Saoirse Ronan memang aktris istimewa. Perempuan berdarah Amerika dan Irlandia ini sangat piawai memilih peran-perannya yang berkarakter. Deretan film yang dimainkan oleh perempuan kelahiran New York, 12 April 1994 ini selalu memiliki cerita menarik. Tak mengherankan jika di usia belia, ia telah berhasil menerima beberapa penghargaan. Di antaranya nominasi ajang British Academy Film Awards, Golden Globe Awards sampai dengan Academy Awards. Penasaran dengan akting Saoirse yang memesona? Mari simak judul 5 film yang sukses melambungkan namanya.

1. Little Woman (2019)

https://www.youtube.com/embed/AST2-4db4ic

Kisah dalam Little Woman sangat memikat. Setelah diangkat ke layar lebar pada tahun 1994, kini kembali diproduksi di bawah arahan Greta Gerwig, sutradara sekaligus penulis naskahnya. Film yang diadaptasi dari novel karya Louisa May Alcott ini mengisahkan tentang kehidupan keluarga March bersama keempat anak perempuannya, Jo (Saoirse Ronan), Meg (Emma Watson), Beth (Eliza Scanlen) dan Amy (Florence Pugh). 

Saoirse Ronan dianggap cocok memerankan Jo March yang memiliki karakter teguh memegang prinsip, berani dan visioner untuk perempuan pada masa itu. Tokoh Jo juga memiliki porsi yang paling penting karena merupakan representasi dari sosok penulisnya, Louisa May Alcott. Totalitas aktingnya di film Little Women ini sukses menuai pujian. Tak hanya itu saja, Saoirse turut dinominasikan sebagai Aktris Terbaik di ajang Academy Awards, Golden Globe Awards dan British Academy Film Awards (BAFTA).

2. Lady Bird (2017)

https://www.youtube.com/embed/QlhOnYPPL1Q

Film Lady Bird yang sukses meraih 5 nominasi di ajang Academy Awards 2018 ini, turut memberikan penghargaan Best Actress di ajang Golden Globe Awards 2018 kepada Saoirse untuk perannya sebagai Lady Bird. Film ini mengisahkan tentang hubungan gadis bernama Christine (Saoirse Ronan) yang menuntut ilmu di sekolah Katolik di kawasan Sacramento, dengan ibunya, seorang lelaki, hingga sahabatnya. 

Lady Bird yang berlatar belakang kehidupan remaja ini memiliki pesan moral yang mendalam tentang pencarian jati diri.

3. Brooklyn (2015)

https://www.youtube.com/embed/4IM1XhTxPAE

Brooklyn yang disutradarai oleh John Corwley ini diangkat dari novel berjudul sama karya Coim Toibin. Kisah Brooklyn ini istimewa karena mengambil setting tahun 1950-an. Berkisah tentang Eilis Lacey (Saoirse Ronan), seorang imigran dari Irlandia yang datang ke Amerika Serikat. Eilis memiliki tujuan ke Brooklyn sebagai tempatnya berlabuh untuk menemukan pekerjaan dan cinta. 

Di film ini Saoirse tentu menemukan kemudahan dalam menyampaikan aksen Irlandia ke dalam dialognya, mengingat di kesehariannya pun, perempuan bernama lengkap Saoirse Una Ronan ini juga berbicara dengan aksen Irlandia.

4. The Lovely Bones (2009)

https://www.youtube.com/embed/s9PrQmcV81Y

The Lovely Bones merupakan adaptasi dari novel karya Alice Sebold. Novel ini sukses meraih banyak pujian dan menjadi buku terlaris. Sang sutradara, Peter Jackson kemudian mengadaptasinya ke layar lebar yang rilis pada tahun 2010. The Lovely Bones bercerita tentang Susie Salmon yang diperankan oleh Saoirse Ronan, seorang gadis remaja yang ingin mencari jalan pintas menuju rumahnya. Tetapi malang nasibnya setelah bertemu dengan George Harvey tetangganya yang psikopat, Susie menjadi korban pembunuhan. Kematiannya membuat gempar lingkungan tempat tinggalnya, tetapi sang pelaku rupanya sukses menyembunyikan perbuatannya. 

Di usia 15 tahun, Saoirse sukses memikat mata dan hati para penonton dengan aktingnya di film ini. Air mukanya yang seolah penuh harapan sekaligus derita, menjadi pengantar bagi pekerjaan melakon di film-film ia berikutnya.

5. City of Ember (2008)

https://www.youtube.com/embed/TIe7uNtW5ME

Film bergenre science fiction ini disutradarai oleh Gil Keenan dan diangkat dari novel berjudul The City of Ember yang ditulis oleh Jeanne Duprau. Berkisah tentang kota Ember yang berada di bawah tanah, yang mulai kehabisan bahan bakar dan persediaan makanan. Di antara kepanikan tersebut, Lina Mayfleet (Saoirse Ronan) dan Doon Harrow mulai bergerilya mencari tahu penyebab redupnya lampu-lampu kota mereka. Tetapi siapa sangka pencarian mereka ternyata membuka misteri mengapa kota mereka selalu dipenuhi kegelapan. 

Meskipun film tahun 2008 ini mendapat bintang 6,5/10 di situs IMDB, namun Saoirse sukses membintangi 20 film setelahnya. Secara keseluruhan, ia sudah mengantongi 26 film sejak film pertamanya, Atonement di tahun 2007.

Mana yang akan menjadi tontonanmu, Bela?

Baca Juga: Cantik nan Indah, Kunjungi Lokasi film Little Woman di Massachussets