatan.

4. BTS didapuk UNICEF dalam kampanye #ENDviolence

https://www.youtube.com/embed/76hArsk3big

BTS juga tergolong salah satu idol yang paling vokal terlibat dalam kampanye anti bullying. Tahun lalu, BTS bekerjasama dengan UNICEF dalam kampanye #ENDviolence. Kampanye ini dimaksudkan untuk menghentikan penindasan di sekolah.

"Kampanye Love MYSELF kami ini tentang menyemangati semua anak muda untuk mencintai diri sendiri dan menyebarkannya untuk orang-orang lain," tulis BTS lewat sosial media Twitter saat mengumumkan peluncuran MV Answer: Love Myself.

Sebelumnya, Jungkook dan kawan-kawan juga sudah merilis beberapa lagu yang menyinggung isu ini.

5. Choi Siwon menjadi partner UNICEF dalam menghadapi sejumlah isu, salah satunya bullying

Inspiratif! 6 Artis Korea Ini Berani Suarakan Anti BullyingDok. Internet

Sejak 2018, Siwon Super Junior telah aktif menjadi perwakilan UNICEF dalam berbagai kampanye penting. Salah satunya tentang bullying. Selain di Korea Selatan sendiri, Siwon juga mendukung program serupa di negara lain seperti Vietnam. 

6. Tahukah kamu kalau IU merupakan seorang anti-bullying ambassador yang ditunjuk oleh Kepolisian Korea Selatan?

Inspiratif! 6 Artis Korea Ini Berani Suarakan Anti BullyingDok. Internet

Banyak yang nggak tahu kalau IU pernah menjadi petugas polisi senior kehormatan yang ditunjuk oleh Kepolisian Korea Selatan. IU dilantik pada Februari 2013 dan naik pangkat menjadi petugas senior pada 2014 lewat kerja kerasnya sebagai anti bullying ambassador. 

Selama masa jabatannya, IU berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dan acara untuk membantu menghentikan perundungan dan juga mensosialisasikan call center 117 untuk para korban kekerasan.

Itu dia enam artis Korea yang aktif gunakan platform mereka untuk gerakan anti bullying. Walau perjuangan masih panjang dan berat, semoga semakin banyak artis yang turut andil dalam menyelesaikan penyakit masyarakat ini ya! 

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "6 Artis Korea yang Aktif Suarakan Anti Bullying, Berani!"

Baca Juga: Nggak Sepele, Ini Dampak Cyberbullying yang Harus Kamu Tahu

Baca Juga: Tanpa Membalas, Ini 5 Cara Atasi Cyber Beauty Bullying di Media Sosial

Baca Juga: Instagram Luncurkan Fitur Baru Anti Bullying