Film bergenre romantis memang tak pernah habis masanya untuk dinikmati, selalu ada cara membuat para penonton ikut terlarut dalam kisahnya atau merasakan degup jantung berdetak kencang seperti para tokohnya yang sedang jatuh cinta! Contohnya deretan film-film drama romantis yang rilis di tahun 90-an ini dan kisahnya masih tetap apik serta menarik untuk disimak sampai sekarang. Penasaran? Yuk nostalgia bareng dengan sembilan film ini.

1. 10 Things I Hate About You (1999)

Simak Serunya 9 Film Drama Era 90-an yang Bikin Bernostalgia  Popsugar.com/10 things i hate about you

Cameron (Joseph Gordon-Levitt) jatuh hati dengan Bianca (Larisa Oleynik) tetapi sayang, ia tak bisa berpacaran dengannya karena Ayah sang pujaan hati sangat protektif dan tidak mengizinkan anaknya berpacaran jika anak sulungnya, Kat (Julie Stiles) memilih menjomblo, ditambah lagi Kat sangat anti sosial.  Cameron pun merancang rencana dengan meminta bantuan Patrick Verona (Heath Ledger) mendekati Kat agar ia bisa mendekati Bianca.

2. She's All That (1999)

Simak Serunya 9 Film Drama Era 90-an yang Bikin Bernostalgia  Imdb.com/She's All That

Zack Siler (Freddy Prinze Jr.) cowok super populer dan ketua OSIS di sekolahnya mengejar seorang gadis nerds, Laney Boggs (Rachael Leigh Cook) dengan misi mengajaknya datang ke pesta prom. Hal ini terjadi karena Zack ditantang teman-temannya untuk mengubah gadis tersebut menjadi prom queen. Awalnya memang hanya candaan semata, tetapi lama-lama Zack jatuh cinta sungguhan dengannya.

3. Clueless (1995)

Simak Serunya 9 Film Drama Era 90-an yang Bikin Bernostalgia  theyoungfolks.com/Clueless

Berkisah tentang Cher (Alicia Silverstone) gadis kelas atas yang populer di Beverly Hills dan ia lebih memedulikan pakaian bermerk yang dikenakan daripada prestasi yang harus dicapai. Apalagi posisinya sebagai putri dari seorang pengacara ternama membuat terbiasa hidup mewah dan bergelimang harta. Hidupnya mulai berubah ketika mengalami problematika karena salah paham yang menyebabkan satu persatu temannya meninggalkannya. Hanya dengan Rudd, saudara tirinya kemudian Cher belajar bahwa hidup tak bisa terus menerus di nilai dari materi saja. 

4. Wish Upon A Star (1996)

Simak Serunya 9 Film Drama Era 90-an yang Bikin Bernostalgia  themoviedb.org/Wish Upon a Star

Dua saudara perempuan Alexia (Katherine Heigl) dan Hayley (Danielle Harris) memiliki karakter yang berbeda, sang kakak sangat populer sementara adiknya nerds tetapi sangat pandai. Diam-diam keduanya saling mengagumi satu sama lain. Maka ketika bintang jatuh keduanya make a wish dan kejutan dimulai keesokan harinya ketika bangun pagi masing-masing sudah berada bertukar di raga yang berbeda. Dari sini Alexia dan Hayley belajar untuk menghargai satu sama lain.

5. Drive Me Crazy (1999)

Simak Serunya 9 Film Drama Era 90-an yang Bikin Bernostalgia  YouTube.com/Drive Me Crazy

Nicole (Melissa Joan Hart) dan Chase (Adrian Grenier) merupakan tetangga yang memiliki dunia dan karakter yang sangat berbeda. Nicole merupakan sosok yang sangat populer, sementara Chase si anak band yang urakan tetapi siapa sangka benih-benih cinta pun timbul diantara keduanya. 

6. Never Been Kissed (1999)

Simak Serunya 9 Film Drama Era 90-an yang Bikin Bernostalgia  northrop.umn.edu/Never Been Kissed

Jossie Geller (Drew Barrymore) seorang editor sukses di salah satu surat kabar terkemuka. Kehidupannya semakin berwarna ketika ditugaskan menjadi wartawan investigasi untuk berteman dengan anak-anak populer di SMU tetapi masalahnya dahulu ia sangat nerds dan menjadi bahan ejekan, Jossie Grossie karena itu ia sempat merasa khawatir. Tapi siapa sangka dengan bantuan sang adik, Rob (David Arquette)  yang membantunya menjadi sosok yang populer berhasil mewujudkan keinginan Jossie dimasa lalu. Tak hanya itu pertemuannya dengan seorang guru membuat Jossie merasakan indahnya cinta yang tulus. 

7. Romeo + Juliet (1996)

Simak Serunya 9 Film Drama Era 90-an yang Bikin Bernostalgia  northrop.umn.edu/Romeo and Julliet

Kisah ini sangatlah populer namun versi Romeo (Leonardo DiCaprio) dan Juliet (Claire Danes) ini merupakan adaptasi yang paling modern. Berkisah tentang perseteruan dan kebencian antara keluarga Capulet dan Montague yang sudah sangat mendarah daging. Tapi siapa sangka dalam sebuah pesta dansa mempertemukan skeduanya saling tertarik satu sama lain dan mereka seakan tak peduli dengan pertikaian yang ada.

8. Notting Hill (1999)

Simak Serunya 9 Film Drama Era 90-an yang Bikin Bernostalgia  eastman.org/Nothing Hill

William Thacker (Hugh Grant) seorang pemilik toko buku secara tidak sengaja bertemu dengan selebriti terkenal, Anna Scott(Julia Robert) di tokonya. Siapa sangka pertemuan singkat itu merekatkan keduanya di Notting Hill.

9. Runaway Bride (1999)

Simak Serunya 9 Film Drama Era 90-an yang Bikin Bernostalgia  empireonline.com/Runaway Bride

Maggie Carpenter (Julia Robert) perempuan baik hati yang dikenal sebagai pengantin selalu lari menjelang detik-detik pernikahannya karena sudah beberapa kali ia melakukannya. Fakta itu rupanya menarik perhatian seorang jurnalis dari kota besar yang seorang duda, Ike Graham (Richard Gere). Berbagai cara dilakukan untuk memperoleh data sebagai bahan tulisannya, tetapi siapa sangka akhirnya ia pun ikut jatuh hati dengan Maggie bahkan berniat untuk menikahinya.

Bikin kangen film-filmnya!

Baca Juga: 5 Drama Romantis Korea yang Terinspirasi dari Kisah Nyata