Seberapa besar cintamu dengan lingkungan? Tak terasa kini bumi kian memanas, efek rumah kaca semakin menipis, alam sudah mulai rusak dan tingkat polusi semakin tinggi! Itu tandanya sudah saatnya kita bertindak sesuatu untuk menyelamatkan planet tercinta. Berangkat dari kekhawatiran tersebut membuat para inventor ini menciptakan perangkat iovatif yang dapat membantu bumi tetap lestari. Ingin tahu seperti apa? Ini 8 gadget yang menarik untuk kita miliki.

1. Drumi mesin cuci pakaian portable tanpa listrik

Miliki 8 Gadget Inovatif yang Ramah Lingkungan Inibrightside.me

Drumi sebuah mesin cuci portable kreasi dari Yirego ini sangatlah istimewa karena dapat dioperasikan tanpa menggunakan listrik. Istimewanya karena ukurannya kecil, mesin cuci ini juga bisa dibawa dan digunakan dimana saja. Seru juga jika ingin traveling tanpa perlu kesulitan mencuci baju atau digunakan untuk apartemenmu.

2. Filter Udara Anti-polusi

Miliki 8 Gadget Inovatif yang Ramah Lingkungan Ini

Kini tingkat polusi kian meningkat, penggunaan masker saja belum cukup untuk mengatasinya. Bahayanya lagi udara di perkotaan akibat emisi dan gas buang dari kendaraan dapat memperburuk kesehatan tubuhmu. Beruntunglah karena seseorang bernama Paul Shen mencoba menciptakan filter udara yang akan membantu mengurangi polusi dan merasakan udara yang segar.

3. Shower minimalis

Miliki 8 Gadget Inovatif yang Ramah Lingkungan Inibrightside.me

Ingin mandi tanpa harus menggunakan banyak air? Shower yang terinspirasi dari air hujan ini siap membuat acara mandimu semakin menyenangkan. Jika menggunakan shower kreasi Nebia Spa Power ini kita akan menghemat lebih dari 100 juta galon air setiap kita mandi.

4. Perangkat yang membantu mengetahui jumlah air yang digunakan sehari-hari

Miliki 8 Gadget Inovatif yang Ramah Lingkungan Ini

Perangkat yang satu ini akan membantu melacak jumlah air yang dikonsumsi dan digunakan setiap menitnya. Cara pemakaiannya alat mungil ini cukup dipasang pada bagian bawah wastafel dan segala informasi yang diperlukan akan kamu temukan, misalnya saat kamu sedang mencuci tangan. So, meskipun mungil perangkat ini akan mengajarkanmu untuk lebih berhemat air.

5. Penerangan hemat energi

Miliki 8 Gadget Inovatif yang Ramah Lingkungan Ini

Ingin lampu yang ramah lingkungan? Gunakan Twist yaitu penerangan yang bersifat adaptif dan hemat energi. Cara kerjanya seperti matahari dan bulan, lampu Twist secara otomatis akan beralih dari cahaya putih di pagi hari dan akan berubah menjadi cahaya kuning di malam hari. Nggak cuma itu, kamu bisa sekaligus mendapatkan informasi jumlah cahaya yang digunakan setiap jam dalam sehari. Termasuk kamu bisa mengontrol pencahayaan yang bisa kamu download melalui aplikasi Twist Home.

6. Soket LED Hemat Energi

Miliki 8 Gadget Inovatif yang Ramah Lingkungan Ini

Soket lampu yang satu ini akan membantu menghemat listrik di rumahmu. Tak hanya ramah lingkungan tetapi dapat berfungsi sebagai hiasan dekoratif di rumahmu dan bisa berubah warna dengan cahaya kuning atau putih. 

7. Speaker iBamboo

Miliki 8 Gadget Inovatif yang Ramah Lingkungan Inibrightside.me

Penemuan keren dari desainer bernama Anatoliy Omelchenko ini unik banget, speaker yang terbuat dari sepotong bambu yang sederhana namun chic ini mampu menghasilkan suara stereo dan kerennya tidak memerlukan penggunaan listrik sama sekali.

8. Re-Q alat ciptakan sabun ramah lingkungan

Miliki 8 Gadget Inovatif yang Ramah Lingkungan Inibrightside.me

Pernah merasa kemasan plastik atau pembungkus sabun menyebabkan banyak sampah di rumah? Kini sudah ada solusinya dengan Re-Q. Alat pembuat sabun ramah lingkungan ini memiliki kemampuan untuk mendaur ulang air limbah domestik dan essence dari sabun bekas. Ada tiga langkah untuk mendapatkannya yaitu memurnikan limbah, kemudian campur dengan biang sabun dan memprosesnya menjadi sabun yang baru. Solutif sekali ya karena mampu mengurangi polusi kemasan plastik  sabun dan shampo yang kamu gunakan.

Mana yang paling mengesankan untukmu?

Sumber: Brightside

Baca Juga: 6 Kebiasaan Eco-Friendly Ini Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang