Hidup di apartemen identik dengan anggapan memiliki pengeluaran yang serba mahal dan mewah, faktanya memang biaya sewa aparatemen, tagihan listrik dan berbagai biaya tambahan lainnya tentu tidak murah jika dibandingkan dengan tinggal di kos-kosan. Namun, jika kamu siasati dengan tepat, kamu dapat hidup dengan nyaman di sini. Ini dia 8 tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap hidup hemat dan isi kantong tetap sehat meskipun tinggal di apartemen.

1. Menyusun anggaran pengeluaran dengan bijak

Memilih Tinggal di Apartemen, Ini 8 Tipsnya Supaya Tetap HematPexels.com / Vlada Karpovich

Menyusun anggaran pengeluaran rutin merupakan kegiatan yang wajib kamu lakukan setelah mendapatkan gaji dan  penghasilan. Misalnya, 50% dari jumlah penghasilan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti biaya sewa apartemen, tagihan listrik, cicilan bulanan, biaya makan, berbelanja bulanan dan kebutuhan rutin lainnya. Sementara itu 30% dari pendapatan digunakan untuk kebutuhan sekunder dan terakhir, 20% lainnya disisihkan untuk tabungan serta dana darurat. Pastikan anggaranmu setiap bulannya digunakan sesuai dengan perencanaan.

2. Pertimbangkan untuk menyewa unit apartemen jangka panjang

Memilih Tinggal di Apartemen, Ini 8 Tipsnya Supaya Tetap HematUnsplash.com / Jon Ly

Perhitungkan berapa lama rencana kamu untuk tinggal di apartemen tersebut, apakah sifatnya sementara waktu atau untuk jangka panjang. Hal ini penting karena biaya untuk menyewa apartemen dengan durasi yang lama misalnya beberapa tahun ke depan akan menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan untuk membayar sewa untuk 12 bulan atau beberapa bulan ke depan saja. 

3. Pilih apartemen yang dekat dengan transportasi umum dan fasilitas publik

Memilih Tinggal di Apartemen, Ini 8 Tipsnya Supaya Tetap HematUnsplash.com / Shawn Ang

Pemilihan lokasi apartemen menjadi hal yang penting terutama jika kamu bekerja di kota besar. Caranya, pilihlah apartemen yang dekat dengan transportasi umum seperti Transjakarta, KRL Commuter atau MRT yang bisa menghemat pengeluaran transportasi. Kamu cukup menggunakan kendaraan pribadi untuk kegiatan di akhir pekan saja jika diperlukan. Selain itu, pilihlah yang paling dekat dengan fasilitas publik seperti mal, supermarket dan pusat perbelanjaan lainnya untuk memudahkan untuk membeli kebutuhanmu.

4. Hemat menggunakan listrik

Memilih Tinggal di Apartemen, Ini 8 Tipsnya Supaya Tetap HematUnsplash.com / Burst

Biaya listrik di apartemen memang cukup besar, apalagi jika kamu menggunakan banyak alat-alat perlengkapan elektronik seperti televisi, AC, mesin cuci dan lainnya. Gunakan seperlunya dan matikan atau cabut setelah pemakaian. Alternatif lainnya gunakan atau membeli perlengkapan yang hemat listrik seperti bohlam lampu LED dan lainnya yang ramah lingkungan. 

5. Tingkatkan keterampilan memasak

Memilih Tinggal di Apartemen, Ini 8 Tipsnya Supaya Tetap HematUnsplash.com / Tina Dawson

Biasakan untuk membeli bahan-bahan makanan dan memasaknya sendiri, karena biaya produksinya akan jauh lebih murah dibandingkan berbelanja makanan menggunakan jasa pengantaran makanan online.  Hal ini sekalian mengasah skillmu untuk bereksperimen dengan menu-menu makanan favoritmu.

6. Mencuci pakaian sendiri

Memilih Tinggal di Apartemen, Ini 8 Tipsnya Supaya Tetap HematUnsplash.com / Dan Gold

Apartemen biasanya menyediakan jasa cuci laundry kiloan untuk penghuni apartemen. Meskipun terkesan murah namun bisa menjadi pengeluaran yang cukup besar jika dilakukan secara berkala. Kiatnya, pilih waktu seminggu sekali untuk mencuci menggunakan jasa laundry kiloan, namun cuci sendiri pakaian dalam atau pakaian yang berbahan halus.

7. Membedakan antara keinginan dengan kebutuhan

Memilih Tinggal di Apartemen, Ini 8 Tipsnya Supaya Tetap HematPexels.com / Andrea Piacquadio

Tinggal di apartemen bukanlah hal yang mudah, untuk itu kamu harus lebih bijaksana menentukan keinginan dan kebutuhan. Saat membuat anggaran pastikan untuk selalu mematuhinya. Kuncinya, jangan mudah tergoda dengan diskon dan membeli barang-barang yang kurang bermanfaat. 

8. Ajak orang lain untuk berbagi apartemen

Memilih Tinggal di Apartemen, Ini 8 Tipsnya Supaya Tetap HematPexels.com / Andrea Piacquadio

Ada berbagai alasan mengapa seseorang memutuskan untuk tinggal di apartemen, salah satunya karena ingin hidup mandiri  Jika kamu termasuk yang lebih berbahagia untuk tinggal sendirian, ini kesempatanmu untuk mengelola kehidupanmu meskipun berjauhan dari keluarga. Sementara jika kamu termasuk orang yang tidak suka tinggal sendirian, ajak teman atau saudara dekatmu untuk tinggal bersama sehingga kamu bisa bernegosiasi untuk melakukan sharing cost.

Itulah beberapa tips hemat tinggal di apartemen. Siap untuk tinggal di apartemen, Bela?

Baca Juga: Beri Dana Fantastis, Apartemen Bawah Tanah "Parasite" Akan Direnovasi

Baca Juga: 10 Pertanyaan Penting Saat Mencari Roommate Di Apartemen

Baca Juga: Begini Isi Apartemen Mewah Seharga Rp3,1 Miliar Milik Jessica Iskandar