Pernah dalam kondisi ingin mengatur, membersihkan dan merapikan segala sesuatu yang berantakan di rumahmu, tetapi prakteknya belum terlaksana karena tertunda dengan kepentingan-kepentingan lainnya. Ingin impianmu memiliki rumah yang bersih menjadi nyata? Kini saatnya untuk lebih serius untuk mewujudkannya. Mulailah secara bertahap sampai target keseluruhan tercapai. Ini agenda yang bisa Bela lakukan untuk sebulan ke depan.

Hari ke-1, lemari es

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapihisense.com.au

Mulailah dari menyortir isi kulkas, membuang produk yang sudah kadaluwarsa atau sayur-sayuran yang sudah tak segar lagi. Setelah dibersihkan rutin cek kulkas setiap minggunya agar barang-barang yang tersimpan merupakan produk yang masih segar dan terjaga kebersihannya.

Hari ke-2, dapur

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiUnsplash.com / Gareth Hubbard

Rapikan barang-barang di dapur setiap selesai pemakaian. Supaya dapur terlihat efisien, selalu letakkan di tempat yang sama misalnya seperti penataan rak piring untuk menyimpan barang-barang yang rutin dipergunakan sehari-hari, termasuk peletakkan rice cooker, blender, panci, wajan, saringan minyak dan lainnya. Peralatan masak yang sifatnya sementara atau untuk acara khusus, bisa disimpan di dalam lemari.

Hari ke-3, peralatan dapur

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapikbunlimited.com

Atur perlengkapan makan di tempat penyimpanan atau laci, supaya teratur pisahkan menggunakan tempat khusus sesuai jenisnya seperti wadah khusus garpu, sendok, pisau dapur, pisau roti dan alat-alat untuk memasak.

Hari ke-4, lemari linen

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapihomedepot.com

Simpan barang-barang seperti seprai linen, taplak meja dan selimut, atau sarung bantal di lemari khusus, jangan dicampur dengan pakaian atau perlengkapan pribadi. Lemari ini akan membantumu lebih mudah mencari barang-barang tersebut jika diperlukan. 

Hari ke-5, lemari obat

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapicontainerstore.com

Pernah menemukan koleksi obat yang sudah kadaluarsa di tempat penyimpanan? Hindari hal-hal seperti itu dengan cara rutin melakukan pemeriksaan minimal sebulan sekali, untuk memastikan obat-obat yang tersedia masih sesuai penggunaan, termasuk rutin melakukan pengecekan pada bagian kemasan. Kemudian bagi obat sesuai dengan jenisnya, misalnya tablet, pil atau obat-obatan cair untuk memudahkan jika diperlukan.

Hari ke-6, kosmetik dan alat-alat kecantikan

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapikinkate.com

Produk kecantikan atau kosmetik sangat rentan memiliki tanggal kadaluwarsa. Rutinlah melakukan pengecekan di meja rias atau yang tersimpan di dalam tas seperti lipstik, alat rias, skincare, parfum dan lain-lainnya. Karena pemakaian yang digunakan setelah melewati batas waktu bisa berbahaya bagi kesehatan. 

Hari ke-7, tempat perhiasan

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapipopsugar.com

Tempat penyimpanan perhiasan seringkali menjadi tempat yang terlupakan untuk dilakukan pengecekan. Beberapa jenis bahan memerlukan perawatan khusus seperti perak atau emas, sementara yang imitasi lebih mudah rusak. Supaya tidak tercecer, aksesori yang berukuran kecil dapat disimpan di wadah penyimpanan khusus supaya tidak mudah hilang. 

Hari ke-8, baju

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiUnsplash.com / Alyssa Strohmann

Sortir  baju-baju atasan yang ada di dalam lemari. Pilihlah dan kemudian simpan baju yang menjadi koleksi favoritmu, mulai dari atasan kasual, sehari-hari, pakaian kantor atau pakaian untuk acara khusus. Berikan atasan yang jarang terpakai kepada yang membutuhkan atau bisa di jual, tetapi pastikan memiliki kondisi yang baik. 

Hari ke-9, seisi lemari baju

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiPexels.com / Burgess Milner

Susun kembali dari awal perihal isi lemari pakaianmu, mulai dari pakaian atasan, bawahan, sweater, pakaian olahraga, celana sampai dengan koleksi mukenamu. Pisahkan yang sudah tak mau dipergunakan atau ingin disumbangkan.

Hari ke-10, lemari pakaian dalam

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapialiexpress.com

Supaya lebih rapi, bersih dan tidak tercampur dengan pakaian di lemarimu, sediakan satu laci khusus untuk menyimpannya. Gunakan pemisah untuk membedakan cara penataan celana dalam dan bra. 

Hari ke-11, Aksesori

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapihomedepot.com

Perempuan pada umumnya memiliki koleksi sepatu dan tas yang bervariasi sesuai dengan kebutuhannya, misalnya untuk bepergian sehari-hari, traveling dan menghadiri pesta pernikahan. Tetapi tak semua barang tersebut pada akhirnya selalu dipergunakan, pilihlah yang membuat koleksi tasmu lebih efisien. 

Hari ke-12, sepatu

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapipopsugar.com

Kiat supaya tetap terjaga kondisinya dengan baik, simpan selalu sepatu tersebut di dalam kotaknya atau sediakan kotak khusus transparan sehingga mudah dicari jika ingin dipergunakan. 

Hari ke-13, laci berisi alat-alat tulis

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapipopsugar.com

Meja kerja isinya tak sekedar untuk menggunakan laptop dan lampu kerja saja, tetapi termasuk perlengkapan stationery seperti bolpoin, pensil, buku notes, amplop, map cokelat, selotip sampai dengan klip yang digunakan untuk kebutuhan khusus. Benda-benda berukuran kecil ini rawan sekali hilang, simpanlah yang termasuk kategori stationary di dalam laci khusus supaya penyimpanan barang tersebut semakin tertata dan rapi. 

Hari ke-14, garasi

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiUnsplash.com / Bruce Mars

Garasi rumah biasanya menyimpan beragam barang dan perlengkapan yang biasanya berhubungan dengan perkakas atau kebutuhan mobil. Sediakan laci penyimpanan khusus agar barang-barang tersebut tidak berserakan di garasi.

Hari ke-15, kendaraan pribadi

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiUnsplash.com / andrazlazic

Mobil yang sering kita gunakan sehari-hari juga harus rutin kita bersihkan. Mulailah dari membersihkan interior bagian dalam, membuang sampah di dalam mobil secara rutin dan memastikan tetap terjaga kondisinya dengan baik. Khusus di era pandemi seperti sekarang ini, setiap habis bepergian boleh menyemprotkan spray aerosol disinfectant supaya mobil tetap dalam kondisi aman, nyaman dan bersih.

Hari ke-16, meja kerja

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiPexels.com / Ken Tomita

Meja kerja sangat rentan menjadi berantakan. Isinya beragam mulai dari dokumen-dokumen pekerjaan, alat-alat tulis, perlengkapan stationary, kertas termasuk hiasan meja. Usai selesai bekerja biasakan untuk merapikan segala sesuatunya kembali ke posisi awal

Hari ke-17, buku dan majalah

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapicottonbro.com

Tumpukan buku dan majalah sangat rentan memenuhi sudut ruangan rumah hingga berdebu. Seleksi buku-buku yang ingin disimpan dan dibaca kembali, buku yang telah diseleksi kemudian bisa di sumbangkan atau dijual. Begitu pula dengan majalah, simpanlah yang diperlukan saja.

Hari ke-18, Tanda terima, surat, dan dokumen lama

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapipopsugar.com

Terbiasa menyimpan struk belanjaan dan tanda terima di dalam dompet, termasuk surat, tagihan dan dokumen-dokumen lama. Sedikit demi sedikit bisa menjadi sampah yang tak bermanfaat, lho. Solusinya untuk struk belanja misalnya dengan cara melakukan pencatatan secara digital atau tertulis, termasuk yang lainnya, tetapi jangan lupa demi keamanan saat membuang, hilangkanlah informasi penting seperti nama, alamat dan nomor telepon agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. 

Hari ke-19, Data di dalam komputer

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiUnsplash.com / XPS

Jika kinerja komputer mendadak menjadi sangat lambat, coba cek kembali apakah data yang ada di dalam komputer tersebut sudah melebihi kapasitasnya. Lakukanlah pengecekan satu persatu folder yang ada di dalamnya, terutama jika komputer tersebut dipergunakan untuk menyimpan lagu, foto dan film yang membutuhkan memori yang sangat besar. Hapuslah data-data tersebut yang sudah tak lagi diperlukan. 

Hari ke-20, Gadget atau smartphone

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiUnsplash.com / tkolnowski

Pemakaian memori di ponsel yang berlebihan juga memiliki potensi membuat kinerja ponsel menjadi lebih lama. Untuk mengatasinya biasakan untuk langsung copy foto-foto khususnya ke dalam format digital seperti Google Photo, sehingga kita dapat menghapus yang tersimpan di folder Gallery. Kita bisa mengontrol kapasitas memori dengan mengurangi jumlah aplikasi yang di download dan mengatur penggunaan WhatsApp Group supaya tidak langsung autosaved video atau foto jika seseorang mengirimkan pesan melalui jaringan pribadi atau group.

Hari ke-21, kamar mandi

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiPexels.com / Christa Grover

Kamar mandi merupakan ruangan yang paling rentan kotor dan harus terjaga kebersihannya. Sediakan barang-barang yang diperlukan untuk kebutuhan mandi dan menjaga kebersihan seperti sabun, sampo, sikat gigi, odol, tisu, handuk, peralatan kebersihan, sikat dan lainnya. 

Hari ke-22, kotak penyimpanan

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapishopee.co.id

Gunakan kotak atau storage khusus untuk menyimpan barang-barang yang memiliki kategori yang sama, untuk disimpan di dalam lemari khusus. Maka tak perlu lagi khawatir atau risau karena kehilangan barang tertentu karena alasan lupa untuk menyimpannya. 

Hari ke-23, Perlengkapan jalan-jalan

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapipopsugar.com

Traveling mengharuskan kita membawa tas dan koper untuk membawa barang bawaan selama bepergian. Mulai dari menyediakan pakaian, aksesoris, perlengkapan kebersihan, alat kecantikan sampai dengan sepatu.  Setiap usai bepergian biasakan untuk langsung mengeluarkan barang-barang yang ada dari koper dan tas agar kondisinya tetap bersih.

Hari ke-24, pintu masuk rumah

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiUnsplash.com / candjstudios

Area pintu masuk merupakan kawasan yang paling penting ketika memasuki rumah. Pastikan kondisinya selalu dalam keadaan rapi dan bersih dengan rutin membersihkannya setiap hari, sehingga jika ada tamu yang hadir, menjadi kebanggaan tersendiri memiliki area depan yang bersih.

Hari ke-25, [erlengkapan hewan peliharaan

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapipixabay.com

Bagi pemilik hewan peliharaan tentu memiliki banyak perlengkapan khusus untuk perawatan mereka. Misalnya saja kucing maka tentu memiliki kandang, litter box, tempat makan dan minum, menyediakan makanan khusus kucing, perlengkapan perawatan atau grooming sampai dengan pet cargo. Rapikan dalam satu area khusus. Jika mereka selalu berada sekitar rumah, jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan lingkungannya. 

Hari ke-26, Alat-alat prakarya atau art craft

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapitheodysseyonline.com

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengerjakan hobi atau mengisi waktu luang seperti membuat prakarya tertentu yang membutuhkan alat-alat, perlengkapan tertentu. Simpanlah di tempat khusus, maka jika sewaktu-waktu membutuhkannya kamu akan mengetahui kemana akan mengambilnya.

Hari ke-27, Perlengkapan dekorasi hari raya

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiPexels.com / Peter Fazekas

Menjelang hari raya, kita sering merayakan dan menciptakan suasana yang spesial di rumah untuk menyambut Lebaran atau Natal dengan menambahkan ornamen yang menyemarakkan rumah. Jaga kondisinya supaya tetap baik, minimal dengan tetap menyimpannya dalam kotak agar kondisinya tetap prima untuk dipergunakan tahun selanjutnya.

Hari ke-28, perlengkapan kado

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan Rapihgtv.com

Sediakan area khusus atau wadah yang menyimpan kebutuhan perlengkapan untuk membungkus kado mulai dari kertasnya, aksesoris, gunting, lem dan selotip, agar tidak berantakan.

Hari ke-29, perlengkapan olahraga

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiPexels.com / Karolina Grabowska

Perlengkapan olahraga sangat rentan rusak jika tidak digunakan dan di rawat dengan semestinya. Sediakan area khusus atau wadah yang menyimpan kebutuhan seperti yoga mat, barbel dan perlengkapan lainnya.

Hari ke-30, mainan

Tantangan 30 Hari Ini Akan Ciptakan Rumah Terorganisir dan RapiPexels.com / Torsten Dettlaff

Jika termasuk kolektor mainan, ini saatnya melakukan pembersihan ulang. Sebulan sekali cukup, agar mainan koleksimu tetap terjaga kondisinya, jika suatu saat ingin kamu jual.

Selamat membersihkan, Bela!

Baca Juga: Cara Membersihkan Alat Pemanggang dengan Mudah

Baca Juga: 12 Tips Mudah Membersihkan Rumah Bagi Pemelihara Kucing dan Anjing

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Cuka Untuk Membersihkan Rumah